16 Februari 2021

LATIHAN SOAL AGAMA KELAS XI TEMA: GEREJA DAN DUNIA

 


===========================================================================

 

1.      Dalam Suratnya kepada Jemaat di Galatia, ia menegaskan:    “Karena Salib Kristus, bagiku dunia disalibkan dan akupun disalibkan bagi dunia”(Gal 6:14). Pernyataan tersebut diungkapkan oleh ... .

A.    Rasul Petrus

B.     Yohanes

C.     Paulus

D.    Markus

E.     Matius

 

2.      Aggiornamento adalah motto yang diucapkan oleh Paus Yohanes XXIII. Moto ini menggerakan Paus Yohanes XXIII untuk memprakarsai diadakannya ... .

A.    Konsili Vatikan I

B.     Konsili Vatikan II

C.     Konsili Ekumene

D.    Konsili Trente

E.     Konsili Nicea

 

3.      Macam-macam pandangan manusia tentang dunia. Pada masa lampau dunia sering kali dipandang negatif dan berdosa, hal ini didasarkan pada ... .

A.    Penafsiran yang dangkal terhadap teks Kitab Suci.

B.     Pemahaman konservatif para Bapa Gereja

C.     Ajaran yang menyeleweng dari Gereja

D.    Banyaknya umat yang buta huruf

E.     Pendidikan umat yang rendah

 

4.      Gereja adalah sakramen keselamatan bagi dunia. Gereja yang melihat dirinya sebagai Sakramen Keselamatan bagi dunia, menjadi terang, garam dan ragi bagi dunia merupakan pandangan Gereja ... .

A.    Postkonsilier

B.     Prakonsilier

C.     Partikuler

D.    Eksklusiv

E.     Katolik

 

5.      Dalam diri manusia terdapat tiga hal yang sangat istimewa. Tiga hal yang menunjukkan bahwa manusia merupakan  citra Allah adalah ....

A.    Memiliki akal budi, kehendak bebas dan hati nurani

B.     Memiliki akal budi, citra diri dan kebebasan

C.     Akal budi, hati nurani dan kemampuan

D.    Citra diri, akal budi, dan naluri tinggi

E.     Akal budi, rasio, dan naluri

 

6.      Missi dan tugas Gereja dalam dunia adalah ... .

A.    Menggarami dunia

B.     Menakhlukan dunia

C.     Merubah dunia menjadi damai

D.    Menyebarkan agama dengan cara damai

E.     Melanjutkan karya Yesus mewartakan Kerajaan Allah

 

 

7.      Perkembangan dunia disegala bidang memang dikehendaki oleh Tuhan dan manusia dipilih sebagai ... .

A.    Penyelenggara dunia

B.     Penjaga dunia

C.     Rekan kerja

D.    Pengawas

E.     Pesaing

 

8.      Di bawah ini merupakan nilai-nilai Kerajaan Allah, kecuali ... .

A.    Persaudaraan

B.     Kerjasama

C.     Solidaritas

D.    Keadilan

E.     Ego

 

9.      Setiap anggota Gereja dipanggil untuk mewartakan Injil Kerajaan Allah. Bagi Gereja mewartakan Injil berarti ... .

A.    Berkarya dengan semangat kristiani

B.     Bekerja dan berusaha sekuat tenaga

C.     Menjadi panglima-panglima Kristus

D.    Ambil bagian dalam tugas kenabian

E.     Membawa kabar gembira kepada sesama

 

10.  Sebagai anggota Gereja kita memiliki peran masing-masing dalam masyarakat. Salah satu    peran Gereja dalam masyarakat adalah ... .

A.    Membebaskan martabat kodrat manusia dari segala perubahan paham,misalnya terlalu menekankan dan mendewakan tubuh manusia atau sebaliknya.

B.     Membangkitka karya-karya yang melayani semua orang, terutama yang miskin, seperti karya-karya amal,dsb.

C.     Menolak dengan tegas segala macam perbudakan dan pemerkosaan martabat dan pribadi manusia.

D.    Menempatkan dan memperjuangkan martabat manusia sesuai dengan maksud penciptanya.

E.     Ikut arus terhadap perubaan dunia yang semakin modern

 

11.  Perhatikan pernyatan berikut!

1.      Ketidakadilan

2.      Ketidakjujuran

3.      Tidak adanya kesetiakawanan

4.      Adanya kesadaran  hati nurani

5.      Penanaman nilai yang ketat

 Yang merupakan akar dari semua masalah krisis moral bangsa kita adalah ... .

A.           1,2 dan 3

B.            1,2 dan 4

C.            1,2 dan 5

D.           1,3 dan 4

E.            1,3 dan 5

 

12.  Di bawah ini merupakan krisis multidimensi yang dialami bangsa kita, kecuali ... .

A.    Krisis budaya dan pendidikan

B.     Krisis lingkungan hidup

C.     Krisis hati nurani

D.    Krisis ekonomi

E.     Krisis politik

 

13.  Ajaran gereja mengenai hak dan kewajiban berbagai anggota masyarakat dalam hubungannya   dengan kebaikan bersama,baik lingkup nasional maupun internasional merupakan arti dari

A.       Konstitusi Gereja Katolik

B.       Ensiklik Gereja Katolik

C.       Ajaran Tradisi Katolik

D.       Ajaran Sosial Gereja

E.        Dogma Katolik

 

