Materi Agama Katolik
100 SOAL UJIAN PPG 2021
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Kemendikbud
melalui Dirjen GTK telah mengumumkan terkait PPG. 2021 melalui akun SIM PKB. Dirjen GTK mengundang Guru calon PPG
melalui akun SIM PKB. Tidak semua Guru yang belum sertifikasi mendapatkan
undangan untuk mengikuti PPG . Pendataan calon peserta PPG dalam jabatan ini
diprioritaskan untuk guru yang telah memenuhi persyaratan. Rangkaian persiapan PPG 2021 sudah dilakukan GTK sejak tahun lalu. Ada ribuan guru yang
terundang mengikuti Seleksi Calon Peserta PPG 2021 berdasarkan
data dapodik yang memenuhi syarat.
Syarat umum seorang guru menjadi
peserta seleksi PPG 2021 yaitu:
1.
Belum Sertifikasi
2.
Harus S1/D4
3.
Harus PNS, GTY atau Guru Honor Daerah
4.
Tmt dibawah 31 Des 2015
5.
Belum pensiun, usia paling tua kelahiran tahun 60, usia paling muda kelahiran
'95 (asumsi sudah lulus S1)
6.
Tidak harus memiliki NUPTK
7.
*Punya no.peserta UKG dan harus masuk SIM PKB * Semua syarat diambil dari Dapodik.
Tahapan seorang guru menjadi peserta
seleksi PPG 2021:
1.
Pemberitahuan di SIM-PKB, peserta mengisi form isian, menentukan bidang studi
yg akan diikuti dalam PPG 2021 dan mengunggah Ijazah S1
2.
Setelah mendaftar, data akan diverifikasi oleh LPMP untuk ditolak atau
dijadikan calon peserta seleksi PPG 2021
3. Peserta seleksi PPG 2021 harus
mengikuti ujian seleksi.
4.
Jika lolos seleksi, baru GTK pilah untuk diundang pelaksanaan PPG di tahun 2021
Untuk
mengukur dan menilai kompetensi guru pada umumnya berupa soal-soal pedagogik
dan profesional (bidang studi) yang dikembangkan dari permendiknas nomor 16
tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.
Berikut ini akan disajikan soal-soal
persiapan ujian seleksi PPG tahun 2021
kompetensi pedagogik.
100 SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPG 2019 KOMPETENSI
PEDAGOGIK
1.
Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu
masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan
perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan
interaksional
C. kemampuan
integrasi diri
D. kemampuan
komunikatif
2. Pernyataan
berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan
berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan
masalah
C. kemampuan
berinteraksi
D. kemampuan
untuk mengintegrasikan diri
3. Kemampuan
berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan
obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0
- 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12/
-- 14/15 tahun
4.
Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut
pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan
perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak
memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang
intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat
egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah
logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional
formal)
5. Kemampuan
peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk
kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu
kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan
pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia
memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami
permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D.
spiritual
7. Peserta
didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan
tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral
alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan
suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku
moral-spritual pada tahapan ...
A. penalaran
pascakonvensional
B.
penalaran konvensional
C.
penalaran prakonvensional
D.
penalaran interkonvensional
8. Individu
memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa
serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi
disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan
tahapan perkembangan moral
A.
Prakonvensional
B.
Konvensional
C. Pascakonvensional
D.
Interkonvensional
9. Memaksimalkan
kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar
dalam hal ….
A.
mengemukakan gagasan
B.
mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D.
menformulasikan tindakan
10. Seorang
peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan
lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai
menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai
memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
11. Seorang
peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi
pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut
mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan
akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan
nonsimbolik
D. gangguan
sosial
12. Perbedaan
antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan
konseling adalah....
A. Membantu
siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu
siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat
mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu
siswa agar memperoleh informasi tertentu
13. Teori
ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan
dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati.
Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan
semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang
dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B.
Humanistik
C.
Sibernetik
D.
Kontruktivisme
14. Di
dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia
bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A.
Sibernetik
B.
Humannistik
C.
Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15.
Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator,
motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori
belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya
bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B.
Konstruktivisme
C. kognitivisme
D.
Nativisme
16. Pada
masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di
manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar
jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori
belajar ….
A. Sibernetik
B.
Konstruktivisme
C.
Behaviorisme
D.
Kognitivisme
17. Pendapat
yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait
dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang
adalah teori belajar…
A.
Behaviorisme
B.
Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D.
Sibernatik
18. Tujuan pembelajaran yang
menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta
didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A.
Silabus
B. RPP
C. Silabus
dan RPP
D. SKL
19. Komponen
rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
B.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran,
indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah
pembelajaran, evaluasi
C. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
D.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran,
materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah
pembelajaran
20. Silabus
dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah
sebagai berikut:
A. Silabus
berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk
mencapai kompetensi dasar
B. Silabus
bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari
standar kompetensi lulusan
C. RPP
dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP
dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
21. Salah
satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A.
Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP
bersumber dari silabus
D. Alokasi
waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
22. Perhatikan
beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai
berikut ......
1) Kompetensi
dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator
: menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan
Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat
menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP
tersebut prinsip digunakan adalah....
A.
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B.
Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C.
Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan
dan keterpaduan
23. Benjamin
S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
C.
ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.
ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, sÃntesis.
24. Taksonomi
Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan
ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis
C. ingatan, pemahaman,
sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan,
pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
25. Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak
kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang
perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah….
A.
Role Playing
B.
Inquiry
C. Problem
Solving
D.
Picture and Picture
26. Faktor
yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah
proses pembelajaran adalah:
A.
Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan
masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah
peserta didik yang mengikti pembelajaran
D.
Motivasi belajar siswa
27. Fungsi
indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A.
Pencapaian standar kompetensi
B.
Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D.
Pencapaian standar kelulusan
28. Apa
yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan
jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk
peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B.
Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C.
Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D.
Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
29. Prinsip
sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan,
kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai
dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual
peserta didik.
B.
Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar,
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian.
C. Cakupan
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen
silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30. Ciri-ciri
kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A.
Sharing dengan teman
B.
Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan
satu sumber
31. Dalam
memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak
ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32. Bu
Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang
dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk
pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
33.
Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus
didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual,
kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan
media termasuk ke dalam
kriteria...
A.
tujuan
B. sasaran
didik
C.
ketersediaan
D. konteks
penggunaan
34. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran
tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan
keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A.
Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik
harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan
kemampuan sekolah.
D.
Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media
yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media
dapat dibagi ke dalam..
A. media
yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B.
media yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
C.
media tradisional dan media berbasis TIK
D.
media dua dimensi dan media tiga dimensi
36. Di
ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang.
Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan
memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan
dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media
pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran
didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks penggunaan.
C. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur
sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
37. Seorang
guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait
dengan media pembelajaran
adalah:
A. media
pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis
TIK
B. sebuah
media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C. media
dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D.
memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
38. Setiap
materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk
memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi
guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau
tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan
tersebut adalah:
A.
Menampilkan objek yang terlalu
besar
B. Membuat
konkrit konsep yang abstrak
C. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
D.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
39. Media
memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru
dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat
guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal
menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi
dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya
untuk menjelaskan peredaran darah.
D.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
40. Seorang
guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi
yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat
dimanfaatkan oleh guru tersebut
adalah…
A.
book
B.
forum
C. blog
D.
e-portofolio
41. Seorang
guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi
mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah
internet tersebut adalah…
A.
program mencari informasi
B.
program desktop publishing
C. program
untuk menjelajahi laman
D.
program penciptaan laman
42. Saat
kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi
internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi
sebagai mesin pencari selain google adalah...
43. Seorang
guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan
berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C. Microsoft Desktop Publishin
D. Microsoft Word
44. Seorang
guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam
pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A. Microsoft
Database
B. Microsoft
Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D.
Microsoft Desktop Publishing
45. Pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai
teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan
serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu
merupakan bagian dari model pembelajaran
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak
Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal
dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan
pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding
question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan
berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh
Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. projek based learning
B. discovery
Learning
C. Problem
Based Learning
D. Inquiry
learning
47. Bu
Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,
sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini
tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project
based learning
B. inquiry learning
C. Discovery
learning
D. problem based learning
48. Berikut
ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project
based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain
Perencanaan Proyek,
3) Menyusun
Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor
peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the
Project),
5) Menguji
Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi
Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D.
1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1)
Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)
Orientasi siswa pada masalah
3)
Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut
disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan
langkah yang tepat adalah ....
A.
1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D.
2-3-1-4
50. Kriteria
keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan.
Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A.
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B.
Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan intake siswa
D.
Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
51. Fungsi
KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai
acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B.
merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata
pelajaran
C. dapat
digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program
pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai
kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif
atau kuantitatif.
52. Fungsi
indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A.
Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D.
Pencapaian standar kelulusan
53. Untuk
menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru
adalah;
A.
Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B.
Menambah bahan pelajaran baru
C.
Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih waktu yang
tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
54. Instrumen
yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman
observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman
wawancara
D. Tes
hasil belajar
55. Sebelum
guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
A.
Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum
dan silabus
C. Indikator
pencapaian kompetensi
D.
Kemampuan awal siswa
56. Salah
satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus
terpadu artinya:
A.
penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B.
penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. penilian
berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus
berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57. Instrumen
penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan
berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai
dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi
yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa
yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah
semester dan ulangan akhir semester
58. Untuk
mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu
rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D.
Simpangan baku
59. Standar
penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A. Penilaian
hasil belajar peserta didik
B.
Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C.
Penilaian silabus dan RPP
D.
Penilaian standar kompetensi lulusan
60. Penilaian
adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar.
Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh
kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya,
bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada
aspek
penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C.
