Postingan

Materi Agama Katolik

KISI-KISI AGAMA KELAS VII PAT GENAP 2024

  Disajikan teks Kitab Suci, 1 Korintus 13: 1-13. Peserta didik dapat menunjukkan hal yang nilainya paling tinggi menurut santo Paulus dalam perikop tersebut. Disajikan teks Kitab Suci. Siswa mampu menunjukkan modep persahabatan antara Jonathan dan Daud. Disajikan teks Kitab Suci, Injil Yohanes 7:53-8:1-11. Siswa mampu menyebutkan Sikap Yesus terhadap  perempuan yang kedapatan berbuat zinah berdasarkan Injil  Yohanes 7: 53-8:1-11. Disajikan teks Injil Yohanes 10:14: “ Akulah gembala yang baik, dan Aku mengenal domba-dombaKu dan domba-dombaKu mengenal Aku”.  Siswa dapat menunjukkan siapa domba-domba yang dimaksudkan oleh Yesus dalam teks tersebut. Siswa dapat menunjukkan kalimat  yang tepat untuk melengkapi teks Injil Yohanes 15: 17. Siswa dapat menunjukkan sifat-sifat kasih menurut Rasul Paulus suratnya kepada orang Korintus ( 1 Korintus 13: 4-8)   Siswa dapat menunjukan istilah atau sebutan pengampunan Tuhan atas seseorang dalam penerimaan Sakramen Tobat melalui imam. Peserta didik m

KITAB SUCI PERJANJIAN BARU

Gambar
Arti Kitab Perjanjian Baru Kitab Perjanjian Baru (PB), adalah bagian dari Alkitab Kristen yang ditulis setelah kelahiran Yesus Kristus. Kata "Perjanjian Baru" merupakan terjemahan dari bahasa Latin, Novum Testamentum, yang merupakan terjemahan Yunani: ΗΚαινη Διαθηκη, I Keni Diathiki. Umat Kristen awal berpendapat bahwa kitab ini merupakan penggenapan isi nubuat yang ada di Alkitab yang sudah ada dan kemudian diberi nama Perjanjian Lama. Perjanjian Baru kadang-kadang disebut sebagai Kitab Yunani Kristen karena ditulis dalam bahasa Yunani oleh para pengikut Yesus yang belakangan dikenal sebagai Kristen. 1. Mengenal Kitab Perjanjian Baru Perjanjian Baru terdiri dari dua puluh tujuh kitab yang semuanya ditulis dalam bahasa Yunani antara tahun 50 M hingga 140 M. Perjanjian Baru meliputi Injil, Kisah Para Rasul, Epistula atau Surat-surat dan Kitab Wahyu. Tema inti Perjanjian Baru adalah Yesus Kristus; pribadi-Nya, pesan-Nya, sengsara-Nya, wafat serta kebangkitan-Nya, identitas-Nya

TANGGAPAN ATAS PEWARTAAN YESUS

  Pewartaan Yesus untuk menegakkan Kerajaan Allah mengundang reaksi yang  beragam dalam masyarakat yahudi saat itu, ada yang menerima dan ada yang menolak,  adapun meraka itu adalah:  1. Yang menerima Pewartaan Yesus  ∙ Orang Miskin dan Sederhana  ∙ Para pendosa yang mau bertobat  ∙ Orang-orang sakit  ∙ Kaum wanita dan anak-anak  2. Yang Menolak Pewartaan Yesus  ∙ Tokoh Agama (Para Imam kepala)  ∙ Tokoh Intelektual (Ahli Taurat)  ∙ Orang-orang Farisi  ∙ Para Penguasa  ∙ Orang-orang kaya yang memeras rakyat dan mapan  Apapun yang dialami Yesus dalam mewartakan Kerajaan Allah dapat dialami oleh siapapun.  Orang yang berbuat baik belum tentu akan diterima dengan baik, kadang-kadang  penolakan yang menyakitkan yang diterima.  Contoh : peristiwa tragis yang diterima para pekerja sosial dan orang yang  berjuang menegakkan kebenaran dan keadilan harus menerima kenyataan pahit dalam  hidupnya seperti:  ∙ Difitnah  ∙ Keluarganya diancam  ∙ Diteror  ∙ Bahkan nyawa menjadi taruhan atas perjuangan

MATERI AGAMA KATOLIK KELAS VII: PERAN SEKOLAH BAGI PERKEMBANGANKU

Gambar
    Lembaga Pendidikan baik formal, informal maupun nonformal atau “Sekolah” mempunyai peran yang strategis dalamm membantu proses pembentukan diri seseorang. Bahkan banyak orang tua yang mengandalkan sekolah sebagai wadah utama pembinaan anak-anaknya. Pendidik utama dan terutama adalah Orang Tua , sedangkan sekolah hanya bersifat membantu. Tetapi sejalan dengan berkembangnya Profesionalisme dalam segala bidang, Sekolah akhirnya menjadi tumpuan utama. Kenyataan ini memang benar adanya, Sekolah menjadi tempat orang mendapatkan banyak: Pengetahuan Wawasan Ketrampilan Untuk hidup ditengah masyarakat dan pada akhirnya semua orang sangat terbantu memeperkembangkan dirinya berkat Sekolah. Yang di maksud “ SEKOLAH ” meliputi banyak aspek sarana dan prasarana, terutama manusia-manusia yang ada didalamnya. Merakalah yang berperan leih banyak dalam proses pembentukan diri. Mereka mempunyai peran masing-masing yang tidak pernah dapat dilupakan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