14.  Di bawah ini yang termasuk ajaran sosial gereja sebelum sampai dengan Konsili Vatikan II  adalah....

A.    Rerum Novarum, Qudragesimo Anno,Mater et Magistra dan Pacem in Terris.

B.     Rerum Novarum, Gaudium et Spes dan Populorum Progressio

C.     Rerum Novarum, Qudragesimo Anno, Populorum Progressio

D.    Rerum Novarum, Mater et Magistra, dan Gaudium et Spes

E.     Rerum Novarum, Mater et Magistra, Gaudium et Spes

 

15.  Ajaran Sosial Gereja dalam dunia modern berawal dari tahun 1891 ketika Paus Leo XIII mengeluarkan ensiklik ... .

A.    Pacem in Terris

B.     Rerum Novarum

C.     Gaudium et Spes

D.    Quadragesimo Anno

E.     Populorum Progressio

 

16.  Berikut ini yang merupakan Ajaran Sosial Gereja sesudah Konsili Vatikan II adalah....

A.    Pacem in Terris

B.     Rerum Novarum

C.     Gaudium et Spes

D.    Mater et magistra

E.     Quadragesimo Anno

 

17.  Ensiklik yang membahas makna kerja manusia ditulis oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1981 disebut ... .

A.    Laborem Exercents

B.     Contessimus Annus

C.     Sallicitudo rei Socialis

D.    Octogessimo Adveniens

E.     Quadragessimo Anno

 

18.  Sebuah ensiklik yang ditulis oleh Paus Pius XI pada peringatan ke-40 tahun lahirnya Rerum Novarum adalah ... .

A.    Pacem in Terris

B.     Rerum Novarum

C.     Gaudium et Spes

D.    Quadragesimo Anno

E.     Populorum Progressio

 

19.  Dasar yang menjadi karya Gereja dalam dunia dalam rangka menegakkan keadilan adalah ... .

A.    Pemberian makanan

B.     Cinta kasih

C.     Kebencian

D.    Belarasa

E.     Kodrat 

 

20.  Di bawah ini adalah alasan mengapa Ajaran Sosial Gereja di Indonesia belum dipahami dan diamalkan, kecuali ... .

A.      Penampilan Gereja lebih merupakan penampilan ibadat daripada penampilan gerakan sosial

B.       Warga Gereja Katolik yang hidup kecukupan tidak termasuk di dalam kelompok orang yang benar-benar menderita

C.       Kesadaran orang-orang katolik bahwa dirinya minoritas menjadi alasan untuk tidak berbuat.

D.      Perkara sosial baru menjadi bahan tertulis yang dapat dipelajari, diketahui, dipamahi dan belum diamalkan.

E.       Terlalu acuh tak acuh terhadap ajaran itu sendiri.

  21.  Akar permasalahan dalam krisis multi dimensi salah satunya adalah tindakan ketidakjujuran yang menyebabkan adanya...

A.    Kekayaan bagi warga keseluruhan

B.     Korupsi dan nepotisme

C.     Kekayaan bagi bangsa

D.    Kesetiakawanan

E.     kerjasama

 

22.  Menurut Gaudium et Spes art.1 antara lain berkata bahwa kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan manusia dewasa ini, terutama yang miskin dan terlantar adalah ... .

A.    Kesusahan dan kebahagiaan dari keluarga itu sendiri

B.     Kebingungan dari seluruh orang katolik pada umumnya

C.     Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan murid-murid Kristus pula

D.    Tanggung jawab dari semua warga negara yang memiliki warga negaa miskin

E.     Kesusahan dan kegembiraan dari dari semua warga masyarakat pada umumnya

 

23.  Sesuatu yang mengandaikan adanya tatanan sosial yang adil, sama dan serasa yang menjamin ketenangan dan keamanan hidup setiap manusia disebut dengan istilah ... .

A.    Adil

B.     Damai

C.     Sejahtera

D.    Keselamatan

E.     Kesejahteraan

 

24.  Hubungan antara Gereja dan dunia sudah terjalin sejak semula dan memiliki pandangan yang

A.    Mengkhawatirkan

B.     Menyengsarakan

C.     Menyedihkan

D.    Negatif     

E.     Positif

 

25.  Gereja sangat menjunjung tinggi martabat manusia sebab manusia diciptakan ... .

A.      Dari tulang rusuk Adam

B.       Kuasa manusia sendiri

C.       Secitra dengan Allah

D.      Dari tanah liat

E.       Debu dan tanah

 

26.  Tidak berat sebelah, berpihak kepada yang benar atau berpegang pada kebenaran dan orang mengakui hak sesamanya tanpa pilih kasih adalah pengertian dari ... .

A.    Adil

B.     Damai

C.     Sejahtera

D.    Keselamatan

E.     Kesejahteraan

 

27. Perkembangan dunia di segala bidang merupakan kehendak dari Allah maka manusia dipilih untuk menjadi ... .

A.    Teman sekerja Allah

B.     Makhluk terbaik

C.     Pelengkap bumi

D.    Citra Allah

E.     Bersaing

 

28.  Penyebab utama masyarakat tidak mengalami damai sejahtera karena adanya ... .

A.    Keserakahan

B.     Ekonomi bebas

C.     Kesenjangan hidup

D.    Monopoli ekonomi

E.     Ketidakadilan struktural

 

 29.  Keseluruhan kondisi hidup masyarakat yang memungkinkan baik kelompok maupun anggota perorangan untuk secara lebih penuh dan lebih lancar mencapai kesempurnaan mereka sendiri merupakan pengertian dari ... .

