Materi: Aku Pribadi yang unik
- Setiap orang diciptakan oleh Allah secara berbeda. Peserta didik mampu menjelaskan apa yang membuat mereka berbeda dari orang lain!
- Peserta didik mampu menggambar simbol diri (misalnya: air, bunga mawar, matahari, pohon, dll) dan menjelaskan mengapa mereka memilih gambar itu sebagai simbol dirinya!
- Peserta didik mampu menuliskan keunikan manusia dalam Kitab Suci, khususnya Kejadian 1:26-30!
Materi:
Mengembangkan Karunia Tuhan
- Disajikan teks teks Kitab Suci Perjanjian Baru “ Perumpamaan tentang Talenta (Matius 25: 14-30) . Peserta didik mampu:
- Menuliskan siapa saja tokoh dalam perumpamaan yang disampaikan oleh Yesus tersebut dan apa saja peran mereka masing-masing!
- Menuliskan
2 sikap yang ditunjukan oleh hamba-hamba itu, dalam menanggapi talenta!
- Menuliskan
sikap tuan atas sikap hamba-hambanya terhadap talenta yang diberikan!
- Peserta didik mampu menjelaskan apa sebenarnya yang dimaksudkan oleh Yesus dari perumpamaan tentang talenta!
- Berdasarkan
Kisah tentang talenta, Peserta didik mampu menjelaskan bagaimana sikap Tuhan
terhadap hamba pertama dan hamba yang ke dua ketika diminta
mempertanggungjawakan talenta yang diberikan!
Materi: Kesetaraan
laki-laki dan perempuan
- Keberadaan
manusia sebagai citra Allah didasari
oleh beberapa hal. Peserta didik mampu menuliskan hal-hal apa saja yang
mendasari keberadaan manusia sebagai citra Allah!
- Peserta
didik mampu menuliskan perbedaan antara laki-laki dan perempuan berdasarkan
ciri fisik dan psikologis!
- Peserta
didik mampu menuliskan 5 jalan keluar untuk menjauhi sikap diskriminatif dan
fanatisme!
- Peserta
didik mampu menjelaskan apa yang dimaksudkan dengan ungkapan: laki-laki dan perempuan itu sederajat!
Materi:
Mengembangkan Karunia Tuhan
- Peserta didik mampu menuliskan langkah - langkah apa saja yang akan dilakukan agar kamu memiliki kemampuan yang lebih seperti yang anda harapkan!
Materi: Keluhuran
manusia sebagai citra Allah
- Baca
Kisah tentang “Orang Samaria yang baik hati” (Lukas 10:25-37). Berdasarkan kisah tersebut,peserta didik mampu
menjelaskan bagaimana kita seharusnya memperlakukan orang lain?
- Peserta
didik mampu menjelaskan maksud Yesus menyampaikan perumpamaan tentang “Orang Samaria yang baik hati”berdasarkan Lukas 10: 25-37!
Materi: Suara Hati
- Peserta
didik mampu menuliskan pengertian hati nurani dalam artian yang luas dan arti yang sempit!
- Peserta
didik mampu menjelaskan bagaimana hati nurani itu bertindak dari segi waktu: sebelum, pada saat dan sesudah tindakan itu dilakukan!
- Peserta didik mampu menjelaskan cara kerja hati nurani berdasarkan benar - tidaknya suatu tindakan!
- Peserta didik mampu menjelaskan cara kerja hati nurani berdasarkan pasti - tidaknya sebuah tindakan!
- Peserta
didik mampu menuliskan pedoman yang dapat dipegang dalam bertindak seturut kehendak hati nurani!
- Disajikan
contoh Kasus: Peserta didik mampu menyampaikan nasehat kepada pasangan remaja terkait kasus mereka, dan mampu memberikan solusi ang terbaik yang mereka tawarkan berdasarkan moral katolik!.
- Peserta didik mampu menuliskan sebuah doa (minimal 5 baris): syukur atas hidup kita dan mohon bimbingan Tuhan dalam menghadapi PTS!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar