Materi Agama Katolik
MATERI KELAS IX: KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
No. |
Materi |
Kelas/ Semester |
Kisi-Kisi
|
Bentuk
Soal |
No. Soal |
1 |
Citra Allah |
VII/1 |
Peserta didik mampu
menjelaskan keunikan
manusia sebagai Citra Allah berdasarkan Kejadian 1: 26-28 |
PG |
1 |
2 |
Tugasku sebagai Citra Allah |
VII/1 |
Peserta didik mampu
memberi contoh tindakan manusia sesuai keberadaan dirinya sebagai Citra Allah |
PG |
2 |
3 |
Kemampuan |
VII/1 |
Disajikan kutipan ayat
dari Injil Matius 25: 14-30
tentang talenta, peserta didik mampu memberi contoh sikap dalam menanggapi
pesan teks tersebut |
PG |
3 |
4 |
Keterbatasan |
VII/1 |
Disajikan pesan Kitab Suci
tentang keterbatasan manusia, peserta didik mampu memberi contoh sikap hidup yang baik dalam menghadapi keterbatasan diri |
URAIAN |
41 |
5 |
Mengembangkan Diri sebagai Laki-laki atau Perempuan |
VII/1 |
Peserta didik mampu
menentukan berbagai cara untuk mengembangkan seksualitas bagi laki-laki atau
perempuan sebagai anugerah Allah |
PG |
4 |
6 |
Peran teman terhadap Perkembangan Dirinya |
VII/1 |
Disajikan Teks Kitab Suci
tentang pertemanan. Peserta didik mampu memberi contoh sikap berteman yang baik dalam
hidup sehari-hari |
PG |
5 |
7 |
Peran Sekolah terhadap Perkembangan Dirinya |
VII/2 |
Peserta didik mampu
menyebutkan peran warga sekolah dalam perkembangan dirinya, berdasarkan
dokumen Gereja Gravissimum Educationis
Artikel 5 |
PG |
6 |
8 |
Peran Keluarga terhadap Perkembangan Dirinya |
VII/2 |
Disajikan ajaran
Gereja tentang peran keluarga, peserta didik mampu menjelaskan peran keluarga
dalam perkembangan dirinya |
PG |
7 |
9 |
Yesus yang Peduli pada Penderitaan Sesama |
VII/2 |
Disajikan teks Kitab Suci
tentang keteladanan Yesus yang peduli terhadap penderitaan sesama, peserta
didik mampu memberi contoh bentuk kepedulian yang mampu dilakukan dalam
kehidupan sehari-hari |
PG |
8 |
10 |
Sabda Bahagia |
VII/2 |
Disajikan kutipan ayat
Injil Matius 5:1-12, peserta didik mampu menerapkan isi dari “Sabda Bahagia” |
PG |
9 |
11 |
Ke-Allahan dan Ke-manusiaan Yesus |
VIII/1 |
Disajikan kutipan teks
Injil Lukas 2:8-20, peserta didik mampu menunjukkan ciri-ciri pribadi Yesus |
PG |
10 |
12 |
Yesus Mewartakan Kerajaan Allah |
VIII/1 |
Disajikan gambar peristiwa Yesus membuat mukjizat, peserta
didik mampu memberi contoh tindakan peduli yang sesuai dengan gambar tersebut
|
PG |
11 |
13 |
Cara Hidup Murid Yesus |
VIII/1 |
Disajikan kutipan teks Kisah Para Rasul 2: 41-47,
peserta didik mampu memberi contoh cara hidup jemaat perdana yang masih tetap
dihayati pada jaman sekarang ini |
PG |
12 |
14 |
Kebangkitan Yesus |
VIII/1 |
Disajikan kutipan teks
Lukas 24:4-7, peserta didik mampu merumuskan pesan yang berkaitan dengan
kebangkitan Yesus bagi remaja saat ini
|
URAIAN |
42 |
15 |
Gereja sebagai Paguyuban |
VIII/1 |
Peserta didik mampu