A.    Adil

B.     Damai

C.     Sejahtera

D.    Kemakmuran

E.     Kesempurnaan hidup 

 30.  Ajaran-ajaran Soaial Gereja belum terlalu dipahami dan diamalkan oleh umat Katolik. Hal tersebut nampak dalam ... .

A.    Penampilan Gereja lebih merupakan penampilan ibadat daripada gerakan sosial

B.     Banyaknya orang Katolik yang hidup berkecukupan

C.     Tidak adanya keinginan untuk maju

D.    Kepuasan jika sudah memberi derma

E.     Kegiatan bersifat kwantitatif

 

31.  Tanggapan Gereja terhadap fenomena atau persoalan-persoalan yang dihadapi oleh umat manusia dalam bentuk himbauan, kritik atau dukungan terdapat dalam ... .

A.    Ajaran Sosial Gereja

B.     Dei Verbum

C.     Dogma

D.    Konsili

E.     Ensiklik

 

32.  Dalam menghadapi situasi sulit ditengah-tengah masyarakat, Gereja diutus ke tengah-tengah dunia untuk ... .

A.    Menjadi sukarelawan

B.     Membawa damai sejahtera

C.     Menciptakan lapangan kerja

D.    Menyelamatkan umat manusia

E.     Menghapus struktur dan sistem dalam masyarakat

 

33.  Terjadinya ketidakadilan dan pelanggaran HAM sering disebabkan oleh ... .

A.    Struktur masyarakat yang diciptakan oleh orang yang berkuasa dan beruang

B.     Kemiskinan yang semakin bertambah

C.     Kesenjangan hidup masyarakat

D.    Tak ada motivasi untuk hidup

E.     Tradisi bermalas-malasan

 

34.  Yesus menganalisis situasi zaman–Nya bahwa keterpurukan orang-orang kecil disebabkan oleh ... .

A.    Sistem pemerintahannya

B.     Penjajahan bangsa Roma

C.     Struktur organisasi masyarakat

D.    Kemunafikan dan keserakahan

E.     Kekerasan dalam bidang ekonomi

 

35.  Yang tidak termasuk kedalam pelanggaran hak asasi manusia adalah ... .

A.    TKW sebagai sumber devisa

B.     Ketidakadilan gender

C.     Hukuman mati

D.    Diskriminasi

E.     Toleransi

 

36.  Tugas atau  misi Gereja di dunia adalah ... .

A.    Melanjutkan kaya Kristus ke tengah-tengah dunia agar kegembiraan dapat tercipta.

B.     Mengajak umatnya yang tampan agar masuk pendidikan seminari

C.     Membabtis semua umat manusia dengan cara paksaan

D.    Menikahkan umat secara perkawinan sakramen

E.     Membiarkan umat mati kelaparan

 

37.  Gereja meyakinkan kepada umatnya bahwa segala sumbangan yang diberikan kepada masyarakat sekecil apapun akan ... .

A.    Menghapus segala dosa kita  sebab Allah akan menghitung dosa dengan pertimbangan amal manusia

B.     Mempunyai nilai yang sangat tinggi apabila sesuai dengan kehendak Tuhan

C.     Menggembirakan diri sendiri meskipun orang lain menderita

D.    Menyengsarakan orang yang menerimanya

E.     Membawa penghormatan bagi diri sendiri

 

38.  Gereja Katolik menjunjung tinggi hak asasi manusia. Hal ini dibuktikan dengan... .

A.    Para uskup selalu mendukung umatnya untuk mengikuti perkembangan politik

B.     Sikap Gereja dengan cara membiarkan umatnya untuk demonstrasi

C.     Sikap Gereja dengan  cara mengeluarkan berbagai macam Ensiklik

D.    Para imam membiarkan umatnya untuk melakukan politik praktis

E.     Keluarga katolik selalu mendukung para remaja untuk kerja sosial

 

39.  Hak-hak asasi merupakan hak yang bersifat universal artinya ... .

A.    Menuntut manusia untuk selalu berkembang sesuai dengan kemampuannya

B.     Hak yang ada diri orang tua akan diwariskan kepada anaknya

C.     Hak-hak itu menyangkut semua orang tanpa kecuali

D.    Dimiliki oleh manusia sejak berada  dalam dunia

E.     Hak asasi itu merupakan pemberian dari Allah

 

40.  Inti ajaran iman Katolik adalah hal-hal yang diajak-Nya dan menjadi sikap hidup Yesus sehari-hari yaitu ... .

A.    Cinta kasih

B.     Keadilan sepihak

C.     Penyebaran agama

D.    Mengkatolikan semua orang

E.     Kekerasan di balas dengan kekerasan

 

41.  Manusia telah mempunyai hak asasi yang berasal dari Allah sejak ... .

A.    Dalam rahim ibunya

B.     Mencapai remaja

C.     Mengenal agama

D.    Masuk sekolah

E.     Dilahirkan

 

42.  Sikap Tuhan Yesus terhadap orang miskin dan lemah adalah ... .

A.    Menguasai sebab mereka berpendidikan rendah sehingga merendahkan bangsa

B.     Memperhatikan secara khusus kepada rakyat yang miskin dan lemah

C.     Membiarkan dan mendukung agar tetap hidup dalam kemiskinan

D.    Menyiksa dan membiarkan sebab mereka sampah masyarakat

E.     Menyingkirkan masyarakat yang dibenci oleh penguasa

 

43.  Pelecehan dan penghancuran nilai-nilai budaya minoritas demi penguasa merupakan bentuk kekerasan ... .

A.    Lingkungan hidup

B.     Keagamaan

C.     Ekonomi

D.    Cultural

E.     Gender

 

44.  Dasar kasih Kristiani adalah keyakinan dan kepercayaan bahwa semua orang adalah ... .

A.    Putra dan putri Bapa

B.     Menguntungkan kita

C.     Rekan sekerja Allah

D.    Sahabat sejati

E.     Bermartabat

 

45.  Bentuk-bentuk pelecehan terhadap perempuan dan tidak pernah memperhatikan peranan perempuan termasuk bentuk kekerasan ... .

