Materi Agama Katolik
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kelas/ Semester |
Indikator Soal |
1 |
Peserta didik mampu memahami dan
menjelaskan tentang manusia sebagai citra Allah |
Manusia sebagai citra Allah |
VII /
Ganjil |
Peserta
didik mampu menjelaskan
ciri manusia sebagai citra Allah. |
2 |
Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang aku memiliki kemampuan |
Aku memiliki kemampuan |
VII/Ganjil |
Disajikan kutipan teks Mat 25:14-30 tentang talenta,
peserta didik mampu menjelaskan tanggapan para tokoh seperti terungkap dalam
teks tersebut |
3 |
Aku memiliki kemampuan |
VII/Ganjil |
Peserta didik mampu menentukan cara mengembangkan
kemampuan |
|
4 |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang: •bersyukur sebagai citra Allah •mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki •peran keluarga, sekolah Gereja dan masyarakat bagi
perkembanganku •berteman, bersahabat dan berpacaran bagi
perkembangan diri |
bersyukur sebagai citra Allah |
VII/Ganjil |
Peserta didik mampu memberikan contoh perwujudan
syukur sebagai citra Allah |
5 |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang: •mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki |
bersyukur sebagai citra Allah mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki |
VII/Ganjil |
Peserta didik mampu
memberi contoh cara mengembangkan dirinya sebagai perempuan atau laki-laki |
6 |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang: •mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang: •mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang: •mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki |
Mengembangkan
diri sebagai perempuan atau laki-laki |
VII/Ganjil |
Disajikan kutipan Katekismus
Gereja Katolik tentang mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki,
peserta didik mampu memberi contoh tindakan dalam mengembangkan diri sebagai
perempuan atau laki-laki berdasarkan kutipan tersebut |
7 |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang: •mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki |
Mengembangkan
diri sebagai perempuan atau laki-laki |
VII/Ganjil |
Peserta didik mampu
memberikan contoh tindakan cara mengembangkan diri sebagai perempuan atau
laki-laki di lingkungan sekitar |
8 |
Peran keluarga bagi
perkembanganku |
|
Disajikan kutipan
sumber Iman Gereja Katolik tentang peran keluarga, peserta didik mampu
menemukan contoh kewajiban orangtua dalam mendidik anak-anak sesuai dengan
kutipan tersebut |
|
9 |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang: peran keluarga, sekolah Gereja dan masyarakat bagi
perkembanganku |
Peran
Gereja Bagi perkembanganku |
VII/Ganjil |
Disajikan bidang tugas
pelayanan Gereja, peserta didik mampu menemukan contoh manfaat pelayanan
Gereja bagi perkembanganku |
10 |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang: masyarakat bagi perkembanganku |
Peran masyarakat bagi
perkembanganku |
VII/Ganjil |
Disajikan kutipan teks
Dokumen Gereja dalam dunia (Gaudium et Spes art. 25), peserta didik
mampu memberikan contoh pengaruh masyarakat bagi perkembangan diri. |
11 |
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: berteman, bersahabat
dan berpacaran bagi perkembangan diri |
Bersahabat |
VII/Genap |
Disajikan kutipan teks
Kitab Sir. 6:5-17, peserta didik mampu menginterpretasi makna persahabatan
berdasarkan teks tersebut. |
12 |
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: berteman, bersahabat
dan berpacaran bagi perkembangan diri |
Berpacaran |
VII/Genap |
Disajikan data tentang perilaku orang
berpacaran, peserta didik mampu memilih perilaku yang sehat dalam berpacaran |
13 |
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam mengkaji tentang kesederajatan perempuan
dan laki-laki |
Perempuan dan laki-laki
diciptakan sederajat |
VII/Genap |
Disajikan kutipan teks
Kitab Suci tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki, peserta didik mampu
menyimpulkan makna kesederajatan perempuan dan laki-laki berdasarkan teks
tersebut. |
14 |
Peserta didik mampu memahami
dan menjelaskan tentang pribadi
Yesus Kristus |
Pribadi Yesus Kristus |
VIII/Ganjil |
Peserta
didik mampu menjelaskan ciri-ciri pribadi Yesus Kristus |
15 |
Peserta didik mampu
memahami dan menjelaskan
tentang Yesus Kristus yang
mewartakan Kerajaan Allah |
Yesus
mewartakan Kerajaan Allah |
VIII/Ganjil |
Peserta didik mampu
menjelaskan tentang paham Kerajaan Allah |
16 |
Peserta didik mampu memahami
dan menjelaskan tentang Yesus Kristus yang
mewartakan Kerajaan Allah |
Yesus
mewartakan Kerajaan Allah |
VIII/Ganjil |
Peserta didik mampu
menjelaskan arti mujizat yang digunakan Yesus dalam mewartakan Kerajaan
Allah. |
17 |
Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang Sengsara
dan wafat Yesus |
Sengsara dan wafat
Yesus |
VIII/Ganjil |
Disajikan teks Kitab Suci tentang sengsara Yesus,
peserta didik mampu menjelaskan sikap Yesus dalam menghadapi sengsara-Nya. |
18 |
Peserta didik mampu memahami
dan menjelaskan tentang peran
Roh Kudus bagi murid Yesus |
Yesus mengutus Roh
Kudus |
VIII/Genap |
Disajikan beberapa
pernyataan tentang Roh Kudus, peserta didik mampu menjelaskan peranan Roh
Kudus. |
19 |
|
Peserta
didik mampu menjelaskan arti satu dari tujuh karunia Roh Kudus menurut St.
