Materi Agama Katolik

KISI-KISI AGAMA KELAS VII PAT GENAP 2024

  Disajikan teks Kitab Suci, 1 Korintus 13: 1-13. Peserta didik dapat menunjukkan hal yang nilainya paling tinggi menurut santo Paulus dalam perikop tersebut. Disajikan teks Kitab Suci. Siswa mampu menunjukkan modep persahabatan antara Jonathan dan Daud. Disajikan teks Kitab Suci, Injil Yohanes 7:53-8:1-11. Siswa mampu menyebutkan Sikap Yesus terhadap  perempuan yang kedapatan berbuat zinah berdasarkan Injil  Yohanes 7: 53-8:1-11. Disajikan teks Injil Yohanes 10:14: “ Akulah gembala yang baik, dan Aku mengenal domba-dombaKu dan domba-dombaKu mengenal Aku”.  Siswa dapat menunjukkan siapa domba-domba yang dimaksudkan oleh Yesus dalam teks tersebut. Siswa dapat menunjukkan kalimat  yang tepat untuk melengkapi teks Injil Yohanes 15: 17. Siswa dapat menunjukkan sifat-sifat kasih menurut Rasul Paulus suratnya kepada orang Korintus ( 1 Korintus 13: 4-8)   Siswa dapat menunjukan istilah atau sebutan pengampunan Tuhan atas seseorang dalam penerimaan Sakramen Tobat melalui imam. Peserta didik m

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH

 

 

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kelas/

Semester

Indikator Soal

1

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang manusia sebagai citra Allah

 

Manusia sebagai citra Allah

VII / Ganjil

Peserta didik mampu menjelaskan ciri manusia sebagai citra Allah.

2

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang   aku memiliki kemampuan

Aku memiliki kemampuan

VII/Ganjil

Disajikan kutipan teks Mat 25:14-30 tentang talenta, peserta didik mampu menjelaskan tanggapan para tokoh seperti terungkap dalam teks tersebut

3

Aku memiliki kemampuan

VII/Ganjil

Peserta didik mampu menentukan cara mengembangkan kemampuan

4

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•bersyukur sebagai citra Allah

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

•peran keluarga, sekolah Gereja dan masyarakat bagi perkembanganku

•berteman, bersahabat dan berpacaran bagi perkembangan diri

bersyukur sebagai citra Allah

VII/Ganjil

Peserta didik mampu memberikan contoh perwujudan syukur sebagai citra Allah

5

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

bersyukur sebagai citra Allah

mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki

VII/Ganjil

Peserta didik mampu memberi contoh cara mengembangkan dirinya sebagai perempuan atau laki-laki

6

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

           

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

           

Mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki

VII/Ganjil

Disajikan kutipan Katekismus Gereja Katolik tentang mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki, peserta didik mampu memberi contoh tindakan dalam mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki berdasarkan kutipan tersebut

7

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

 

Mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki

VII/Ganjil

Peserta didik mampu memberikan contoh tindakan cara mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki di lingkungan sekitar

8

Peran keluarga bagi perkembanganku

 

Disajikan kutipan sumber Iman Gereja Katolik tentang peran keluarga, peserta didik mampu menemukan contoh kewajiban orangtua dalam mendidik anak-anak sesuai dengan kutipan tersebut

9

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

peran keluarga, sekolah Gereja dan masyarakat bagi perkembanganku

 

Peran Gereja Bagi perkembanganku

VII/Ganjil

Disajikan bidang tugas pelayanan Gereja, peserta didik mampu menemukan contoh manfaat pelayanan Gereja bagi perkembanganku

10

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

masyarakat bagi perkembanganku

 

Peran masyarakat bagi perkembanganku

VII/Ganjil

Disajikan kutipan teks Dokumen Gereja dalam dunia (Gaudium et Spes art. 25), peserta didik mampu memberikan contoh pengaruh masyarakat bagi perkembangan diri.

11

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

berteman, bersahabat dan berpacaran bagi perkembangan diri

Bersahabat

VII/Genap

Disajikan kutipan teks Kitab Sir. 6:5-17, peserta didik mampu menginterpretasi makna persahabatan berdasarkan teks tersebut.

