Materi Agama Katolik

KISI-KISI AGAMA KELAS VII PAT GENAP 2024

  Disajikan teks Kitab Suci, 1 Korintus 13: 1-13. Peserta didik dapat menunjukkan hal yang nilainya paling tinggi menurut santo Paulus dalam perikop tersebut. Disajikan teks Kitab Suci. Siswa mampu menunjukkan modep persahabatan antara Jonathan dan Daud. Disajikan teks Kitab Suci, Injil Yohanes 7:53-8:1-11. Siswa mampu menyebutkan Sikap Yesus terhadap  perempuan yang kedapatan berbuat zinah berdasarkan Injil  Yohanes 7: 53-8:1-11. Disajikan teks Injil Yohanes 10:14: “ Akulah gembala yang baik, dan Aku mengenal domba-dombaKu dan domba-dombaKu mengenal Aku”.  Siswa dapat menunjukkan siapa domba-domba yang dimaksudkan oleh Yesus dalam teks tersebut. Siswa dapat menunjukkan kalimat  yang tepat untuk melengkapi teks Injil Yohanes 15: 17. Siswa dapat menunjukkan sifat-sifat kasih menurut Rasul Paulus suratnya kepada orang Korintus ( 1 Korintus 13: 4-8)   Siswa dapat menunjukan istilah atau sebutan pengampunan Tuhan atas seseorang dalam penerimaan Sakramen Tobat melalui imam. Peserta didik m

