15 Mei 2021

KISI-KISI AGAMA KATOLIK KELAS VIII SEMESTER GENAP

 

Materi

Indikator

 

  • Yesus mengutus Roh Kudus




  • Roh Kudus memberikan daya kekuatan

  •  Gereja sebagai Paguyuban

 

 

  • Gereja sebagai tanda dan sarana penyelamatan manusia

 

 

 

  •  Sakramen Baptis

 

 

 

 

  •   Sakramen Ekaristi
  • Sakramen Krisma
  • Sakramen Tobat
  • Sakramen Ekaristi
  •  Sakramen Pengurapan
  •  Sakramen Ekaristi 

  • Sakramen Tobat


  •  Sakramen Ekaristi

 



  • Sakramen Pengurapan Orang Sakit

 


  • Sakramen Ekaristi


  •  Gereja sebagai Paguyuban

 

  • Sakramen Tobat
  • Sakramen Baptis

 


  • Tugas Pelayanan Gereja
  •  Sakramen Pengurapan orang sakit

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  Peserta didik mampu menunjukkan arti kata Parakletos sebagai sebutan untuk Roh Kudus.
  2. Peserta didik mampu menunjukkan gambaran Roh Kudus menurut Yesus.
  3. Peserta didik mampu menunjukkan tanda kehadiran Roh Kudus pada peristiwa Pentakosta menurut Kis 2: 1-2.
  4. Peserta didik mampu menunjukkan simbol kehadiran Roh Kudus dalam rupa lidah-lidah api pada peristiwa Pentakosta.
  5. Peserta didik mampu menunjukkan peristiwa yang mencengangkan para rasuk pada saat turunnya Roh Kudus atas para rasul.
  6. Peserta didik mampu menunjukkan arti kata Komunio.
  7. Peserta didik mampu menunjukkan Gereja Perdana sebagai sebutan  murid-murid Yesus yang pertama .
  8. Peserta didik mampu menunjukkan isi dari Kisah Para Rasul 2:41-47.
  9. Peserta didik mampu menyebutkan anggota Gereja yang bersedia memberikan dirinya untuk mengucapkan tiga kaul.
  10.   Peserta didik mampu menunjukkan tanda yang tidak kelihatan di dalam symbol mengungkapkan sesuatu yang tidak kelihatan.
  11. Peserta didik mampu menyebutkan pengertian dari sakramen.
  12. Peserta didik mampu menyebutkan asal kata Sakramen.
  13. Peserta didik mampu menyebutkan  sakramen yang pertama kali diterima oleh anggota Gereja.
  14. Peserta didik mampu menyebutkan sakramen yang diterima oleh seorang suster.
  15. Peserta didik mampu menyebutkan sakramen yang diterima oleh seorang imam.
  16. Peserta didik mampu menunjukan arti kata inire atau initiare
  17. Peserta didik mampu menunjukan asal  dari kata inisiasi.
  18. Peserta didik mampu menunjukkan Sakramen-sakramen inisiasi
  19. Peserta didik mampu menunjukkan arti dari kata baptizein atau baptismos
  20. Peserta didik mampu menunjukkan inti perdebatan antara Yesus dengan Nikodemus tentang kelahiran kembali dalam Injil
  21. Peserta didik mampu menunjukkan salah satu makna dari sakramen babtis.
  22. Peserta didik mampu menyebutkan sakramen-sakramen inisiasi.
  23. Peserta didik mampu menunjukkan asal kata Ekaristi
  24. Peserta didik mampu menunjukkan arti kata Ekaristi
  25. Peserta didik mampu menyebutkan pemberi Sakramen Krisma yang sesungguhnya menurut KHK.
  26. Peserta didik mampu menyebutkan nama lain dari Sakramen Tobat.
  27. Peserta didik mampu menunjukkan salah satu Sakramen yang landasan biblisnya (Kitab Suci) Kis 9:43.
  28. Peserta didik mampu menunjukkan salah satu sifat Allah berdasarkan kisah Perumpamaan tentang anak yang hilang.
  29. Peserta didik mampu menunjukkan hal yang bukan akibat dari dosa
  30. Peserta didik mampu menyebutkan sikap sang ayah terhadap anak bungsu ketika ia kembali ke rumah.
  31. Peserta didik mampu menunjukkan ucapan Yesus ketika duduk bersama para rasul menjelang perjamuan malam terakhir.
  32. Peserta didik mampu menunjukkan imam sebagai lambang Kristus sendiri dalam perayaan Ekaristi.
  33. Peserta didik mampu menunjukkan perayaan Ekaristi yang dirayakan setiap hari Minggu sebagai tanda kehadiran Yesus.
  34. Peserta didik mampu menunjukkan arti Pentakosta.
  35. Peserta didik mampu menunjukkan Sakramen pengurapan yang diadakan oleh Kristus sebagai penyelamatan bagi orang yang sakit keras.
  36. Peserta didik mampu menunjukkan  arti kesembuhan bagi orang yang sakit yakni tidak takut akan kematian.
  37. Peserta didik mampu menunjukkan sakramen yang diterima oleh seseorang sebelum menerima pengurapan.
  38. Peserta didik mampu menunjukkan perayaan ekaristi sebagai kenangan masa lampau dan menghadirkan kembali kurban Yesus Kristus.
  39. Peserta didik mampu menunjukkan alasan orang Yahudi berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani bersungut-sungut menurut Kis 6:1-6
  40. Peserta didik mampu menunjukkan isi Dokumen Gaudium et Spes artikel 1.
  41. Peserta didik mampu menuliskan 5 langkah untuk bertobat!
  42. Peserta didik mampu menjelaskan 3 aspek dalam karya penyelamatan Yesus!
  43. Peserta didik mampu menulis dan menjelaskan 4 masa dan 3 tahap dalam penerimaan Sakramen Baptis!
  44. Peserta didik mampu menulis  dan menjelaskan masing-masing  5 kegiatan Pelayanan Gereja!
  45. Peserta didik mampu menuliskan 4 makna Penerimaan Sakramen Pengurapan Orang Sakit!

