Materi Agama Katolik

KISI-KISI AGAMA KELAS VII PAT GENAP 2024

  Disajikan teks Kitab Suci, 1 Korintus 13: 1-13. Peserta didik dapat menunjukkan hal yang nilainya paling tinggi menurut santo Paulus dalam perikop tersebut. Disajikan teks Kitab Suci. Siswa mampu menunjukkan modep persahabatan antara Jonathan dan Daud. Disajikan teks Kitab Suci, Injil Yohanes 7:53-8:1-11. Siswa mampu menyebutkan Sikap Yesus terhadap  perempuan yang kedapatan berbuat zinah berdasarkan Injil  Yohanes 7: 53-8:1-11. Disajikan teks Injil Yohanes 10:14: “ Akulah gembala yang baik, dan Aku mengenal domba-dombaKu dan domba-dombaKu mengenal Aku”.  Siswa dapat menunjukkan siapa domba-domba yang dimaksudkan oleh Yesus dalam teks tersebut. Siswa dapat menunjukkan kalimat  yang tepat untuk melengkapi teks Injil Yohanes 15: 17. Siswa dapat menunjukkan sifat-sifat kasih menurut Rasul Paulus suratnya kepada orang Korintus ( 1 Korintus 13: 4-8)   Siswa dapat menunjukan istilah atau sebutan pengampunan Tuhan atas seseorang dalam penerimaan Sakramen Tobat melalui imam. Peserta didik m


KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH

SMA MARIE JOSEPH – KELAPA GADING

TAHUN PELAJARAN 2021-2022

No. Urut

Kompetensi Dasar / IPK

Bahan Kelas/Smtr

Materi

Indikator Soal

1

3.1. Memahami diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasan.

 

X/1

Mengembangkan karunia Allah.

Disajikan teks Injil Matius 25:14-30, peserta didik dapat memberikan contoh mengembangkan talenta yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari

2

3.1. Memahami diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasan.

X/1

Keluhuran manusia sebagai citra Allah.

Disajikan sebuah kisah diskriminasi, peserta didik dapat memberikan contoh sikap menghargai orang lain

3

3.4. Memahami peran dan fungsi suara hati sehingga dapat bertindak secara cepat dan benar.

X/1

Hati Nurani

Peserta didik dapat mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dibuat/dilakukan dalam rangka pembinaan suara hati.

4

3.4. Memahami peran dan fungsi suara hati sehingga dapat bertindak secara cepat dan benar.

 

Hati Nurani

Disajikan sebuah kisah tentang pergulatan suara hati, peserta didik dapat menyimpulkan makna yang terkandung dalam kisah tersebut.

5

3.5.Memahami ajaran Katolik tentang sikap Kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh mass media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang.

X/1

Bersikap kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh media massa.

Disajikan artikel remaja korban media, peserta didik dapat menganalisis dampak positif dan negatif media massa.

6

3.6. Memahami bahwa kitab suci dan tradisi sebagai dasar iman Kristiani.

X/2

Kitab Suci Perjanjian Lama.

Peserta didik dapat mengklasifikasikan Kitab Suci Perjanjian Lama.

7

3.7. Memahami Yesus Kristus yang datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah

X/2

Gambaran Kerajaan Allah pada zaman Yesus.

Peserta didik dapat menjelaskan paham Kerajaan Allah pada zaman Yesus

8

X/2

Gambaran Kerajaan Allah pada zaman Yesus.

Peserta didik dapat merumuskan nilai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus pada zaman sekarang.

9

3.8. Memahami makna sengsara, wafat, kebangkitan dan kenaikan Yesus Kristus demi kebahagiaan manusia.

X/2

Sengsara dan wafat serta kebangkitan Yesus.

Peserta didik dapat memberikan salah satu contoh makna sengsara dan wafat dan kebangkitan Yesus bagi kehidupan kita

10

3.11. Memahami peranan Roh Kudus yang melahirkan, membimbing dan menghidupi Gereja

X/2

Peran Roh Kudus bagi Gereja.

Peserta didik dapat memberikan  satu contoh peran Roh Kudus dalam kehidupan manusia.

11

X/2

Peran Roh Kudus bagi Gereja.