A.    Keagamaan

B.     Ekonomi

C.     Cultural

D.    Gender

E.     Sosial

 

46.  Akar dari konflik dan kekerasan salah satu alasannya adalah ... .

A.    Perbedaan kepentingan sehingga kelompok yang satu ingin menguasai kelompok yang lain

B.     Manusia dalam kelompok selalu berusaha mengembangkan kelompoknya secara bersama

C.     Manusia cenderung meninggalkan dirinya yang masuk dalam kelompok

D.    Kelompok yang satu mendukung selalu mendukung kelompok yang lain

E.     Setiap manusia sadar akan kebutuhan hidup dalam kelompok

 

47.  Salah satu upaya untuk membangun budaya kasih sebelum terjadi konflik adalah ... .

A.    Dialog dan bekerjasama atau membentuk jaringan lintas batas untuk memperjuangkan kepentingan umum

B.     Selalu berusaha membangakan  budayanya sendiri

C.     Tertutup atas budaya dan keinginan orang lain

D.    Mengembangkan adanya faham sovinisme

E.     Mendalami agama dan budayanya sendiri

 

48.  Pada umumnya orang yang sering tidak diperhatikan haknya serta paling banyak menjadi korban adalah ... .

A.    Rakyat jelata, kaum perempuan

B.     Pengusaha dan golongan kaya

C.     Penguasa atau pemerintah

D.    Karyawan pabrik

E.     Para intelektual


49.  Apabila konflik sudah terjadi maka cara yang ditempuh antara lain ... .

A.    Dialog dan kerjasama

B.     Tertutup bagi masukkan orang lain

C.     Membiarkan agama orang lain berkembang

D.    Berusaha mengembangkan keyakinan sendiri

E.     Mengakui kesalahan dan minta maaf serta penyesalan

 

50.  Dalam dunia yang kita gumuli seringkali martabat manusia kalah dengan ... .

A.    Situasi rakyat yang lemah dan pendidikan rendah

B.     Anak-anak, kaum perempuan dan rakyat jelata

C.     Orang tuanya sendiri dan keluarganya

D.    Kekuasaan dan uang akan menjadi kuat

E.     Orang miskin dan tersingkir





04 Januari 2021

KITAB SUCI PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU

 KITAB SUCI PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU

 

 KITAB SUCI KATOLIK

a. KITAB SUCI PERJANJIAN LAMA (39 Kitab) dan KITAB DEUTEROKANONIKA (7 Kitab)

b. KITAB SUCI PERJANJIAN BARU (27 Kitab)

 

KITAB SUCI  PERJANJIAN LAMA

1. Kitab-Kitab Taurat Musa (5 Kitab)

a. Kitab Kejadian

Kitab ini berisi kisah mengenai kejadian dunia dan manusia pertama/purba (Kej 1-11), kemudian dilanjutkan dengan kisah mengenai asal usul bangsa Israel mulai dari panggilan Abraham sampai dengan kematianYusuf (Kej 12-50)

b. Kitab Keluaran

Kitab ini berisi kisah mengenai pembebasan bangsa Israel dari perbudakan Mesir (Kel 1-15), kemudian dilanjutkan dengan kisah mengenai perjalanan mereka di padang gurun (Kel 16-40)

c. Kitab Imamat

Kitab ini berisi kisah mengenai pemakluman perintah Tuhan kepada Bangsa Israel dari dalam Kemah Suci (bdk. Im 1:1; 27:34)

d.Kitab Bilangan

Kitab ini berisi kisah lanjutan mengenai perjalanan bangsa Israel di padang gurun sampai tiba di perbatasan tanah Kanaan (bdk. Bil 33:1-49)

e. Kitab Ulangan

Kitab ini berisi kisah mengenai wejangan perpisahan Musa kepada bangsa Israel menjelang kematiannya (bdk. Ul 1:1)

 

2. Kitab-Kitab Sejarah (16 Kitab)

a. Kitab Yosua

Kitab ini berisi kisah mengenai perebutan tanah Kanaan di bawah pimpinan Yosua (Yos 1-12) dan pembagian tanah tersebut kepada kedua belas suku Israel. Dan diakhiri dengan wejangan Yosua dan pembaharuan perjanjian di Sikhem (Yos 23-24)

b. Kitab Hakim-HakimKitab ini berisi kisah mengenai peperangan suku-suku Israel melawan bangsa-bangsa tetangga di sekitar tanah Kanaan. Dalam peperangan tersebut, suku-suku Israel dipimpin oleh sejumlah tokoh pejuang yang disebut “hakim”.

