Materi Agama Katolik
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA
MARIE JOSEPH – KELAPA GADING
TAHUN
PELAJARAN 2021-2022
No.
Urut |
Kompetensi
Dasar / IPK |
Bahan
Kelas/Smtr |
Materi |
Indikator
Soal |
1 |
3.1. Memahami
diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasan. |
X/1 |
Mengembangkan
karunia Allah. |
Disajikan
teks Injil Matius 25:14-30, peserta didik dapat memberikan contoh
mengembangkan talenta yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari |
2 |
3.1. Memahami diri yang
memiliki kemampuan dan keterbatasan. |
X/1 |
Keluhuran
manusia sebagai citra Allah. |
Disajikan
sebuah kisah diskriminasi, peserta didik dapat memberikan contoh sikap
menghargai orang lain |
3 |
3.4. Memahami peran dan
fungsi suara hati sehingga dapat bertindak secara cepat dan benar. |
X/1 |
Hati
Nurani |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dibuat/dilakukan dalam
rangka pembinaan suara hati. |
4 |
3.4. Memahami peran dan
fungsi suara hati sehingga dapat bertindak secara cepat dan benar. |
|
Hati
Nurani |
Disajikan
sebuah kisah tentang pergulatan suara hati, peserta didik dapat menyimpulkan
makna yang terkandung dalam kisah tersebut. |
5 |
3.5.Memahami ajaran
Katolik tentang sikap Kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh mass
media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang. |
X/1 |
Bersikap
kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh media massa. |
Disajikan
artikel remaja korban media, peserta didik dapat menganalisis dampak positif
dan negatif media massa. |
6 |
3.6. Memahami bahwa kitab
suci dan tradisi sebagai dasar iman Kristiani. |
X/2 |
Kitab
Suci Perjanjian Lama. |
Peserta
didik dapat mengklasifikasikan Kitab Suci Perjanjian Lama. |
7 |
3.7. Memahami Yesus
Kristus yang datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah |
X/2 |
Gambaran
Kerajaan Allah pada zaman Yesus. |
Peserta
didik dapat menjelaskan paham Kerajaan Allah pada zaman Yesus |
8 |
X/2 |
Gambaran
Kerajaan Allah pada zaman Yesus. |
Peserta
didik dapat merumuskan nilai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus pada
zaman sekarang. |
|
9 |
3.8. Memahami makna
sengsara, wafat, kebangkitan dan kenaikan Yesus Kristus demi kebahagiaan
manusia. |
X/2 |
Sengsara
dan wafat serta kebangkitan Yesus. |
Peserta
didik dapat memberikan salah satu contoh makna sengsara dan wafat dan
kebangkitan Yesus bagi kehidupan kita |
10 |
3.11. Memahami peranan
Roh Kudus yang melahirkan, membimbing dan menghidupi Gereja |
X/2 |
Peran
Roh Kudus bagi Gereja. |
Peserta
didik dapat memberikan satu contoh
peran Roh Kudus dalam kehidupan manusia. |
11 |
X/2 |
Peran
Roh Kudus bagi Gereja. |
Peserta
didik dapat menyebutkan simbol-simbol Roh Kudus |
|
12 |
3.1. Memahami Gereja
sebagai Persekutuan Umat Allah dan persekutuan yang Terbuka |
XI
/ I |
Gereja
Sebagai Umat Allah |
Disajikan
Teks Kis 2: 41-47 tentang Cara Hidup Gereja Perdana. Peserta didik menemukan
aktivitas gereja masa kini sesuai teks
tersebut |
13 |
|
|
Disajikan
pernyataan yang berkaitan engan aktivitas Gereja Peserta didik dapat mengidentifikasikan
ciri khas gereja sebagai umat Allah. |
|
14 |
3.2. Memahami sifat-sifat
Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai
kerajaan Allah. |
XI/
1 |
Gereja
yang Kudus |
Peserta
didik dapat menyebutkan contoh usaha- usaha untuk
mewujudkan Gereja yang kudus. |
15 |
XI/1 |
Gereja
yang Katolik |
Disajikan
dokumen Konsili Vatikan II teks Lumen
Gentium Art.13. Peserta didik dapat menjelaskan mengapa Gereja disebut
katolik/ universal. |
|
16 |
3.3. Memahami fungsi dan
peranan hirarki dan awam dalam Gereja Katolik |
XI
/ 1 |
HIrarki
dalam Gereja Katolik |
Disajikan