Bonevantura. |
||
20 |
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: meneladan Yesus dalam
kehidupan sehari-hari |
Yesus yang berbelas
kasih |
VII/Genap |
Disajikan
gambar tentang orang yang melakukan tindakan berbelas kasih terhadap sesama,
peserta didik mampu menunjukkan contoh tindakan berbelas kasih dalam hidup
sehari-hari seperti terdapat dalam gambar. |
21 |
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: meneladan Yesus dalam
kehidupan sehari-hari |
Yesus Sang Pengampun |
VII/Genap |
Disajikan
kutipan teks Kitab Suci tentang pengampunan, peserta didik mampu menerapkan
sikap pengampunan dalam hidup sehari-hari sesuai dengan kutipan teks
tersebut. |
22 |
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam mengkaji: tugas dan perutusan
sebagai murid Yesus |
Tugas perutusan sebagai
murid Yesus |
VIII/Genap |
Disajikan
kutipan teks Luk. 10:1-12 tentang Yesus mengutus tujuh puluh murid, peserta
didik mampu merumuskan perwujudan tugas perutusan sebagai murid Yesus dalam
kehidupan sehari-hari. |
23 |
Peserta didik dapat memahami
dan menjelaskan tentang Gereja
sebagai paguyuban orang beriman |
Gereja sebagai paguyuban |
VIII/Genap |
Peserta
didik mampu menguraikan unsur-unsur anggota dalam persekutuan Gereja. |
24 |
Peserta didik dapat
memahami dan menjelaskan tentang ciri Gereja sebagai
paguyuban |
Ciri Gereja sebagai
paguyuban |
VIII/Genap |
Peserta
didik mampu menjelaskan ciri Gereja dalam syahadat para rasul. |
25 |
Peserta didik dapat
memahami dan menjelaskan tentang Gereja
sebagai paguyuban orang beriman |
Pelayanan Gereja
sebagai paguyuban |
VIII/Genap |
Disajikan
gambar tentang keterlibatan seseorang dalam tugas pelayanan Gereja, peserta
didik mampu mengidentifikasi bidang tugas pelayanan tersebut. |
26 |
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: Gereja
sebagai tanda dan sarana penyelamatan |
Tanda dan sarana keselamatan
dalam hidup manusia |
IX/Ganjil |
Disajikan
kutipan teks Sumber Iman Gereja Katolik tentang tanda dan sarana keselamatan,
peserta didik mampu memberi contoh tindakan yang mencerminkan keselamatan
dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan teks tersebut. |
27 |
Peserta didik mampu menggunakan
nalar dalam mengkaji Sakramen
Inisiasi |
Sakramen Baptis |
VIII / Genap |
Disajikan
gambar tentang simbol yang ada dalam Sakramen Baptis, peserta didik mampu
menganalisis makna simbol dalam gambar tersebut. |
28 |
Peserta didik mampu menggunakan
nalar dalam mengkaji Sakramen Ekaristi |
Sakramen Ekaristi |
VIII/Genap |
Peserta
didik mampu menginterpretasikan sikap tubuh dalam perayaan Ekaristi. |
29 |
Peserta didik mampu menggunakan
nalar dalam mengkaji Sakramen
tobat |
Sakramen
tobat |
VIII/Genapl |
Disajikan cerita
tentang pertobatan, peserta didik mampu menyimpulkan makna pertobatan
berdasarkan
cerita tersebut. |
30 |
Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan
tentang: orang beriman menanggapi karya keselamatan Allah |
Beragama sebagai
tanggapan atas karya keselamatan Allah |
|
Peserta didik mampu menjelaskan alasan orang
beragama. |
31 |
Peserta
didik mampu memahami dan menjelaskan tentang: orang
beriman menanggapi karya keselamatan Allah |
Beriman sebagai
tanggapan atas karya keselamatan Allah |
IX/Ganjil |
Peserta
didik mampu menjelaskan aspek hidup beriman. |
32 |
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hidup di tengah
masyarakat sebagai orang beriman |
Hak dan kewajiban
sebagai anggota Gereja |
IX/Ganjil |
Peserta didik mampu
memberi contoh perwujudan kewajiban sebagai anggota Gereja. |
33 |
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hidup di tengah