memberi contoh peran Roh Kudus pada Gereja perdana atau gereja masa kini |
PG |
13 |
16 |
Yesus Mengutus Roh Kudus |
VIII/1 |
Disajikan kutipan teks
Kitab Suci tentang pengaruh Roh Kudus dalam diri para Rasul, peserta didik
mampu menjelaskan pengaruh Roh Kudus bagi para murid Yesus |
PG |
14 |
17 |
Gereja sebagai Paguyuban |
VIII/2 |
Disajikan pernyataan
macam-macam peran anggota Gereja. Peserta didik mampu menentukan peran |
PG |
15 |
18 |
Aneka Pelayanan Gereja |
VIII/2 |
Disajikan gambar, peserta
didik mampu memberi contoh peran remaja di dalam mewujudkan |
PG |
16 |
19 |
Gereja sebagai Tanda dan Sarana Keselamatan Manusia |
VIII/2 |
Disajikan narasi/berita
tentang pandemi covid-19 saat seseorang sedang mengidap covid-19, peserta
didik mampu menjelaskan gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan. |
URAIAN |
43 |
20 |
Sakramen Inisiasi |
VIII/2 |
Disajikan macam-macam
sakramen, peserta didik mampu menentukan salah satu sakramen yang termasuk
dalam sakramen inisiasi |
PG |
17 |
21 |
Sakramen Tobat |
VIII/2 |
Disajikan kutipan teks
Injil Lukas 15: 11-32. peserta didik mampu menemukan sikap positif dari
tokoh-tokoh dalam bacaan Kitab Suci tersebut |
PG |
18 |
22 |
Sakramen Tobat |
VIII/2 |
Disajikan cerita tentang
pertobatan, peserta didik mampu menghubungkan bentuk pertobatan tokoh dalam
cerita dengan ajaran Yesus |
PG |
19 |
23 |
Sakramen Pengurapan Orang Sakit |
VIII/2 |
Disajikan teks Kitab Suci
tentang cara Gereja memberikan pendampingan orang sakit |
PG |
20 |
24 |
Allah Sumber Keselamatan Sejati |
IX/1 |
Disajikan kutipan teks
Kitab Suci tentang sumber keselamatan, peserta didik mampu menemukan
sumber-sumber keselamatan menurut teks Kitab Suci tersebut |
PG |
21 |
25 |
Beriman sebagai Tanggapan Atas Karya Keselamatan |
IX/1 |
Disajikan kutipan ayat
surat Yakobus 2: 14-26, peserta didik mampu memberikan contoh cara mewujudkan
iman di lingkungan sekolah |
PG |
22 |
26 |
Praktik Hidup Beriman |
IX/1 |
Disajikan kutipan teks
Kitab Suci tentang praktik hidup beriman, peserta didik mampu menunjukan bentuk konkret
keterlibatannya sebagai remaja beriman dalam pelayanan gereja |
PG |
23 |
27 |
Iman dan Kebersamaan dalam Jemaat |
IX/1 |
Peserta didik mampu menunjukkan contoh konkret perannya
dalam kegiatan di lingkungan |
PG |
24 |
28 |
Iman dan Kebersamaan dalam Jemaat |
IX/1 |
Disajikan kutipan teks
Kisah Para Rasul 2: 41-47, peserta didik mampu menentukan bentuk-bentuk perwujudan iman
bersifat sosial |
PG |
25 |
29 |
Iman dan Kebersamaan dalam Jemaat |
IX/1 |
Peserta didik mampu
memberi contoh kegiatan-kegiatan pengembangan iman dalam hidup sehari-hari |
PG |
26 |
30 |
Hak dan Kewajiban sebagai Anggota Gereja |
IX/1 |
Peserta didik mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai
anggota Gereja menurut hukum Gereja |
PG |
27 |
31 |
Keluhuran Martabat Manusia |
