Materi Agama Katolik

KISI-KISI AGAMA KELAS VII PAT GENAP 2024

  Disajikan teks Kitab Suci, 1 Korintus 13: 1-13. Peserta didik dapat menunjukkan hal yang nilainya paling tinggi menurut santo Paulus dalam perikop tersebut. Disajikan teks Kitab Suci. Siswa mampu menunjukkan modep persahabatan antara Jonathan dan Daud. Disajikan teks Kitab Suci, Injil Yohanes 7:53-8:1-11. Siswa mampu menyebutkan Sikap Yesus terhadap  perempuan yang kedapatan berbuat zinah berdasarkan Injil  Yohanes 7: 53-8:1-11. Disajikan teks Injil Yohanes 10:14: “ Akulah gembala yang baik, dan Aku mengenal domba-dombaKu dan domba-dombaKu mengenal Aku”.  Siswa dapat menunjukkan siapa domba-domba yang dimaksudkan oleh Yesus dalam teks tersebut. Siswa dapat menunjukkan kalimat  yang tepat untuk melengkapi teks Injil Yohanes 15: 17. Siswa dapat menunjukkan sifat-sifat kasih menurut Rasul Paulus suratnya kepada orang Korintus ( 1 Korintus 13: 4-8)   Siswa dapat menunjukan istilah atau sebutan pengampunan Tuhan atas seseorang dalam penerimaan Sakramen Tobat melalui imam. Peserta didik m

MATERI KELAS IX: BERSAHABAT DENGAN ALAM

  • Keharmonisan hubungan antara alam dengan manusia dapat terjalin dengan baik jika dalam diri manusia ada kehendak yang baik untuk berusaha memanfaatkan dan mengelola serta memelihara alam dengan bijak sesuai dengan kehendak Allah. 

  • Hal ini seharusnya dapat dilakukan jika manusia menyadari akan peran dan tugasnya sebagai citra Allah. Manusia tidak dapat hidup tanpa alam dan sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. Kita dapat meminum air bersih, berteduh dalam rumah yang nyaman, menghirup udara yang segar, dan sebagainya karena ada sumber daya alam yang kita manfaatkan.

  • Kita harus memanfaatkan alam dengan memperhatikan dampak positif dan negatifnya, agar keseimbangan ekosistem tidak terganggu. Meskipun demikian, kenyataannya masih banyak manusia yang belum menyadari akan hal ini, sehingga mereka tidak peduli terhadap kondisi dan kelestarian alam lingkungan.

  • Pesatnya pertumbuhan penduduk dan pembangunan sangat mempengaruhi pencemaran lingkungan, yang sangat merugikan kehidupan. Kenyataannya, manusia sedang menghancurkan dirinya ketika tanpa merasa bersalah menghancurkan alam semesta. Manusia sedang menyia-nyiakan hidupnya, ketika menghambur-hamburkan sumber daya alam.
  • Ada tiga bentuk pencemaran yang kita kenal, yaitu pencemaran udara, pencemaran tanah, dan pencemaran air.

  • Selain itu, penebangan tumbuhan dan penembakan hewan secara berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan dan kepunahan. Hal ini akan berkaitan dengn rusaknya rantai makanan dan keseimbangan ekosistem.
  • Oleh karena itu, pengelolaan hutan sangat penting demi pengawetan maupun pelestariannya, sebab fungsi hutan adalah untuk mencegah erosi, sumber ekonomi, menjaga keseimbangan air, menyediakan keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Dimana semua itu pada akhirnya untuk kelangsungan hidup bagi manusia.

  • Dalam Kitab Kejadian khususnya dalam Kej 1: 26-31, manusia dipanggil oleh Allah untuk senantiasa memperhatikan alam lingkungannya. Allah memberikan kekuasaan kepada manusia untuk menguasai alam dengan mengolah, mempergunakan, dan melestarikan alam ciptaan ini.

  • Melalui ciptaan, Allah menyatakan diri-Nya sebagaimana Ia ada. Segala ciptaan yang ada menunjukkan bahwa Allah sungguh mencintaimanusia. Kita patut bersyukur menyaksikan keindahan, keharmonisan, keselarasan serta betapa sempurna dan takjubnya alam raya. Ungkapan syukur kita kepada Allah dapat kita wujud nyatakan dengan menjaga dan melestarikan alam ini karena alam dan manusia adalah bagian hidup yang tak terpisahkan satu sama lain. Adapun usaha-usaha yang dapat kita lakukan, misalnya:
  • 1) Menerapkan praktik hidup hemat, mulai dari sebanyak mungkin memanfaatkan transportasi umum, hemat listrik hingga hidup seadanya (sederhana) yang tidak konsumtif. Semua kegiatan tersebut dapat membantu mengurangi energi yang digunakan dan pada akhirnya dapat mengurangi polusi udara dan dampak rumah kaca;
    2) Mengurangi penggunaan mobil dengan naik sepeda, jalan kaki, atau dengan bus;
    3) Composting merupakan cara untuk membuang sampah dapur. Hal itu sehat untuk tanah dan sedikit sampah yang akan masuk ke lokasi penimbunan;
    4) Mematikan keran air bila sedang menyikat gigi atau sudah tidak dipakai; 5) Membuang sampah pada tempat yang seharusnya bukan di sungai ataupun di tempat-tempat yang dapat menyebabkan banjir, dan sebagainya.
    Catatan: 

Catatan: 
Laudato Si’ adalah ensiklik yang dikeluarkan oleh Paus Fransiskus. Di dalamnya, Paus menyerukan mengenai lingkungan hidup, mengajak dan mengingatkan manusia untuk peduli terhadap alam semesta. 