Bermakna
D.
Menyeluruh
61. Upaya
merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A.
Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.
memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.
memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang
tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
62. Dasar
rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan belajar ….
A.
proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.
tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.
strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
63. Salah
satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam
kegiatan guru ….
A.
Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.
Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil
temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D.
merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
64. Kriteria
ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan
oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai
batas ambang kompetensi
B. Nilai
minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai
maksimal yang dicapai peserta didik
D. Nilai
batas ambang kelulusan ujian sekolah
65.
Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A.
Memberikan
penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan
hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan
rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran
jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam
memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test
remedial
66. Penilaian
hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan
dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A. Konstruktivisme
B.
Authentic assesment
C. Efektif
D. kondusif
67.
Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan
distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan
demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas
norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud
adalah….
A.
Penilaian berkelanjutan
B.
penilaian menyeluruh
C.
penilaian acuan patokan
D. penilaian acuan
norma
68. Kurikulum
2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian
acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang
didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria
ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan
mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung,
dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013
menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a. Penilaian berkelanjutan
b. Penilaian
autentik
c. Penilaian acuan patokan
d. Penilaian
acuan norma
69. Menggambarkan
sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip
penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil
penilaian
70. Mengetahui
tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan
dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
A. prinsip
penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi
penilaian
D. bentuk
penilaian.
71.
Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip
sebagai berikut, kecuali:
A.
objektif
B.
adil
C. kooperatif
D.
terpadu.
72.
Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur,
hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A.
adil
B. objektif
C. valid
D.
sistematis
73.
Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,
maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A.
adil
B. akuntabel
C.
valid
D.
sistematis
74.
Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti
langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A.
adil
B. objektif
C.
valid
D. sistematis
75.
Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen
hasil belajar peserta didik, kecuali….
A. ditujukan
untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan
acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti
dengan program remedial dan pengayaan
D. dilakukan pengulangan jika
ternyata hasilnya banyak yang jelek
76. Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A.
Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D.
Kesinambungan
77. Berdasarkan
data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata
hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15
sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah
15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat
dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan pendalaman
materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung
dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan
materi pada KD selanjutnya
D.
Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
78. Upaya
merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A.
Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.
memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang
tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi
bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
79. Dasar
rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan belajar ….
A.
proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.
tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting
pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.
strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
80. Salah satu prinsip merancang program
remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A.
Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan rancangan
pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis
evaluasi belajar siswa
C.
Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan
rancangan yang ada.
D.
merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
81. Agar
dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan
kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan
mengajukan hipotesis tindakan
D.
menyusun proposal penelitian
82.
Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja),
(c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut
menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK
pada langkah ….
A.
refleksi
B. observasi
C.
perencanaan
D.
pelaksanaan
83.
Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal
ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis
penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. observasi
--> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B.
refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C.
perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan -->
pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84. Rumusan
masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A.
Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA
Negeri 2 Boyolali?
B. Bagaimana cara
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya
jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C.
Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai
perlombaan nasional?
D.
Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar
sekolah?
85.
Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan
kinerjanya di kelas yang diajar
B.
keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.
keinginan untuk membantu guru
D.
kepedulian peneliti akan kinerja guru
86.
Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut
Suharsimi Arikunto, kecuali….
A.
Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang
direkayasa
C.
Perencanaan
D.
Upaya empiris dan sistematis
87.
Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan
terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A.
Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C.
Mencapai tujuan
D.
Menentukan ruang lingkup
88.
Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
A.
Guru
B.
Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D.
Objek Penelitian
89.
Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A.
Pelaksanaan tindakan
B. Observasi
dan intepretasi
C.
Diskusi balikan
D. Analisis data
90.
Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B.
Menyusun teori baru
C.
Memperbaiki teori
D.
Menyusun generalisasi
91.
Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar
untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92.
Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian
dari PTK khususnya pada bagian….
A.
Kesimpulan
B. Prosedur
penelitian
C. Pendahuluan
D.
Metodologi penelitian
93.
Persiapan awal dalam PTK adalah…
A.
Menyiapkan cara wawancara
B.
Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat rencana
(perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D.
Menyiapkan fasilitas dan sarana
94.
Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A.
Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
B. Uraian
tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian
projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik
untuk melaksanakan PTK
95.
Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK,
kecuali…
A.
Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B.
Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C.
Persiapan tindakan
D. Observasi dan
inperetasi.
96. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi
ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik.
Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A.
untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam
pembelajaran
B. untuk
mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam
menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
selanjutnya
D.
untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam
menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.
97. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan
dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk menganalisis tingkat
keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk
melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. Untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk
mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan
refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada
kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana
pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan
beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
A.
Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan
pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.
Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian
dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
99.
Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk
meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan
memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A.
Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D.
Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan
pembelajaran
100. Untuk
mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang
kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti
pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan
tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A.
Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah
proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C.
Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa
peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang
kita lakukan
Komentar
Posting Komentar