Praktek:

Tuliskan doa dengan tema (masing-masing minimal 5 baris)

a.  Mohon kesembuahan semua orang yang sedang sakit berat!

b.  Mohon keteguhan dalam iman!














KISI-KISI AGAMA KATOLIK KELAS VIII SEMESTER GENAP

  

 

Materi

Indikator

 

 Yesus mengutus Roh Kudus

 

 

 

 

 

 Roh Kudus memberikan daya kekuatan

 


Gereja sebagai Paguyuban

 

 

Gereja sebagai tanda dan sarana penyelamatan manusia

 

 

 

 Sakramen Baptis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Sakramen Ekaristi

 

Sakramen Krisma

 

Sakramen Tobat

Sakramen Pengurapan Orang Sakit

 Sakramen Tobat

 

 

 

 

Sakramen Ekaristi

 

 

 

 

 

Sakramen Pengurapan Orang Sakit

 

 


Sakramen Ekaristi

 

Gereja sebagai Paguyuban

 

 

 

 

 

 Sakramen Tobat

Sakramen Baptis

 

 

 

Tugas Pelayanan Gereja

 

 

Sakramen Pengurapan orang sakit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 1.         Peserta didik mampu menunjukkan arti kata Parakletos sebagai             sebutan untuk Roh Kudus.

       2.      Peserta didik mampu menunjukkan gambaran Roh Kudus                      menurut   Yesus.

       3.      Peserta didik mampu menunjukkan tanda kehadiran Roh Kudus              pada peristiwa Pentakosta menurut Kis 2: 1-2.

       4.      Peserta didik mampu menunjukkan simbol kehadiran Roh Kudus           dalam rupa lidah-lidah api pada peristiwa Pentakosta.

       5.      Peserta didik mampu menunjukkan peristiwa yang                                  mencengangkan para rasuk pada saat turunnya Roh Kudus atas              para rasul

       6.      Peserta didik mampu menunjukkan arti kata Komunio.

       7.      Peserta didik mampu menunjukkan Gereja Perdana sebagai                    sebutan  murid-murid Yesus yang pertama .

       8.      Peserta didik mampu menunjukkan isi dari Kisah Para Rasul                  2:41-47.

       9.      Peserta didik mampu menyebutkan anggota Gereja yang bersedia          memberikan dirinya untuk mengucapkan tiga kaul.

       10.  Peserta didik mampu menunjukkan tanda yang tidak kelihatan di           dalam symbol mengungkapkan sesuatu yang tidak kelihatan.