800.000+ Gambar Alam & Hutan Gratis - Pixabay

  • Ensiklik ini memuat pandangan dan seruan Paus Fransiskus tentang pentingnya mengatai perubahan iklim dan melindungi lingkungan hidup. Paus menyatakan bahwa kerusakan yang terus-menerus dilakukan oleh manusia terhadap lingkungan sebagai satu tanda kecil dari krisis etika, budaya dan spiritual modernitas. “Bumi, rumah kita, semakin menyerupai tumpukan sampah. Di berbagai wilayah bumi, daerah yang semula cantik telah tertutupi dengan sampah,” katanya. Untuk mengatasinya, kata Paus, membutuhkan pengorbanan dan “revolusi budaya” di seluruh dunia.

    Berikut ini beberapa poin penting dari Ensiklik Laudato Si:

    SAINS: Paus menjelaskan “sebuah sensus sains solid” menunjukkan bahwa pemanasan global itu nyata, dan akan mengurangi ketersediaan air minum, merusak pertanian, menyebabkan kepunahan hewan dan tumbuhan, meningkatkan keasaman laut dan menaikkan permukaan air laut yang menyebabkan kebanjiran di kota-kota besar dunia. Ia mengaitkan perubahan iklim terjadi secara alami, tetapi penelitian menunjukkan bahwa pemanasan global “terutama” disebabkan oleh aktivitas manusia.

    EKONOMI: Ensiklik ini merupakan kritik ekonomi dan juga panggilan untuk menyelamatkan lingkungan. Paus Fransiskus mengatakan negara-negara kaya mempunyai “utang ekologis” terhadap negara-negara berkembang, yang sumber daya alamnya diambil untuk produksi dan konsumsi bahan bakar bagi negara-negara industri. Ia menyebutkan hubungan ekonomi ini adalah hubungan dengan “struktur yang sesat” dan menolak argumen bahwa pertumbuhan ekonomi saja bisa memecahkan masalah kelaparan dan kemiskinan global serta memperbaiki keadaan lingkungan. Menurutnya pola pikir seperti itu sebagai sebuah “konsep pasar yang ajaib.”

    KEBIJAKAN PEMERINTAH: Paus Fransiskus mengatakan bahwa peraturan pemerintah mutlak diperlukan untuk mengurangi pemanasan global dan “penting untuk merancang lembaga internasional yang lebih kuat, lebih efisien dan terorganisir” dengan memanfatkan kewenangan untuk memberikan sanksi bagi mereka yang melanggar peraturan. “Konsensus global penting untuk menghadapi masalah yang lebih kompleks, yang tidak dapat diselesaikan secara sepihak dari masing-masing negara,” kata Paus. Namun, ia mengatakan peraturan saja tidak akan memecahkan masalah. Sebaliknya, pandangan untuk merubah etika secara menyeluruh mutlak diperlukan untuk memprioritaskan perawatan alam dan manusia.

    MANUSIA: Paus mengatakan setiap aktivitas yang berdampak pada lingkungan juga harus “memperhitungkan hak-hak dasar kaum miskin dan mereka yang kurang mampu.” Dia mengatakan “konsumerisme yang tidak beretika” telah menyebabkan tingkat konsumsi yang menyebabkan memperparah kerusakan lingkungan. Dia mengajak setiap orang untuk membentuk jaringan sosial dengan tujuan menekan pemimpin politik untuk melakukan perubahan dan membantu mereka yang kehilangan tempat tinggal atau pekerjaan akibat perubahan iklim. Ia juga mendesak agar masyarakat mengubah gaya hidup mereka, termasuk “menggunakan transportasi umum, atau naik mobil bersama-sama, dan menanam pohon serta mematikan lampu-lampu yang tidak digunakan.

    IMAN: Paus Fransiskus menyebutkan inti ajaran Katolik adalah menekankan kepedulian terhadap makhluk ciptaan Tuhan dan kaum miskin. Ia mendesak manusia bertanggungjawab secara moral untuk merawat lingkungan seperti yang tertulis di kitab Kejadian 2:15 bahwa kita memiliki tugas untuk “menjaga” dan “merawat” Bumi. Paus berdoa untuk diskusi tentang iklim yang diselenggarakan oleh PBB dan menulis dua doa tentang pelestarian lingkungan, dan meminta Tuhan untuk memberikan, “kesembuhan dalam hidup kita, agar kita dapat terus melindungi dan merawat bumi dan menggerakkan hati orang-orang yang hanya mencari keuntungan dan mengorbankan orang-orang miskin dan dunia.” 