gambar Biarawan dan Rohaniwan Katolik disertai keterangannya;
Peserta didik dapat menentukan gambar mana yang termasuk |
17 |
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan Susunan hirarki dalam Gereja Katolik |
|
18 |
|
|
|
Disajikan
daftar pernyataan yang berkaitan dengan hirarki Gereja Katolik; Peserta didik dapat
menyebutkan pengganti dewan para rasul dalam struktur hIrarki Gereja Katolik. |
19 |
|
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan tugas dan peran Kardinal dalam Gereja Katolik |
20 |
|
XI/1 |
Kaum
Awam Dalam Gereja Katolik |
Disajikan
data tentang bentuk peran awam dan hirarki dalam gereja katolik. Peserta
didik dapat mengidentifikasi bentuk peranan kaum awam dalam membangun gereja. |
21 |
3.4. Memahami tugas pokok
Gereja sesuai dengan kedudukan dan peranannya sebagai murid Yesus Kristus |
XI/1 |
Gereja
Yang menguduskan (Liturgia) |
Disajikan
gambar-gambar tentang aktivitas liturgi Gereja Katolik berkaitan dengan
sakramen dan Sakramentalia. Peserta didik dapat menetukan aktivitas yang
termasuk dalam liturgi sakramen. |
22 |
|
|
Disajikan
data tentang Materi dan forma sakramen Krisma, Ekaristi dan Babtis. Peserta
didik dapat menentukan materi dan forma
sakramen Ekaristi. |
|
23 |
|
XI/1 |
Gereja
Yang mewartakan (Kerygma) |
Disajikan
Teks Injil Mat 28: 16-20; Peserta didik dapat menyimpulkan
Inti dari ajaran Yesus berkaitan dengan tugas gereja Mewartakan (Kerygma)
berdasarkan teks tersebut. |
24 |
3.7. Beriman akan Allah sebagai pemberi hidup |
XI/2 |
Hukuman
Mati |
Disajikan
6 (enam) pernyataan tentang hukuman mati. Peserta didik dapat
menentukan Pernyataan yang selaras dengan pandangan gereja Katolik tentang
hukuman mati. |
25 |
3.1. Memahami
panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang
tepat dalam menjawab panggilan hidup
tersebut |
XII/1 |
Perkawinan
dalam tradisi Gereja Katolik |
Peserta
didik dapat memahami perkawinan katolik sebagai sakramen |
26 |
|
|
Peserta
didik dapat memahami dasar dan tujuan perkawinan Katolik |
|
27 |
|
Panggilan
hidup Membiara / selibat |
Disajikan
cuplikan teks dokumen Lumen Gentium Art. 44) Peserta didik dapat
menyimpulkankan makna hidup religius. |
|
28 |
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkkan tiga kaul yang dihayati oleh biarawan/wati. |
|
29 |
|
Panggilan
Karya / Profesi |
Disajikan
dokumen Centesimus Annus Art. 31. Peserta didik dapat menyimpulkan makna
kerja secara social. |
|
30 |
3.2. Memahami
nilai-nilai keadilan, kejujuran, kebenaran, perdamaian dan leutuhan ciptaan
sesuai dengan ajaran Yesus Kristus |
XII/1 |
Nilai-nilai
penting dalam masyarakat yang diperjuangkan |
Disajikan
penggalan cerita tentang Kejujuran George Washington dan Pohon Ceri (lihat
cerita; https://bit.ly/3Awg3g4)
Peserta didik dapat menyimpulkan penerapan nilai-nilai kejujuran dalam
kehidupan sehari-hari |
31 |
|
Landasan
untuk Memperjuangkan Nilai-Nilai Penting dalam masyarakat |
Disajikan
penggalan cerita tentang Kisah haru perjuangan nenek buta huruf mencari
keadilan (Lihat cerita:
https://bit.ly/3qXaC6r), peserta didik dapat menyimpulkan makna keadilan
menurut Sila Kelima Pancasila |
|
32 |
|
Yesus
Kristus, Pejuang Keadilan, Kejujuran, Kebenaran dan kedamaian |
Disajikan
gambar tokoh perjuangan keadilan, kejujuran, kebenaran dan kedamaian
(Abdulrahman Wahid atau Gusdur), peserta didik dapat menentukan jenis
perjuangan tokoh tersebut. |
|
33 |
3.3. Memahami
Kemajemukan bangsa Indonesia sebagai Anugerah Allah |
XII/1 |
Keberagaman
sebagai Realitas Asali Kehidupan Manusia |
Disajikan
gambar Burung Garuda Pancasila, peserta didik dapat memahami semboyan Bhineka
Tunggal Ika |
34 |
|
|
Disajikan
penggalan kasus penghinaan suku tertentu
(lihat:https://bit.ly/3qWhJvW).