c. Kitab Rut

Kitab ini berisi kisah engenai kesetiaan Rut, seorang perempuan Moab, yang kemudia menjadi istri Boas, nenek moyang Daud (bdk. Rut4:18-22)

d. Kitab Samuel

Kitab ini berisi kisah mengenai pemerintahan Samuel sebagai hakim terakhir (bdk. 1 Sam 7:15-17) serta pemerintahan Saul dan Daud sebagai raja perintis.Kitab ini terbagi dalam dua jilid yang diberi nama “Kitab Pertama Samuel” dan “Kitab Kedua Samuel”

e. Kitab Raja-Raja

Kitab ini berisi kisah mengenai pemerintahan raja-raja Israel mulai dari Salomo sampai dengan Zedekia.Kitab ini terbagi dalam dua jilid yang diberi nama “Kitab Pertama Raja-Raja” dan “Kitab Kedua Raja-Raja”.

 f. Kitab Tawarikh g. Kitab Ezra h. Kitab Nehemia

Kitab ini berisi kisah ulangan mengenai sejarah bangsa Israel mulai dari zaman Adam (bdk 1 Taw 1:1-27) sampai dengan zaman Koresy, raja Persia (bdk 2 Taw 36:22-23). KItab inipun terbagi dalam dua jilid yang diberi nama “Kitab Pertama Tawarikh” dan “Kitab Kedua Tawarikh”

g. Kitab Ezra

Kitab ini berisi kisah mengenai kepulangan kembali bangsa Israel dari pembuangan Babel dan kegiatan mereka untuk membangun kembali Bait Allah serta Yerusalem.

h. Kitab Nehemia

Kitab ini berisi kisah mengenai pengutusan Nehemia untuk membangun kembali Yerusalem beserta berbagai tantangan yang dihadapinya.

 i. Kitab Ester

Kitab ini berisi mengenai perjuangan Ester dan Mordekhai melawan Haman yang hendak memusnahkan orang Yahudi dari kerajaan Persia.

j. Kitab Tobit

Kitab ini berisi kisah mengenai suka duka keluarga Tobit dalam masa pembuangan di Niniwe, ibukota kerajaan Asyur.

k. Kitab Yudit

Kitab ini berisi kisah mengenai perjuangan seorang janda bernama Yudit melawan Holofernes, panglima besar bala tentara Asyur.

l. Kitab Makabe

Kitab ini berisi kisah mengenai peperangan orang Yahudi di bawah pimpinan Yudas Makabe malawan para penjajah Yunani.Kitab ini terbagi dalam dua jilid yang diberi nama “Kitab Pertama Makabe” dan “Kitab Kedua Makabe”

3. Kitab-Kitab Kebijaksanaan (7 Kitab)

a. Kitab Ayub

Kitab ini berisi dialog dan diskusi panjang mengenai masalah penderitaan orang benar. Tokoh utama dalam kitab ini adalah Ayub, seorang yang saleh, jujur, takut akan Allah dan menjauhi kejahatan tetapi mengalami banyak penderitaan.

b. Kitab Mazmur

Kitab ini berisi kumpulan lagu-lagu keagamaan dengan tema bervariasi yang berasal dari berbagai zaman.

c. Kitab Amsal

Kitab ini berisi kumpulan peribahasa, pepatah, nasihat, petuah, wejangan dan ajaran yang berasal dari orang-orang bijak.

d. Kitab Pengkotbah

Kitab ini berisi renungan mengenai segala sesuatu yang terjadi di dunia ini (bdk. Pkh 1:13), khususnya mengenai nasib malang manusia (bdk. Pkh 2:16; 3:19; 9:2.12)

e. Kitab Kidung Agung

 Kitab ini berisi kumpulan lagu-lagu cinta yang biasa dinyanyikan dalam pesta pertunangan atau pernikahan di daerah Timur Tengah.

f. Kitab Kebijaksanaan Salomo

KItab ini berisi renungan dan wejangan mengenai berbagai masalah, khususnya soal kematian orang benar dan nasibnya di alam baka.

g. Kitab Sirakh

Kitab ini berisi permenungan dan pengajaran Yesus bin Sirakh bin Eleazar dari Yerusalem mengenai berbagai masalah kehidupan (bdk. Sir 0:27-29)

4. Kitab-Kitab Kenabian (18 Kitab)

a. Kitab Yesaya

Kitab ini terbagi dalam tiga bagian :Proto Yesaya (Yes 1-39) Berasal dari zaman sebelum pembuangan Babel dan berisi nubuat mengenai kehancuran bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain. Deutero Yesaya (Yes 40-55) Berasal dari zaman pembuangan Babel dan berisi nubuat mengenai keselamatan bangsa Israel dan kehancuran bangsa Babel. Trito Yesaya berasal dari zaman sesudah pembuangan Babel dan berisi nubuat mengenai penggenapan keselamatan bangsa Israel.

b. Kitab Yeremia

Kitab ini berisi nubuat mengenai kehancuran bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain. Juga dilukiskan mengenai pergulatan batin Yeremia dalam menjalankan tugasnya sebagai nabi yang mengalamai banyak penderitaan (bdk. Yer 12:1-17; 15:10-21; 17:1-18; 20:7-18)

c. Kitab Yehezkiel Kitab ini terbagi dalam tiga nubuat besar, yaitu:Nubuat mengenai kehancuran bangsa Israel (Yeh 1-24)Nubuat mengenai kehancuran bangsa-bangsa lain (Yeh 25-32)Nubuat mengenai pemulihan bangsa Israel (Yeh 33-48) Ciri khas kitab ini adalah memuat banyak penglihatan dengan data lengkap (bdk. Yeh 1-3; 8-11; 37; 40-45)