12

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

berteman, bersahabat dan berpacaran bagi perkembangan diri

Berpacaran

VII/Genap

Disajikan data tentang perilaku orang berpacaran, peserta didik mampu memilih perilaku yang sehat dalam berpacaran

13

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki

 

Perempuan dan laki-laki diciptakan sederajat

VII/Genap

Disajikan kutipan teks Kitab Suci tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki, peserta didik mampu menyimpulkan makna kesederajatan perempuan dan laki-laki berdasarkan teks tersebut.

14

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang pribadi Yesus Kristus

 

Pribadi Yesus Kristus

VIII/Ganjil

Peserta didik mampu menjelaskan ciri-ciri pribadi Yesus Kristus

15

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan  tentang Yesus Kristus yang mewartakan Kerajaan Allah

 

Yesus mewartakan Kerajaan Allah

VIII/Ganjil

Peserta didik mampu menjelaskan tentang paham Kerajaan Allah

16

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan  tentang Yesus Kristus yang mewartakan Kerajaan Allah

 

Yesus mewartakan Kerajaan Allah

VIII/Ganjil

Peserta didik mampu menjelaskan arti mujizat yang digunakan Yesus dalam mewartakan Kerajaan Allah.

17

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang Sengsara dan wafat Yesus

 

 

Sengsara dan wafat Yesus

VIII/Ganjil

Disajikan teks Kitab Suci tentang sengsara Yesus, peserta didik mampu menjelaskan sikap Yesus dalam menghadapi sengsara-Nya.

18

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang

peran Roh Kudus bagi murid Yesus

 

Yesus mengutus Roh Kudus

VIII/Genap

Disajikan beberapa pernyataan tentang Roh Kudus, peserta didik mampu menjelaskan peranan Roh Kudus.

19

 

Peserta didik mampu menjelaskan arti satu dari tujuh karunia Roh Kudus menurut St. Bonevantura.

20

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

meneladan Yesus dalam kehidupan sehari-hari

Yesus yang berbelas kasih

VII/Genap

Disajikan gambar tentang orang yang melakukan tindakan berbelas kasih terhadap sesama, peserta didik mampu menunjukkan contoh tindakan berbelas kasih dalam hidup sehari-hari seperti terdapat dalam gambar.

21

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

meneladan Yesus dalam kehidupan sehari-hari

Yesus Sang Pengampun

VII/Genap

Disajikan kutipan teks Kitab Suci tentang pengampunan, peserta didik mampu menerapkan sikap pengampunan dalam hidup sehari-hari sesuai dengan kutipan teks tersebut.

22

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:

tugas dan perutusan sebagai murid Yesus

Tugas perutusan sebagai murid Yesus

VIII/Genap

Disajikan kutipan teks Luk. 10:1-12 tentang Yesus mengutus tujuh puluh murid, peserta didik mampu merumuskan perwujudan tugas perutusan sebagai murid Yesus dalam kehidupan sehari-hari.

23

Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan tentang Gereja sebagai paguyuban orang beriman

Gereja sebagai paguyuban

VIII/Genap

Peserta didik mampu menguraikan unsur-unsur anggota dalam persekutuan Gereja.

24

Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan tentang  ciri Gereja sebagai paguyuban

 

Ciri Gereja sebagai paguyuban

VIII/Genap

Peserta didik mampu menjelaskan ciri Gereja dalam syahadat para rasul.

25

Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan tentang Gereja sebagai paguyuban orang beriman

 

Pelayanan Gereja sebagai paguyuban

VIII/Genap

Disajikan gambar tentang keterlibatan seseorang dalam tugas pelayanan Gereja, peserta didik mampu mengidentifikasi bidang tugas pelayanan tersebut.

26

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

Gereja sebagai tanda dan sarana penyelamatan

Tanda dan sarana keselamatan dalam hidup manusia

IX/Ganjil

Disajikan kutipan teks Sumber Iman Gereja Katolik tentang tanda dan sarana keselamatan, peserta didik mampu memberi contoh tindakan yang mencerminkan keselamatan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan teks tersebut.

27

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji Sakramen Inisiasi

 

Sakramen Baptis

VIII / Genap

Disajikan gambar tentang simbol yang ada dalam Sakramen Baptis, peserta didik mampu menganalisis makna simbol dalam gambar tersebut.

28

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji Sakramen Ekaristi

 

Sakramen Ekaristi

VIII/Genap

Peserta didik mampu menginterpretasikan sikap tubuh dalam perayaan Ekaristi.