Contoh nyata :

  • Severn Suzuki, seorang anak yang pada usia 9 tahun telah mendirikan Environmental Children's Organization (ECO). ECO adalah sebuah kelompok kecil anak-anak yang mendedikasikan diri untuk belajar dan mengajarkan pada anak lain mengenai masalah-masalah lingkungan.
  • Pada tahun 1992 mereka mengumpulkan uang mereka sendiri dan menghadiri KTT Bumi PBB di Rio de Janeiro.

    Severn yang saat itu berusia 12 tahun menutup Sesi Pleno dengan pidato luar biasa yang mendapat sambutan meriah. Dia menerima banyak pujian untuk ceramahnya saat itu — bahkan Al Gore menyebutnya “pidato terbaik di Rio.” Jauh sebelum Greta Thunberg, Pidato itu beredar di You Tube, di mana pirate ini digelari sebagai , The Girl who Silenced the World for Five Minutes, Gadis yang membuat dunia terdiam selama lima menit. Silakan disimak teks pidatonya dan carilah kekuatan dari inspirasi ini.

Cuplikan Pidato Membela Bumi Severn Cullis Suzuki

Dalam kemarahan saya, saya tidak buta dan ketakutan saya, saya tidak takut memberi tahu dunia bagaimana perasaan saya. Di negara saya, kami menghasilkan begitu banyak limbah, kami membeli dan membuang, membeli dan membuang, membeli dan membuang, tetapi negara-negara Utara tidak akan berbagi dengan yang membutuhkan.

Bahkan ketika kita memiliki lebih dari cukup kita takut untuk berbagi, kita takut untuk melepaskan sebagian kekayaan kita. Di Kanada, kami menjalani kehidupan istimewa. Kami punya banyak makanan, air, dan tempat berlindung.

Kami memiliki jam tangan, sepeda, komputer, dan televisi. Kegiatan konferensi ini bisa berjalan selama dua hari. Dua hari yang lalu di sini, di Brasil, kami terkejut ketika kami menghabiskan waktu dengan beberapa anak yang hidupnya di jalanan. Inilah yang dikatakan seorang anak kepada kami:

“Saya berharap saya kaya dan jika saya kaya, saya akan memberi semua anak jalanan makanan, pakaian, obat-obatan, tempat berteduh dan cinta serta kasih sayang”.

Pidato Membela Bumi, Jika seorang anak di jalanan yang tidak memiliki apa-apa mau berbagi, mengapa kita yang memiliki segalanya masih serakah? Saya tidak bisa berhenti berpikir bahwa ini adalah anak-anak seusiaku, bahwa itu membuat perbedaan besar di mana Anda dilahirkan. Dan saya bisa menjadi salah satu dari anak-anak yang tinggal di favelas Rio.

Saya bisa menjadi anak yang kelaparan di Somalia, atau menjadi korban perang di Timur Tengah atau seorang pengemis di India. Saya hanya anak-anak, namun saya tahu jika semua uang yang dihabiskan untuk perang itu direalokaiskan untuk menemukan jawaban lingkungan yang mengakhiri kemiskinan dan dalam menemukan perjanjian bersama (komitmen dunia), betapa indahnya bumi ini nantinya.

Di sekolah, bahkan di taman kanak-kanak, Anda mengajari kami bagaimana berperilaku di dunia. Anda mengajar kami untuk tidak berkelahi dengan orang lain, untuk menyelesaikan masalah, untuk menghormati orang lain dan untuk membersihkan kekacauan kami, untuk tidak menyakiti makhluk lain, untuk berbagi, tidak menjadi serakah.

Lalu mengapa Anda pergi keluar dan melakukan hal-hal yang Anda suruh agar tidak dilakukan? Jangan lupa mengapa Anda menghadiri konferensi ini, untuk siapa Anda datang kemari.

Kami adalah anak-anak Anda sendiri. Anda sedang memutuskan dunia seperti apa kita tumbuh dewasa. Orang tua harus dapat menghibur anak-anak mereka dengan mengatakan ‘Semuanya akan baik-baik saja, ini bukan akhir dari dunia, dan kami melakukan yang terbaik yang kami bisa’ .

Tapi saya tidak berpikir Anda bisa mengatakan itu kepada kami lagi. Apakah kami (anak-anak) termasuk dalam daftar prioritas Anda? Ayah saya selalu berkata, ‘Kamu adalah apa yang kamu lakukan, bukan apa yang kamu katakan’.

Nah, apa yang Anda lakukan membuat saya menangis di malam hari. Anda orang dewasa mengatakan Anda mencintai kami. Tapi saya menantang Anda, tolong, buatlah tindakan yang mencerminkan kata-kata Anda. Terima kasih.[]



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI SUMATIF SEMESTER GANJIL KELAS VII

MATERI AGAMA KELAS VII BAB I MANUSIA CITRA ALLAH

AKU CITRA ALLAH YANG UNIK