d. Kitab Daniel

Kitab ini sebenarnya bukan kitab Kenabian, melainkan kitab apokaliptik (= kitab yang berisi ramalan tentang masa depan dan akhir zaman).Kitab ini dimasukkan dalam kelompok kitab kenabian karena menubuatkan kehancuran empat kerajaan (Babel, Media, Persia, Yunani) yang pernah menjajah bangsa Israel dan pendirian kerajaan “anak manusia” yang bersifat kekal (bdk. Dan 2:31-45; 7:1-28)e. Kitab HoseaKitab ini berisi kecaman atas ketidaksetiaan bangsa Israel kepada Tuhan dan nubuat mengenai kehancuran mereka (bdk. Hos 4-5)

f. Kitab Yoel

Kitab ini berisi seruan pertobatan kepada bangsa Israel (bdk. Yl 1:13-14; 2:12-17) dan nubuat mengenai kedatangan hari Tuhan (bdk. Yl 1:15; 2: ; 3:14)

g. Kitab Amos

Kitab ini berisi kecaman terhadap hidup kemasyarakatan bangsa Israel yang penuh dengan ketidakadilan (bdk. Am 2:6-8; 4:1; 6:3-6; 8:4-6) dan hidup keagamaan mereka yang penuh dengan kepalsuan (bdk. Am 4:4-5; 5:21-27)

h. Kitab Obaja

Kitab ini berisi nubuat mengenai kebinasaan bangsa Edom akibat perbuatan jahat mereka terhadap bangsa Israel (bdk. Ob 1-16) dan nubuat mengenai pemulihan kembali bangsa Israel (Ob 17-21).

 

 i. Kitab Yunus

Kitab ini sebenarnya bukan kitab kenabian, melainkan kitab ceritera. Dalam kitab ini dikisahkan pengutusan Yunus ke Niniwe (bdk. Yun 1:1-2:10) dan pertobatan semua penghuni Niniwe (bdk. Yun 3:1-10).

j. Kitab Mikha

Kitab ini berisi nubuat mengenai kehancuran kerajaan Israel dan kerajaan Yehuda (bdk. Mi 1:2-16;6:1-16) akibat kejahatan para pemimpin kedua kerajaan tersebut (bdk. Mi 2:1-11; 3:1-12; 7:1-6).

k. Kitab Nahum

KItab ini berisi nubuat mengenai kehancuran Niniwe, ibukota kerajaan Asyur (bdk. Nah 2:3-3:19) dan nubuat mengenai pemulihan kembali kerajaan Israel (bdk. Nah 1: ; 2:1-2)

l. Kitab Habakuk

Kitab ini berisi renungan tentang penindasan bangsa Kasdim (Babel) atas bangsa Israel (bdk. Hab 1:2-17)

m. Kitab Zefanya

Kitab ini berisi nubuat mengenai kedatangan hari Tuhan yang akan memusnahkan penduduk Yehuda (bdk. Zef 1:2-18; 3:1-8) dan bangsa-bangsa lain (bdk. Zef 2:4-15)

n. Kitab Hagai

Kitab ini berisi ajakan untuk membangun kembali Bait Allah (bdk. Hag 1:1-2:1a) dan janji berkat bagi mereka yang giat dalam pembangunan itu (bdk. Hag 2:16-24).

 o. Kitab Zakharia

Kitab ini terbagi dalam dua bagian :Proto Zakharia (Zak 1-8)Berisi kumpulan penglihatan dan nubuat mengenai pembangunan kembali Bait Allah dan pemulihan kembali Dinasti Daud. Deutero Zakharia (Zak 9-14)Berisi kumpulan nubuat mengenai kedatangan Raja Mesias yang akan menggembalakan sisa bangsa Israel dengan penuh kedamaian dan kekuatan.

p. KItab Maleakhi

Kitab ini berisi kumpulan pengajaran dalam bentuk dialog antara Maleakhi dan umat Israel.

 q. Kitab Ratapan

Kitab ini sesungguhnya bukan kitab kenabian, melainkan kitab mazmur, yaitu kitab yang berisikan lagu-lagu ratapan.

r. Kitab Barukh

Kitab ini terdiri dari empat karya sastra yang berbeda corak, yaitu :Doa tobat dan permohonan (Bar 1:15-3:8)Sajak pujian atas hikmat kebijaksanaan (Bar 3:9-4:4) Seruan penghiburan bagi Yerusalem (Bar 4:5-5:9) Surat ejekan mengenai berhala-berhala Babel (Bar 6:1-72)

 

KITAB SUCI  PERJANJIAN BARU

 

1. Kitab-Kitab Injil (4 Kitab)

a.  Injil Matius

Kitab ini berisi pewartaan iman mengenai Yesus Kristus (bdk. Mat 1:1) sebagai pemenuhan nubuat para nabi Perjanjian Lama.Kitab ini juga memuat kecaman pedas terhadap ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi selaku pewaris kursi Musa atau pengajar hukum Taurat (bdk. Mat 23:1-36).

b. Injil Markus

Kitab ini beris pewartaan iman mengenai Yesus Kristus (bdk. Mrk 1:1) sebagai Anak Manusia yang harus menanggung banyak penderitaan (bdk. 8:31-33; 9:30-32; 10:32-34).

 c. Injil Lukas

Kitab ini berisi pewartaan iman mengenai Yesus Kristus (bdk. KIs 1:1) sebagai Allah yang melawat umat-Nya (bdk. Luk 1:68; 7:16; 19:44) untuk menyelamatkan mereka (bdk. Luk 2:11.30; 3:6).