masyarakat sebagai orang beriman |
Hak dan kewajiban
sebagai anggota Gereja |
IX/Ganjil |
Disajikan
kutipan teks Kitab Suci.Peserta didik mampu menentukan perwujudan kewajiban
sesuai teks Kitab Suci tersebut. |
34 |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang keadilan dan kejujuran |
Keadilan dan
Kejujuran |
Kelas
IX/
Semester Ganjil |
Siswa
mampu menunjukkan contoh usaha yang dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran di
lingkungan sekolah. |
35 |
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang sikap Gereja dalam
membangun persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan lain |
Kemajemukan agama dan
kepercayaan berbeda tetapi satu tujuan |
IX / Genap |
Peserta
didik mampu memberi contoh tindakan menghargai kemajemukan agama dan
kepercayaan dalam kehidupan sehari-hari. |
36 |
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang sikap Gereja dalam membangun
persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan lain |
Sikap Gereja terhadap
agama dan kepercayaan lain |
IX / Ganjil |
Disajikan
kutipan dokumen Gereja, peserta didik mampu menentukan sikap Gereja Katolik
terhadap agama dan kepercayaan lain sesuai kutipan tersebut. |
37 |
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: orang
beriman menjaga keutuhan alam ciptaan Tuhan |
Bersahabat dengan alam |
IX/Genap |
Disajikan
gambar tentang kerusakan lingkungan, peserta didik mampu memberi contoh
dampak kerusakan lingkungan terhadap kehidupan manusia. |
38 |
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam mengkaji: orang
beriman membangun masa depan |
Cita-cita
demi membangun masa depan |
IX/Genap |
Disajikan data tentang
faktor pendukung tercapainya cita-cita, peserta didik mampu menganalisa
faktor pendukung keberhasilan pencapaian sesuai cita-cita yang diimpikan. |
39 |
Peserta didik mampu menggunakan
nalar dalam mengkaji: orang beriman membangun
masa depan |
Sakramen Perkawinan |
IX/Genap |
Peserta didik mampu
menemukan dampak positif dari tujuan perkawinan Kristiani. |
40 |
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam mengkaji: orang beriman membangun
masa depan |
Sakramen Imamat |
IX/Genap |
Peserta didik mampu
merumuskan makna kaul yang diucapkan oleh biarawan-biarawati. |
41 |
Peserta
didik mampu memahami dan menjelaskan tentang: ·
manusia sebagai citra Allah ·
aku memiliki kemampuan |
Manusia sebagai citra
Allah |
VII/Ganjil |
Disajikan kutipan teks
Kitab Suci tentang manusia sebagai citra Allah, peserta didik mampu
menjelaskan pengertian manusia sebagai citra Allah. |
42 |
Peserta
didik mampu memahami dan menjelaskan tentang:manusia sebagai citra
Allah |
Manusia
sebagai citra Allah |
IX/Genap |
Disajikan kutipan teks
Mat 25:14-30 tentang talenta, peserta didik mampu menjelaskan tanggapan para
tokoh seperti terungkap dalam teks tersebut |
43 |
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
|
bersyukur sebagai citra
Allah |
VII/Ganjil |
Disajikan
teks Kitab Suci tentang anugerah Allah yang diterima, peserta didik mampu
memberi contoh ungkapan syukur atas anugerah yang diberikan Allah sesuai
teks. |
44 |
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: meneladan
Yesus dalam kehidupan sehari-hari |
Yesus peduli terhadap
penderitaan sesama |
VII/Genap |
Peserta
didik mampu memberi contoh tindakan peduli terhadap penderitaan sesama di
lingkungan sekitar. |
45 |
Peserta didik dapat
memahami dan menjelaskan tentang: pelayanan
Gereja sebagai paguyuban |
Pelayanan Gereja
sebagai paguyuban |
VIII/Genap |
Peserta didik mampu
menjelaskan 5 tugas pelayanan Gereja. |
Komentar
Posting Komentar