29

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji Sakramen tobat

Sakramen tobat

VIII/Genapl

Disajikan cerita tentang pertobatan, peserta didik mampu menyimpulkan makna pertobatan berdasarkan cerita tersebut.

30

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang:

orang beriman menanggapi karya keselamatan Allah

Beragama sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah

 

Peserta didik mampu menjelaskan alasan orang beragama.

31

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang:

orang beriman menanggapi karya keselamatan Allah

Beriman sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah

IX/Ganjil

Peserta didik mampu menjelaskan aspek hidup beriman.

32

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hidup di tengah masyarakat sebagai orang beriman

 

Hak dan kewajiban sebagai anggota Gereja

IX/Ganjil

Peserta didik mampu memberi contoh perwujudan kewajiban sebagai anggota Gereja.

33

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hidup di tengah masyarakat sebagai orang beriman

 

Hak dan kewajiban sebagai anggota Gereja

IX/Ganjil

Disajikan kutipan teks Kitab Suci.Peserta didik mampu menentukan perwujudan kewajiban sesuai teks Kitab Suci tersebut.

34

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang keadilan dan kejujuran

Keadilan dan Kejujuran

Kelas IX/ Semester Ganjil

Siswa mampu menunjukkan contoh usaha yang dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran di lingkungan sekolah.

35

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang sikap Gereja dalam membangun persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan  lain

 

Kemajemukan agama dan kepercayaan berbeda tetapi satu tujuan

IX / Genap

Peserta didik mampu memberi contoh tindakan menghargai kemajemukan agama dan kepercayaan dalam kehidupan sehari-hari.

36

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman  tentang sikap Gereja dalam  membangun persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan  lain

 

Sikap Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain

IX / Ganjil

Disajikan kutipan dokumen Gereja, peserta didik mampu menentukan sikap Gereja Katolik terhadap agama dan kepercayaan lain sesuai kutipan tersebut.

37

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman  tentang:

orang beriman menjaga keutuhan alam ciptaan Tuhan

Bersahabat dengan alam

IX/Genap

Disajikan gambar tentang kerusakan lingkungan, peserta didik mampu memberi contoh dampak kerusakan lingkungan terhadap kehidupan manusia.

38

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:

orang beriman membangun masa depan

Cita-cita demi membangun masa depan

IX/Genap

Disajikan data tentang faktor pendukung tercapainya cita-cita, peserta didik mampu menganalisa faktor pendukung keberhasilan pencapaian sesuai cita-cita yang diimpikan.

39

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:

orang beriman membangun masa depan

Sakramen Perkawinan

IX/Genap

Peserta didik mampu menemukan dampak positif dari tujuan perkawinan Kristiani.

40

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:

orang beriman membangun masa depan

Sakramen Imamat

IX/Genap

Peserta didik mampu merumuskan makna kaul yang diucapkan oleh biarawan-biarawati.

41

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang:

·         manusia sebagai citra Allah

·         aku memiliki kemampuan

 

Manusia sebagai citra Allah

VII/Ganjil

Disajikan kutipan teks Kitab Suci tentang manusia sebagai citra Allah, peserta didik mampu menjelaskan pengertian manusia sebagai citra Allah.

42

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang:manusia sebagai citra Allah

 

Manusia sebagai citra Allah

IX/Genap

Disajikan kutipan teks Mat 25:14-30 tentang talenta, peserta didik mampu menjelaskan tanggapan para tokoh seperti terungkap dalam teks tersebut

43

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman  tentang:

  • bersyukur sebagai citra Allah

 

bersyukur sebagai citra Allah

VII/Ganjil

Disajikan teks Kitab Suci tentang anugerah Allah yang diterima, peserta didik mampu memberi contoh ungkapan syukur atas anugerah yang diberikan Allah sesuai teks.

44

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

meneladan Yesus dalam kehidupan sehari-hari

Yesus peduli terhadap penderitaan sesama

VII/Genap

Peserta didik mampu memberi contoh tindakan peduli terhadap penderitaan sesama di lingkungan sekitar.

45

Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan tentang:

pelayanan Gereja sebagai paguyuban

Pelayanan Gereja sebagai paguyuban

VIII/Genap

Peserta didik mampu menjelaskan  5 tugas pelayanan Gereja.

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI SUMATIF SEMESTER GANJIL KELAS VII

MATERI AGAMA KELAS VII BAB I MANUSIA CITRA ALLAH

AKU CITRA ALLAH YANG UNIK