d. Injil Yohanes

Kitab ini berisi pewartaan iman mengenai Yesus Kristus (bdk. Yoh 20:31) sebagai Firman yang menjadi manusia (bdk. Yoh 1:14) untuk menunjukkan jalan kepada Bapa (bdk. Yoh 14:6)

2. Kisah Para Rasul (1 Kitab)

Kitab Kisah Para Rasul adalah sambungan dari Kitab Injil Lukas.Mengisahkan bagaimana para rasul, khususnya Petrus dan Paulus, menjadi saksi Yesus Kristus mulai dari Yerusalem sampai ke Roma (bdk. Kis 1:8).Melalui kitab ini Lukas ngin mempersembahkan suatu berita lengkap tentang perkembangan agama Kristen Kepada Teofilus (seorang Yunani) supaya ia dapat meyakini bahwa segala sesuatu yang pernah diajarkan oleh para rasul kepadanya sungguh benar (bdk. Luk 1:4)

3. Surat-Surat (21 Surat)

a. Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Roma

Surat ini berisi sejumlah ajaran dan wejangan Paulus kepada jemaat Kristen di Roma yang ia banggakan dan rindukan untuk dikunjungi.Surat ini juga membahas rencana penyelamatan Allah bagi bangas Israel dan bangsa-bangsa lain.

b. Surat pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di KorintusSurat ini berisi tanggapan Paulus teradap beberapa masalah yang timbul dalam jemaat Kristen di Korintus, misalnya masalah perpecahan, masalah percabulan, masalah perkawinan, masalah persembahan berhala dll.

c. Surat kedua Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus

Surat ini berisi pembelaan diri Paulus terhadap berbagai tuduhan yang ditujukan kepadanya, yaitu bahwa ia bukan rasul sejati, bahwa ia lalai mengumpulkan uang bagi jemaat di Yerusalem, bahwa ia mempunyai banyak kelemahan.

d. Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Galatia

Surat ini berisi pertanggungjawaban Paulus atas pemberitaan Injilnya dan keabsahan kerasulannya.

e. Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Efesus

Surat ini berisi sejumlah doa renungan dan nasihat praktis mengenai berbagai hal, sepert kekayaan orang beriman, kesatuan jemaat Kristen, hidup baru, hubungan antara anggora keluarga, dan perlengkapan sejanata rohani.

 f. Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi

Surat ini berisi kesaksian Paulus dalam penjara, nasihat agar hidup sesuai denan Injil Yesus Kristus, dan kecaman terhadap propaganda Yahudi.Paulus juga menyampaikan rencananya untuk mengirim Timotius dan Epafroditus kepada jemaat di Filipi.

g. Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Kolose

Surat ini bersi ajaran mengenai keutamaan Yesus Kristus dan konsekwensi praktis bagi jemaat Kristen. Surat ini juga ditulis Paulus di dalam penjara.

h. Surat pertama Rasul Paulus kepada jemaat di Tesalonika

Surat ini berisi uraian mengenai pelayanan Paulus di Tesalonika dan nasihat agar jemaat di Tesalonika hidup kudus dalam menantikan kedatangan Tuhan.

 i. Surat Kedua Rasul Paulus kepada jemaat di Tesalonika

Surat ini berisi ucapan syukur atas pekembangan iman dan kasih jemaat di Tesalonika, beserta penjelasan mengenai kedatangan Tuhan Yesus Kristus.

j. Surat pertama Rasul Paulus kepada Timotius

Surat ini ditujukan bukan kepada jemaat, tetapi kepada seorang yang bernama Tomotius. Dalam surat ini Paulus memberikan sejumlah nasihat antara lain mengenai ajaran sesat, tugas Timotius, dan tata tertib jemaat.

k. Surat kedua Rasul Paulus kepada TimotiusSama seperti surat yang pertama, surat kedua ini juga berisikan sejumlah nasihat Paulus kepada Timotius.

 l. Surat Rasul Paulus kepada Titus

Surat ini ditujukan kepada seorang yang bernama Titus. Dalam surat ini Paulus meminta Titus untuk menertibkan jemaat d Kreta dengan mengajarkan akhlak Kristen kepada mereka.

m. Surat Rasul Paulus kepada Filemon

Surat ini ditulis Paulus di dalam penjara dan merupakan surat terpendek dalam PB.Surat ini ditujukan kepada Filemon dan jemaat di rumahnya.Dalam surat ini, Paulus secara khusus menghimbau Filemon agar mau menerima kembali Onesimus, budaknya yang melarikan diri.

n. Surat kepada orang Ibrani

Karangan ini tidak menyebut nama penulisnya maupun nama jemaat atau orang yang dituju. Namun sejak tahun 200 M, Karangan ini sudah dianggap tulisan Paulus dan diberi nama “Kepada orang-orang Ibrani”. Anggapan ini didasarkan pada isi karangan yang memberi perhatian istimewa kepada tradisi keagamaan orang Ibrani.

o. Surat Yakobus

Surat ini tidak ditujukan kepada jemaat atau orang tertentu, melainkan untuk “umum”, yaitu kepada “kedua belas sukudi perantauan”Dalam surat ini, Yakobus menasihati para pembaca supaya bertekun dalam pencobaan, menjadi pelaku firman, tidak memandang muka, mengamalkan iman, mengendalikan diri, mengontrol hawa nafsu, dll.

p. Surat pertama Petrus

Surat ini juga ditujukan untuk “umum”, yakni kepada “orang-orang pendatang yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia dan Bitinia”.Dalam surat ini Petrus mengajak para pembaca untuk hidup kudus sebagai umat Allah.