Peserta didik dapat menyebutkan simbol-simbol Roh Kudus

12

3.1. Memahami Gereja sebagai Persekutuan Umat Allah dan persekutuan yang Terbuka

XI / I

Gereja Sebagai Umat Allah

Disajikan Teks Kis 2: 41-47 tentang Cara Hidup Gereja Perdana. Peserta didik menemukan aktivitas gereja masa kini sesuai teks tersebut

13

 

 

Disajikan pernyataan yang berkaitan engan aktivitas Gereja Peserta didik dapat mengidentifikasikan ciri khas gereja sebagai umat Allah.

14

3.2. Memahami sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai kerajaan Allah.

XI/ 1

Gereja yang Kudus

Peserta didik dapat menyebutkan contoh usaha- usaha untuk  mewujudkan Gereja yang kudus.

15

XI/1

Gereja yang Katolik

Disajikan dokumen Konsili Vatikan II teks Lumen Gentium Art.13. Peserta didik dapat menjelaskan mengapa Gereja disebut katolik/ universal.

16

3.3. Memahami fungsi dan peranan hirarki dan awam dalam Gereja Katolik

XI / 1

HIrarki dalam Gereja Katolik

Disajikan gambar Biarawan dan Rohaniwan Katolik disertai keterangannya; Peserta didik dapat menentukan gambar mana yang termasuk dalam Kategori hirarki dalam Gereja Katolik.

17

 

 

Peserta didik dapat menyebutkan Susunan hirarki dalam Gereja Katolik

 

18

 

 

 

Disajikan daftar pernyataan yang berkaitan dengan hirarki  Gereja Katolik; Peserta didik dapat menyebutkan pengganti dewan para rasul dalam struktur hIrarki Gereja Katolik.

19

 

 

 

Peserta didik dapat menjelaskan tugas dan peran Kardinal dalam Gereja Katolik

20

 

XI/1

Kaum Awam Dalam Gereja Katolik

Disajikan data tentang bentuk peran awam dan hirarki dalam gereja katolik. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk peranan kaum awam dalam membangun gereja.

21

3.4. Memahami tugas pokok Gereja sesuai dengan kedudukan dan peranannya sebagai murid Yesus Kristus

XI/1

Gereja Yang menguduskan (Liturgia)

Disajikan gambar-gambar tentang aktivitas liturgi Gereja Katolik berkaitan dengan sakramen dan Sakramentalia. Peserta didik dapat menetukan aktivitas yang termasuk dalam liturgi sakramen.

22

 

 

Disajikan data tentang Materi dan forma sakramen Krisma, Ekaristi dan Babtis. Peserta didik dapat menentukan materi dan forma   sakramen Ekaristi.

23

 

XI/1

Gereja Yang mewartakan (Kerygma)

Disajikan Teks Injil Mat 28: 16-20; Peserta didik dapat menyimpulkan Inti dari ajaran Yesus berkaitan dengan tugas gereja Mewartakan (Kerygma) berdasarkan teks tersebut.

24

3.7. Beriman akan  Allah sebagai pemberi hidup

XI/2

Hukuman Mati

Disajikan 6 (enam) pernyataan  tentang hukuman mati. Peserta didik dapat menentukan Pernyataan yang selaras dengan pandangan gereja Katolik tentang hukuman mati.

25

3.1.  Memahami panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepat dalam  menjawab panggilan hidup tersebut

XII/1

Perkawinan dalam tradisi Gereja Katolik

Peserta didik dapat memahami perkawinan katolik sebagai sakramen

26

 

 

Peserta didik dapat memahami dasar dan tujuan perkawinan Katolik

27

 

Panggilan hidup Membiara / selibat

Disajikan cuplikan teks dokumen Lumen Gentium Art. 44) Peserta didik dapat menyimpulkankan makna hidup religius.

28

 

 

Peserta didik dapat menyebutkkan tiga kaul yang dihayati oleh biarawan/wati.

29

 

Panggilan Karya / Profesi

Disajikan dokumen Centesimus Annus Art. 31. Peserta didik dapat menyimpulkan makna kerja secara social.