       11.   Peserta didik mampu menyebutkan pengertian dari sakramen.

       12.  Peserta didik mampu menyebutkan asal kata Sakramen.

       13.  Peserta didik mampu menyebutkan  sakramen yang pertama kali           diterima oleh anggota Gereja.

       14.  Peserta didik mampu menyebutkan sakramen yang diterima oleh           seorang suster.

       15.  Peserta didik mampu menyebutkan sakramen yang diterima oleh           seorang imam.

       16.  Peserta didik mampu menunjukan arti kata inire atau initiare

       17.  Peserta didik mampu menunjukan asal  dari kata inisiasi.

       18.  Peserta didik mampu menunjukkan Sakramen-sakramen inisiasi

       19.  Peserta didik mampu menunjukkan arti dari kata baptizein atau             baptismos

       20.  Peserta didik mampu menunjukkan inti perdebatan antara Yesus             dengan Nikodemus tentang kelahiran kembali..

       21.  Peserta didik mampu menunjukkan salah satu makna dari                       sakramen babtis.

       22.  Peserta didik mampu menyebutkan sakramen-sakramen inisiasi.

       23.  Peserta didik mampu menunjukkan asal kata Ekaristi

       24.  Peserta didik mampu menunjukkan arti kata Ekaristi

       25.  Peserta didik mampu menyebutkan pemberi Sakramen Krisma               yang sesungguhnya menurut KHK.

        26.  Peserta didik mampu menyebutkan nama lain dari Sakramen                 Tobat.

       27.  Peserta didik mampu menunjukkan salah satu Sakramen yang               landasan biblisnya Kis 9:43

       28.  Peserta didik mampu menunjukkan salah satu sifat Allah                       berdasarkan kisah Perumpamaan tentang anak yang hilang.

       29.  Peserta didik mampu menunjukkan hal yang bukan akibat dari               dosa

       30.  Peserta didik mampu menyebutkan sikap sang ayah terhadap anak         bungsu ketika ia kembali ke rumah.

       31.  Peserta didik mampu menunjukkan ucapan Yesus ketika duduk             bersama para rasul menjelang perjamuan malam terakhir.

 32.  Peserta didik mampu menunjukkan imam sebagai lambang                     Kristus  sendiri dalam perayaan Ekaristi.

      33.  Peserta didik mampu menunjukkan perayaan Ekaristi yang                    dirayakan setiap hari Minggu sebagai tanda kehadiran Yesus.

      34.  Peserta didik mampu menunjukkan arti Pentakosta.

      35.  Peserta didik mampu menunjukkan Sakramen pengurapan yang            diadakan oleh Kristus sebagai penyelamatan bagi orang yang sakit        keras.

      36.  Peserta didik mampu menunjukkan  arti kesembuhan bagi orang            yang sakit yakni tidak takut akan kematian.

      37.  Peserta didik mampu menunjukkan sakramen yang diterima oleh          seseorang sebelum menerima pengurapan.

      38.  Peserta didik mampu menunjukkan perayaan ekaristi sebagai                kenangan masa lampau dan menghadirkan kembali kurban Yesus          Kristus.

     39.  Peserta didik mampu menunjukkan alasan orang Yahudi berbahasa       Yunani terhadap orang-orang Ibrani bersungut-sungut menurut Kis         6:1.

     40.  Peserta didik mampu menunjukkan isi Dokumen Gaudium et Spes         artikel 1. 

Essay:

 

     41.  Peserta didik mampu menuliskan 5 langkah untuk bertobat!

     42.  Peserta didik mampu menjelaskan 3 aspek dalam karya                           penyelamatan Yesus!

     43.  Peserta didik mampu menulis dan menjelaskan 4 masa dan 3 tahap       dalam penerimaan Sakramen Baptis!

     44.  Peserta didik mampu menulis  dan menjelaskan masing-masing  5         kegiatan Pelayanan Gereja!

     45.  Peserta didik mampu menuliskan 4 makna Penerimaan Sakramen         Pengurapan Orang Sakit!

 

Praktek:

Tuliskan doa dengan tema (masing-masing minimal 5 baris)

a.   Mohon kesembuahan semua orang yang sedang sakit berat!

b.   Mohon keteguhan dalam iman!

Materi Agama Katolik

SANTO AMBROSIUS, USKUP DAN PUJANGGA GEREJA

Santo Ambrosius, Uskup dan Pujangga Gereja Tanggal Pesta: 7 Desember Ambrosius lahir pada tahun 334 di Trier, Jerman dari sebuah keluarga Kr...