KISI-KISI PAT SEMESTER GENAP KELAS XI SMA MARIE JOSEPH 2024

  1. Siswa menyebutkan fungsi doa
  2.  Siswa menyebutkan bentuk ibadat yang termasuk dalam sakramentalia
  3. Siswa menyebutkan keterlibatan umat dalam bidang: liturgia, Diakonia, Koinonia, Kerygma, Martyria.
  4. Siswa mampu menunjukkan pandangan dunia pada masa lampau
  5.  Siswa mampu menunjukkan hal yang menunjukkan  manusia itu bermartabat luhur dan mulia.
  6. Siswa mampu menunjukkan hal-hal  yang dimiliki manusia sebagai ciptaan yang istimewa.
  7. Siswa mampu menunjukkan beberapa hal pokok seperti disarankan oleh Gaudium et Spes yang harus menjadi perhatian utama masa kini berhubungan dengan masyarakat manusia
  8. Siswa mampu menyebutkan nama yang dipilih oleh Roncalli ketika terpilih menjadi Paus
  9. Siswa mampu menunjukkan pernyataan yang termasuk Pandangan Gereja tentang dunia dan manusia sesudah Konsili Vatikan II
  10.  Siswa mampu menunjukkan salah satu tugas Gereja  yang sangat penting dan utama di dunia
  11. Disajikan teks! Siswa mampu menjelaskan pernyataan di atas merupakan salah satu krisis multi dimensi di negeri kita di bidang apa.
  12.  Sisajikan teks cerita! Siswa mampu menjelaskan krisis dibidang apakah peristiwa tersebut
  13.  Siswa mampu menjelaskan tahun berapa Ajaran Sosial Gereja dalam dunia modern berawal
  14.  Siswa mampu menyebutkan nama Paus yang mengeluarkan Ensiklik Rerum Novarum
  15. Siswa mampu menyebutkan ensiklik yang dikeluarkan Paus Pius XI pada tahun 1931, pada peringatan ke-40 tahun Rerum Novarum
  16. Siswa mampu menyebutkan bulan dan tahun Konsili Vatikan II yang digagas oleh Paus Yohanes XXIII
  17. Siswa mampu menyebutkan yang tidak termasuk  ensiklik yang dikeluarkan sesudah Konsili Vatikan II
  18. Siswa mampu menyebutkan nama Paus yang mengeluarkan Laborem Exercens, Sollicitudo Rei Socialis, Centesimus Annus
  19.  Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang tidak termasuk kendala-kendala dalam memperjuangkan masyarakat yang damai dan sejahtera
  20. Siswa mampu menyebutkan tanggal deklarasi Piagam PBB tentang hak asasi manusia (HAM)
  21.  Siswa mampu menyebutkan jumlah pasal dalam Piagam PBB tentang hak asasi manusia (HAM)
  22.  Siswa mampu menyebutkan pernyataan yang tidak termasuk bentuk-bentuk ketidakadilan terhadap perempuan
  23. Siswa mampu menyebutkan sikap Yesus terhadap kaum lemah
  24. Siswa mampu menyebutkan hal termasuk rupa-rupa dimensi kekerasan
  25. Siswa mampu menyebutkan yang termasuk wajah-wajah kekerasan
  26. Siswa mampu menyebutkan kekerasan yang merupakan Sebuah sikap dan tindakan yang melihat dunia dengan sebuah tafsiran eksploitatif
  27.  Siswa mampu menyebutkan salah satu akar dari konflik dan kekerasan dalam masyarakat
  28.  Siswa mampu menyebutkan teks Kitab Suci tentang kisah penangkapan  Yesus
  29. Siswa mampu menyebutkan salah satu usaha membangun budaya kasih sebelum terjadi konflik
  30. Siswa mampu menyebutkan sebuah istilah tindakan seorang dokter atas permintaan pasien untuk membebaskan pasien tersebut dari penderitaan yang terlalu berat yang mengakibatkan pasien penderita itu mati secara pelan-pelan dan tidak terasa
  31. Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh tindakan yang mengancam kehidupan orang lain.
  32. Siswa mampu menyebutkan Perintah keberapa dalam Sepuluh Perintah Allah yaitu Jangan membunuh
  33. Siswa mampu menyebutkan selain larangan untuk membunuh, Sikap apa yang harus dibangun sesuai dengan perintah Yesus dalam Kitab Suci Perjanjian Baru
  34.  Siswa mampu menyebutkan tindakan sebagai alasan seseorang untuk melakukan  pengguguran kandungan atau aborsi
  35.  Siswa mampu menyebutkan pernyataan yang merupakan resiko aborsi atau pengguguran kandungan
  36. Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga. ... (GS. 1)
  37. Siswa mampu menunjukkan Situasi yang paling sesuai dengan  semangat  ajaran GS 1 di atas.
  38. Gereja Katolik berjuang untuk menegakan HAM sebagai perwujudan nilai-nilai yang diajarkan oleh Yesus sendiri. Siswa mampu menyebutkan salah satu contoh tindakan sebagai usaha Gereja untuk menegakkan HAM
  39. Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau. Aku telah menetapkan engkau menjadi Nabi bagi bangsa-bangsa”.
  40. Siswa mampu menyebutkan sikap yang terinspirasi oleh teks Kitab Suci tersebut di atas.
  41. Siswa mampu menyebutkan nama ensiklik pertama yang dikeluarkan oleh Paus Leo XII.
  42. Siswa mampu menyebutkan tindakan yang melanggar perintah ke-5 dalam Sepuluh Perintah Allah.
  43. Siswa mampu menyebutkan hal yang  termasuk faktor internal yang melatarbelakangi orang mengkonsumsi narkoba
  44. Siswa mampu menyebutkan penyebab  orang bunuh diri
  45.  Disajikan kisah . Siswa mampu menunjukkan kesimpulan  yang paling  tepat  tentang  kedudukan martabat laki laki dan perempuan berdasarkan kisah tersebut.
  46. Disajikan sebuah kisah. Siswa mampu menunjukkan upaya Gereja dalam menegakkan Hak Asasi manusia yang tercermin dalam sikap tokoh dalam kisah
  47. Disajikan teks bacaan: Siswa mampu menunjukkan kesimpulan apa yang diperoleh  mengenai karunia yang diberikan Allah kepada manusia berdasarkan kisah tersebut.
  48. Arah dan pedoman Gereja dewasa ini secara jelas seperti tertera di dalam pernyataan ”Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga.....
  49.  Siswa mampu menunjukkan dokumen Gereja yang berisi pernyataan di atas.
  50. Siswa mampu menyebutkan nama Paus yang menulis Ensiklik Centesimus Annus (Tahun ke seratua)
  51. Siswa mampu menunjukkan pernyataan yang merupakan ajaran moral kristiani tentang bunuh diri dan euthanasia.
  52. Essay:
  53. Siswa mampu menjelaskan dasar pelayanan (Diakonia) dalam Gereja!
  54. Siswa mampu menulislah  4 (empat) alasan Ajaran Sosial Gereja belum terlalu dipahami dan diamalkan oleh umat Katolik di Indonesia!
  55. Siswa mampu menuliskan pengertian Ajaran Sosial Gereja (ASG)!
  56. Gereja memiliki pandangan yang jelas tentang Euthanasia. Siswa mampu menjelaskan Euthanasia dilihat  dari caranya pelaksanaannya!
  57. Siswa mempu menjelaskan menurut pendapatnya sendiri upaya-upaya agar terhindar dari, Narkoba, HIV/AIDS!
  58. Praktek:
  59.  Tuliskan sebuah doa, dengan tema: mohon agar kita tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba, HIV dan AIDS!
  60. Siswa mampu menuliskan sebuah doa dengan Tema:  menyayangi kehidupan.
  61. Menjawab soal dari tayangan video singkat. (mohon gunakan headset)

MATERI PAT: 

  • KD 3.4 : Tugas-Tugas Gereja:

  1. Gereja yang menguduskan,
  2. Gereja yang mewartakan,
  3. Gereja yang menjadi Saksi Kristus,
  4. Gereja sebagai Persekutuan,
  5. Gereja yang melayani.       
  • KD 3.5: Gereja dan Dunia:

  1.    Permasalahan yang dihadapi dunia,
  2.    Hubungan Gereja dan Dunia,
  3.    Ajaran Sosial Gereja
  • KD 3.6: Hak Asasi Manusia:
  1. HAM dalam terang Kitab Suci dan ajaran Gereja,
  2. Budaya Kekerasan versus Budaya Kasih
  3. Aborsi
  4. bunuh diri
  5. Euthanasia
  6. Hukuman mati
  7. Bebas dari HIV/AIDS dan obat terlarang

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI SUMATIF SEMESTER GANJIL KELAS VII

MATERI AGAMA KELAS VII BAB I MANUSIA CITRA ALLAH

AKU CITRA ALLAH YANG UNIK