30

3.2.  Memahami nilai-nilai keadilan, kejujuran, kebenaran, perdamaian dan leutuhan ciptaan sesuai dengan ajaran Yesus Kristus

XII/1

Nilai-nilai penting dalam masyarakat yang diperjuangkan

Disajikan penggalan cerita tentang Kejujuran George Washington dan Pohon Ceri (lihat cerita; https://bit.ly/3Awg3g4) Peserta didik dapat menyimpulkan penerapan nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

31

 

Landasan untuk Memperjuangkan Nilai-Nilai Penting dalam masyarakat

Disajikan penggalan cerita tentang Kisah haru perjuangan nenek buta huruf mencari keadilan (Lihat cerita: https://bit.ly/3qXaC6r), peserta didik dapat menyimpulkan makna keadilan menurut Sila Kelima Pancasila

32

 

Yesus Kristus, Pejuang Keadilan, Kejujuran, Kebenaran dan kedamaian

Disajikan gambar tokoh perjuangan keadilan, kejujuran, kebenaran dan kedamaian (Abdulrahman Wahid atau Gusdur), peserta didik dapat menentukan jenis perjuangan tokoh tersebut.

33

3.3.  Memahami Kemajemukan bangsa Indonesia sebagai Anugerah Allah

XII/1

Keberagaman sebagai Realitas Asali Kehidupan Manusia

Disajikan gambar Burung Garuda Pancasila, peserta didik dapat memahami semboyan Bhineka Tunggal Ika

34

 

 

Disajikan penggalan kasus penghinaan suku tertentu  (lihat:https://bit.ly/3qWhJvW). Peserta didik dapat menganalisa kasus tersebut berdasarkan nilai Sila Ketiga Pancasila

35

 

Mengupayakan Perdamaian dan Persatuan Bangsa

Disajikan beberapa nilai-nilai kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan nilai-nilai yang dapat menjaga keutuhan NKRI

36

3. 4 Memahami makna berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama lain

XII/2

Kekhasan AgamaAgama di Indonesia

Disajikan penggalan teks dokumen Nostra Aetatae Art. 3, peserta didik dapat menganalisa ajaran atau pandangan Gereja Katolik terhadap agama-agama dan kepercayaan lain di Indonesia

37

 

 

Disajikan data agama-agama resmi di Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan agama-agama import yang berasal dari wilayah Asia

38

 

Dialog antar Umat Beragama dan Berkepercayaan Lain

Disajikan konsep tentang dialog antar umat beragama, peserta didik dapat menentukan contoh konkrit penerapan tentang dialog karya

39

3.5 Memahami makna keterlibatan aktif umat Katolik dalam membangun bangsa dan negara Indonesia

 

Membangun Bangsa dan Negara yang Dikehendaki Tuhan

Disajikan terks Kitab Suci Injil Mat. 22:17-21. Peserta didik dapat menganalisa penerapan teks tersebut bagi peran warga Gereja Katolik dalam membangun bangsa dan negara

40

 

Dasar Keterpanggilan Gereja dalam Membangun Bangsa dan Negara

Peserta didik dapat memberi contoh tindakan atau perwujudan panggilan sebagai anggota Gereja Katolik dalam membangun bangsa dan negara

41

3.4. Memahami sikap dan perilaku patuh terhadap  suara hati dan  dapat bertindak secara benar dan tepat

X/2

Hati Nurani

Peserta didik dapat menyebutkan lima usaha untuk membina suara hati

42

3.8. Memahami makna sengsara, wafat, kebangkitan dan kenaikan Yesus Kristus demi kebahagiaan manusia

X/2

Sengsara dan Wafat yesus

Peserta didik dapat menjelaskan tiga makna sengara  dan wafat Yesus dalam menghadapi  kondisi pandemi covid-19 yang melanda negeri kita

43

3.5.Memahami tentang  hubungan Gereja dan dunia sehingga dapat terlibat dalam  kegembiraan dan keprihatinan dunia

XI/2

Permasalahan yang dihadapi dunia

Disajikan Teks Mat 5: 13-16: Terang dan Garam Dunia. Peserta didik dapat memberikan tiga (3) contoh tindakan menjadi garam dan terang pada saat pandemi Covid 19 menerpa  negara kita.

44

3.1.  Memahami panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepat dalam  menjawab panggilan hidup tersebut

XII/1

Perkawinan dalam tradisi Gereja Katolik

Disajikan penggalan cerita singkat tentang kasus perceraian (lihat: https://bit.ly/3HbrQ5C) Peserta didik dapat  menjelaskan makna perkawinan Katolik bersifat monogami dan tak terceraikan berdasarkan kasus tersebut

45

3. 4 Memahami makna berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama lain

XII/2

Dialog antar Umat Beragama dan Berkepercayaan Lain

Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan Tri Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI SUMATIF SEMESTER GANJIL KELAS VII

MATERI AGAMA KELAS VII BAB I MANUSIA CITRA ALLAH

AKU CITRA ALLAH YANG UNIK