IX/2 |
Disajikan daftar perilaku
manusia dalam hidup sehari-hari, peserta didik mampu menemukan perilaku yang
menunjukkan penghargaan martabat manusia seperti tertulis dalam daftar |
PG |
28 |
32 |
Mengembangkan Budaya Kehidupan |
IX/2 |
Disajikan kutipan ayat Kitab Suci Matius 9:18-26 tentang
mengembangkan budaya kehidupan, peserta didik mampu memberi contoh sikap
hormat terhadap kehidupan |
PG |
29 |
33 |
Mengembangkan Keadilan dan Kejujuran |
IX/2 |
Disajikan teks Kitab Suci Kisah
Para Rasul 5:1-15 tentang kejujuran. Peserta didik mampu memberi contoh
tindakan kejujuran dalam hidup sehari-hari |
PG |
30 |
34 |
Mengembangkan Keadilan dan Kejujuran |
IX/2 |
Peserta didik mampu
memberi contoh tindak keadilan dalam kehidupan sehari-hari |
PG |
31 |
35 |
Alam Sebagai Bagian Hidup Manusia |
IX/2 |
Disajikan kutipan tentang teks Kitab Suci tentang alam
sebagai bagian hidup manusia, peserta didik mampu menganalisis penyebab
kerusakan alam sesuai gambar |
PG |
32 |
36 |
Bersahabat dengan Alam |
IX/2 |
Disajikan teks Kitab Suci
Kejadian 1: 26-31. Peserta didik mampu menemukan tugas manusia terhadap
ciptaan Allah |
PG |
33 |
37 |
Bersahabat dengan Alam |
IX/2 |
Disajikan pernyataan
mengenai kerusakan alam. Peserta didik mampu memecahkan masalah kerusakan
alam sesuai yang terungkap dalam
pernyataan |
URAIAN |
44 |
38 |
Kemajemukan Agama dan Kepercayaan |
IX/2 |
Peserta didik mampu
menyebutkan upaya-upaya membangun sikap toleransi antar umat beragama dalam
hidup sehari-hari |
PG |
34 |
39 |
Sikap Gereja Katolik Terhadap Agama dan Kepercayaan lain |
IX/2 |
Disajikan dokumen Gereja Nostra
Aetate Artikel 1. peserta didik mampu
menentukan sikap Gereja Katolik terhadap agama lain sesuai dengan artikel
tersebut |
PG |
35 |
40 |
Kebersamaan itu Indah |
IX/2 |
Disajikan cerita tentang
kebersamaan dengan orang lain yang berbeda agama, peserta didik mampu
menentukan usaha mewujudkan kebersamaan dengan pemeluk agama lain seperti
terungkap dalam cerita |
PG |
36 |
41 |
Cita-cita demi Menggapai Masa Depan |
IX/2 |
Disajikan teks Kitab Suci Filipi
3: 13-14. Peserta didik mampu menganalisa hubungan antara teks kitab suci
dengan pentingnya cita-cita untuk
meraih masa depan |
PG |
37 |
42 |
Sakramen Perkawinan |
IX/2 |
Disajikan teks Matius
19:6. Peserta didik mampu menganalisa sifat perkawinan dalam Gereja Katolik |
PG |
38 |
43 |
Sakramen Perkawinan |
IX/2 |
Peserta didik mampu
membandingkan pandangan masyarakat
dengan pandangan Gereja tentang perkawinan |
URAIAN |
45 |
44 |
Sakramen Imamat |
IX/2 |
Disajikan isi Kitab Hukum Kanonik
(KHK) Kanon 1008 tentang sakramen
imamat. Peserta didik mampu menjelaskan tugas seorang imam dalam Gereja |
PG |
39 |
45 |
Sakramen Imamat |
IX/2 |
Peserta didik mampu menjelaskan
salah satu kaul atau janji yang dihayati para imam dalam sakramen imamat |
PG |
40 |
Komentar
Posting Komentar