MATERI KELAS XII: MEMPERJUANGKAN KEJUJURAN

Gambar
    A.     Arti dan makna Kejujuran Dalam kamus besar Bahasa Indonesia ditulis, jujur berarti tidak curang dan tidak berbohong.Jujur juga kerap diartikan satunya kata dengan perbuatan.Jujur juga kerap diartikan satunya kata dengan perbuatan.Apa yang ada di dalam hati sama dengan apa yang di katakana. Makna kejujuran dapat disebut antara lain: Ø   Kejujuran dapat menjadi modal utama untuk perkembangan pribadi dan kemajuan kelompok. Orang yang jujur akan sanggupmenerima kenyataan pada diri sendiri, pada orang lain dan kelompok. Sikap ini dapat membawa banyak perkembangan pribadi dan kelompok. Ø   Kejujuran menimbulkan kepercayaan yang menjadi landasan pergaulan dan hidup bersama! Tanpa kekujuran orang tidak dapat bergauldan hidup secara wajar. Ø   Kejujuran dapat memecahkan banyak persoalan. Baik persoalan pribadi, kelompok, masyarakat maupun Negara. B.      Bagaimana memperjuangkan kejujuran? Ø   Kejujuran adalah suatu sikap yang tidak dapat dicapai dengan suatu program jangkapendek yan

MATERI KELAS XII: MEMPERJUANGKAN KEBENARAN

Gambar
  Bentuk-bentuk Kebohongan Berdusta atau saksi dusta:. Berdusta berarti mengatakan yang tidak benar dengan maksud untuk menyesatkan.Dusta adalah pelanggaran paling langsung terhadap kebenaran. Rekayasa atau manipulasi. Rekayasa atau manipulasi berarti menyiasasti atau membawa orang lain kepada suatu tujuan yang menguntungkan diri sendiri, yang mungkin saja orang lain mendapat rugi. Asal bapak senang (ABS). Kata-kata dan sikap manis yang dialkukan sekedar untuk menyenagkan atasan, yang mungkin saja jauh dari kebenaran. Fitnah dan umpatan. Fitnah dan umpatan adalah tindakan yang sangat jahat, sebab yang difitnah tidak hadir untuk membela diri. Fitah dapat berkemabng tanpa saringan. B.      Sebab-sebab Kebohongan  Orang berbohong hanya sekedar iseng. Orang dapat berbohong hanya karena mau menikmati kesenangan murahan.\ Orang berbohong untuk memperoleh keuntungan tertentu.Para pedagang misalnya dapat berbohong, supaya mendapat untuk sebesar-besarnya. Orang berbohong karena berada dalam sit

MATERI KELAS XII: MEMPERJUANGKAN KEADILAN

Gambar
a.     Kasus-kasus Ketidakadilan: dalam sejarah bangsa kita, sejak jaman penjajahan Belanda, pendudukan Jepang, kemudian pada jaman demokrasi terpimpin, dan rezim orde baru, rakyat kecil sering mengalami tindakan yang tidak adil. Pada zaman reformasi ini pun ketidakadilan itu tidak surut, tetap berlangsung. Ketidakadilan itu tampak nyata dalam bentuk-bentuk antara lain: Tindakan perampasan dan penggusuran hak milik orang, pencurian, perampokan, dan korupsi:  Tindakan pemerasan, KKN, dan rekayasa.  Tindakan atau keengganan membayar utang, termasuk kredit macet, yang berbuntut merugikan rakyat kecil, dan sebagainya. Semua tindakan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat kita, sadar atau tidak sadar, sering tidak menghormati hak miliki orang, termasuk hak miliki masyarakat dan Negara. b.       Akar Masalah Ketidakadilan Berbagai ketidakadilan yang menyengsarakan dan memiskinkan mayoritas bangsa kita lebih banyak disebabkan atas sistem dan struktur sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang d

Yesus Kristus, Pejuang Keadilan, Kejujuran, Kebenaran dan Kedamaian

Gambar
  Pengantar: Hampir seluruh pemimpin negara dan tokoh agama menyampaikan ucapan dukacitanya. Semuanya mengungkapkan rasa hormat atas kebijaksanaan, keteladanan, kebapaan dari pemimpin umat Katolik sedunia itu. Salah satu tokoh itu adalah Syeikh Agung Al-Azhar Prof Dr. Mohamad Sayed Tantawi. Ia menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Sri Paus Johanes Paulus II seraya mengenang bahwa pemimpin umat Katholik se-dunia itu telah mewariskan prinsip-prinsip dasar dialog antar-agama. Baginya, mendiang Sri Paus Paulus II telah meletakkan prinsip-prinsip dasar dialog antaragama yang merupakan warisan pemikiran berharga bagi perdamaian umat manusia. Pemimpin universitas Islam tertua di dunia ini telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Sri Paus untuk upaya dialog-antar Islam-Kristen itu. Syekh memuji Sri Paus sebagai tokoh dunia yang ikhlas dan tabah memperjuangkan perdamaian antar-umat beragama. Menurut Syeikh dunia membutuhkan keikhlasan dan kejujuran seorang pemimpin dalam memperjua