q. Surat kedua Petrus

Sama seperti surat pertama, surat kedua ini pun dialamatkan kepada jemaat Kristen pada umumnya.Dalam surat ini Petrus mengajak para pembaca untuk tetap berpegang teguh pada ajaran iman yang benar dan jangan terpengaruh oleh ajaran guru-guru palsu.

 r. Surat pertama Yohanes

Karangan ini sebenarnya bukan surat, sebab ciri-ciri surat seperti misalnya pengirim dan alamat tidak disebutkan. Namun sejak abad kedua Masehi, karangan ini sudah dianggap sebagai tulisan Yohanes, sebab memiliki banyak kemiripan dengan Injil Yohanes. Dalam karangan ini disajikan sejumlah ajaran dan nasihat, antara lain mengenai hakikat Allah sebagai terang serta konsekwensinya bagi umat beriman sebagai anak-anak Allah.

s. Surat kedua Yohanes

Surat pendek ini ditulis oleh seorang penatua dan dialamatkan kepada “ibu yang terpilih dan anak-anaknya” (bdk. 2 Yoh 1)Melalui surat ini, si penatua mengajak mereka agar tetap tinggal di dalam ajaran Kristus.

t. Surat ketiga Yohanes

Surat pendek ini juga ditulis oleh seorang penatua dan ditujukan kepada seorang bernama Gayus (bdk. 3 Yoh 1) Melalui surat ini, si penatua memuji Gayus yang bersedia menerima para pendatang dan sebaliknya mengecam Diotrefes yang bersikap bermusuhan terhadap mereka.

u. Surat YudasSurat ini ditulis oleh Yudas dan dialamatkan kepada “mereka yang terpanggil”, yaitu orang Kristen pada umumnya (bdk. Yud 1)Dalam surat in, Yudas mengecam keras para orang fasik yang anti Kristus.

4. Kitab Wahyu (1 Kitab)

Kata “wahyu” adalah terjemahan Arab dari kata Yunani “apokalypsis”, yang berarti “penyingkapan”.Kitab Wahyu atau Kitab Apokalypsis adalah suatu kita yang ingin menyingkapkan apa yang tersembunyi.Kitab Wahyu ditulis oleh seorang yang bernama Yohanes (serang nabi Kristen) pada waktu orang Kristen mengalami banyak kesusahan di bawah pemerintahan kaisar Domitianus.Ia mengaku mendapat penglihatan dark Yesus Kristus mengenai “apa yang akan terjadi”.Dalam kitab ini, ia menubuatkan penciptaan langit dan bumi baru yang akan mengakhiri segala kesusahan orang Kristen.

KITAB DEUTEROKANONIKA

Mengapa Kitab Suci Katolik mempunyai lebih banyak buku ? Waktu para Rasul mewartakan kabar gembira di luar Palestina (di Siria, Mesir, Yunani, dst.), mereka tidak memakai KS bahasa Ibrani (kepustakaan Yahudi), melainkan terjemahan Kitab Suci dalam bahasa Yunani (Septuaginta).Terjemahan Yunani itu memuat lebih banyak buku, yakni:

a.       Tobit

b.      Yudit

c.       Kebijaksanaan Salomo

d.      Sirakh

e.       Barukh

f.       I Makabe

g.      II Makabe

Buku-buku itu dibaca sebagai kitab-kitab suci oleh orang-orang Yahudi yang saat itu tinggal di luar Palestina. Kebiasaan itu kemudian diambil alih oleh kebanyakan Bapa-Bapa Gereja kuno dan pujangga-pujangga Gereja abad pertengahan. Pada zaman Reformasi, orang-orang Kristen Protestan kembali ke Kitab Suci Yahudi yang berbahasa Ibrani. Mereka menghitung ada 39 kitab PL (I dan II Samuel, I dan II Raja-Raja, I dan II Tawarikh, Ezra dan Nehemia, dan keduabelas nabi kecil dihitung sendiri-sendiri, sehingga 24 menjadi 39).

 Gereja Katolik (Konsili Trente) menjawab bahwa tetap akan mengakui 7 kitab yang ditemukan dalam terjemahan Yunani dan Latin, sehingga seluruh jumlah kitab-kitab PL adalah 46. Daftar Yahudi dengan 39 kitab itu disebut Proto Kanonika, artinya kitab-kitab itu terdapat di daftar pertama / tertua (Protos berarti pertama, kanon berarti daftar resmi).Tujuh kita tambahan disebut Deuterokanonika, artinya : terdapat pada daftar kedua / kemudian (Deuteros berarti kedua). Namun tidak berarti bahwa kitab-kitab ini dinomorduakan. Nilainya adalah sama dengan nilai kitab-kitab Protokanonika.

Perbedaan jumlah buku ini mempersulit usaha modern untuk menerbitkan satu Alkitab untuk semua gereja. Akhirnya ditemukan jalan keluar yang praktis, yaitu : ketujuh kitab Deuterokanonika (dan beberapa tambahan kitab Daniel dan Ester) tidak dimasukkan di dalam Perjanjian Lama (Protestan), malainkan dikumpulkan menjadi bagian tersendiri. Dalam terbitan untuk Gereja Katolik, bagian itu dimasukkan di antara PL dan



Materi Agama Katolik

SANTO AMBROSIUS, USKUP DAN PUJANGGA GEREJA

Santo Ambrosius, Uskup dan Pujangga Gereja Tanggal Pesta: 7 Desember Ambrosius lahir pada tahun 334 di Trier, Jerman dari sebuah keluarga Kr...