Peserta didik dapat menganalisa kasus tersebut berdasarkan nilai Sila Ketiga
Pancasila |
|
35 |
|
Mengupayakan
Perdamaian dan Persatuan Bangsa |
Disajikan beberapa nilai-nilai kehidupan sehari-hari, peserta
didik dapat menentukan nilai-nilai yang dapat menjaga keutuhan NKRI |
|
36 |
3. 4 Memahami makna
berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama lain |
XII/2 |
Kekhasan
AgamaAgama di Indonesia |
Disajikan
penggalan teks dokumen Nostra Aetatae Art. 3, peserta didik dapat menganalisa
ajaran atau pandangan Gereja Katolik terhadap agama-agama dan kepercayaan
lain di Indonesia |
37 |
|
|
Disajikan
data agama-agama resmi di Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan
agama-agama import yang berasal dari wilayah Asia |
|
38 |
|
Dialog
antar Umat Beragama dan Berkepercayaan Lain |
Disajikan
konsep tentang dialog antar umat beragama, peserta didik dapat menentukan
contoh konkrit penerapan tentang dialog karya |
|
39 |
3.5 Memahami makna
keterlibatan aktif umat Katolik dalam membangun bangsa dan negara Indonesia |
|
Membangun
Bangsa dan Negara yang Dikehendaki Tuhan |
Disajikan
terks Kitab Suci Injil Mat. 22:17-21. Peserta didik dapat menganalisa
penerapan teks tersebut bagi peran warga Gereja Katolik dalam membangun
bangsa dan negara |
40 |
|
Dasar
Keterpanggilan Gereja dalam Membangun Bangsa dan Negara |
Peserta
didik dapat memberi contoh tindakan atau perwujudan panggilan sebagai anggota
Gereja Katolik dalam membangun bangsa dan negara |
|
41 |
3.4. Memahami sikap dan
perilaku patuh terhadap suara hati
dan dapat bertindak secara benar dan
tepat |
X/2 |
Hati
Nurani |
Peserta
didik dapat menyebutkan lima usaha untuk membina suara hati |
42 |
3.8. Memahami makna
sengsara, wafat, kebangkitan dan kenaikan Yesus Kristus demi kebahagiaan
manusia |
X/2 |
Sengsara
dan Wafat yesus |
Peserta didik dapat menjelaskan tiga
makna sengara dan wafat Yesus dalam menghadapi kondisi pandemi
covid-19 yang melanda negeri kita |
43 |
3.5.Memahami
tentang hubungan Gereja dan dunia
sehingga dapat terlibat dalam
kegembiraan dan keprihatinan dunia |
XI/2 |
Permasalahan yang dihadapi dunia |
Disajikan Teks Mat 5: 13-16: Terang dan Garam Dunia. Peserta
didik dapat memberikan tiga (3) contoh tindakan menjadi garam dan terang pada
saat pandemi Covid 19 menerpa negara
kita. |
44 |
3.1.
Memahami panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan
langkah yang tepat dalam menjawab
panggilan hidup tersebut |
XII/1 |
Perkawinan dalam tradisi Gereja Katolik |
Disajikan
penggalan cerita singkat tentang kasus perceraian (lihat: https://bit.ly/3HbrQ5C) Peserta didik dapat menjelaskan makna perkawinan Katolik
bersifat monogami dan tak terceraikan berdasarkan kasus tersebut |
45 |
3. 4 Memahami
makna berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama lain |
XII/2 |
Dialog
antar Umat Beragama dan Berkepercayaan Lain |
Peserta
didik dapat menyebutkan dan menjelaskan Tri Kerukunan Umat Beragama di
Indonesia |
Komentar
Posting Komentar