- Siswa menyebutkan fungsi doa
- Siswa menyebutkan bentuk ibadat yang termasuk dalam sakramentalia
- Siswa menyebutkan keterlibatan umat dalam bidang: liturgia, Diakonia, Koinonia, Kerygma, Martyria.
- Siswa mampu menunjukkan pandangan dunia pada masa
lampau
- Siswa mampu
menunjukkan hal yang menunjukkan manusia itu
bermartabat luhur dan
mulia.
- Siswa mampu
menunjukkan hal-hal yang dimiliki
manusia sebagai ciptaan yang istimewa.
- Siswa mampu
menunjukkan beberapa hal pokok seperti disarankan oleh Gaudium et Spes yang
harus menjadi perhatian utama masa kini berhubungan dengan masyarakat manusia
- Siswa mampu
menyebutkan nama yang dipilih oleh Roncalli
ketika terpilih menjadi Paus
- Siswa mampu menunjukkan pernyataan yang termasuk Pandangan Gereja tentang dunia dan manusia sesudah Konsili Vatikan II
- Siswa mampu menunjukkan salah satu tugas Gereja yang sangat penting dan utama di dunia
- Disajikan teks! Siswa mampu menjelaskan pernyataan di atas
merupakan salah satu krisis multi dimensi di negeri kita di bidang apa.
- Sisajikan teks cerita! Siswa mampu menjelaskan krisis dibidang apakah peristiwa tersebut
- Siswa mampu menjelaskan tahun berapa Ajaran Sosial Gereja dalam dunia modern berawal
- Siswa mampu menyebutkan nama Paus yang
mengeluarkan Ensiklik Rerum Novarum
- Siswa mampu menyebutkan ensiklik yang dikeluarkan
Paus Pius XI pada tahun 1931, pada peringatan ke-40 tahun Rerum Novarum
- Siswa mampu menyebutkan bulan dan tahun Konsili
Vatikan II yang digagas oleh Paus Yohanes XXIII
- Siswa mampu menyebutkan yang tidak termasuk ensiklik yang dikeluarkan sesudah Konsili
Vatikan II
- Siswa mampu menyebutkan nama Paus yang
mengeluarkan Laborem Exercens,
Sollicitudo Rei Socialis, Centesimus Annus
- Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang tidak termasuk kendala-kendala dalam
memperjuangkan masyarakat yang damai dan sejahtera
- Siswa mampu menyebutkan tanggal deklarasi Piagam PBB tentang hak asasi manusia (HAM)
- Siswa mampu menyebutkan jumlah pasal dalam Piagam PBB tentang hak asasi manusia (HAM)
- Siswa mampu menyebutkan pernyataan yang tidak termasuk bentuk-bentuk ketidakadilan
terhadap perempuan
- Siswa mampu menyebutkan sikap Yesus terhadap kaum lemah
- Siswa mampu menyebutkan hal termasuk rupa-rupa dimensi kekerasan
- Siswa mampu menyebutkan yang termasuk wajah-wajah kekerasan
- Siswa mampu menyebutkan kekerasan yang merupakan Sebuah sikap dan tindakan yang melihat dunia
dengan sebuah tafsiran eksploitatif
- Siswa mampu menyebutkan salah satu akar dari konflik dan kekerasan dalam
masyarakat
- Siswa mampu menyebutkan teks Kitab Suci tentang kisah penangkapan Yesus
- Siswa mampu menyebutkan salah satu usaha membangun budaya kasih sebelum terjadi
konflik
- Siswa mampu menyebutkan sebuah istilah tindakan seorang dokter atas permintaan pasien
untuk membebaskan pasien tersebut dari penderitaan yang terlalu berat yang
mengakibatkan pasien penderita itu mati secara pelan-pelan dan tidak terasa
- Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh tindakan yang mengancam kehidupan orang lain.
- Siswa mampu menyebutkan Perintah keberapa dalam Sepuluh Perintah Allah yaitu Jangan
membunuh
- Siswa mampu menyebutkan
selain larangan untuk membunuh, Sikap apa yang harus dibangun sesuai dengan
perintah Yesus dalam Kitab Suci Perjanjian
Baru
- Siswa mampu menyebutkan tindakan sebagai alasan seseorang untuk melakukan pengguguran kandungan atau aborsi
- Siswa mampu menyebutkan pernyataan yang merupakan resiko aborsi atau pengguguran
kandungan
- “Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga. ...” (GS. 1)
- Siswa mampu menunjukkan Situasi yang paling sesuai dengan semangat ajaran GS 1 di atas.
- Gereja Katolik berjuang untuk menegakan HAM sebagai perwujudan nilai-nilai yang diajarkan oleh Yesus sendiri. Siswa mampu menyebutkan salah satu contoh tindakan sebagai usaha Gereja untuk menegakkan HAM
- “Sebelum
Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum
engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau. Aku telah
menetapkan engkau menjadi Nabi bagi bangsa-bangsa”.
- Siswa mampu menyebutkan sikap yang terinspirasi oleh teks Kitab Suci tersebut di atas.
- Siswa mampu menyebutkan nama ensiklik pertama yang dikeluarkan oleh Paus Leo XII.
- Siswa mampu menyebutkan tindakan yang melanggar perintah ke-5 dalam
Sepuluh Perintah Allah.
- Siswa mampu menyebutkan hal yang termasuk
faktor internal yang melatarbelakangi orang mengkonsumsi narkoba
- Siswa mampu menyebutkan penyebab orang bunuh diri
- Disajikan kisah . Siswa mampu menunjukkan kesimpulan yang paling tepat tentang kedudukan martabat laki laki dan perempuan berdasarkan kisah tersebut.
- Disajikan sebuah kisah. Siswa mampu menunjukkan upaya Gereja dalam menegakkan Hak Asasi manusia yang tercermin dalam sikap tokoh dalam kisah
- Disajikan teks bacaan: Siswa mampu menunjukkan kesimpulan apa yang diperoleh mengenai karunia yang diberikan Allah kepada manusia berdasarkan kisah tersebut.
- Arah dan pedoman Gereja dewasa ini secara jelas seperti tertera di dalam pernyataan ”Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga.....”
- Siswa mampu menunjukkan dokumen Gereja yang berisi pernyataan di atas.
- Siswa mampu
menyebutkan nama Paus yang menulis Ensiklik Centesimus Annus (Tahun ke seratua)
- Siswa mampu
menunjukkan pernyataan yang merupakan ajaran moral kristiani tentang bunuh diri
dan euthanasia.
- Essay:
- Siswa mampu menjelaskan dasar pelayanan (Diakonia) dalam Gereja!
- Siswa mampu menulislah 4 (empat) alasan Ajaran Sosial Gereja belum
terlalu dipahami dan diamalkan oleh umat Katolik di Indonesia!
- Siswa mampu menuliskan pengertian Ajaran Sosial
Gereja (ASG)!
- Gereja
memiliki pandangan yang jelas tentang Euthanasia. Siswa
mampu menjelaskan
Euthanasia dilihat dari caranya
pelaksanaannya!
- Siswa mempu menjelaskan menurut
pendapatnya sendiri upaya-upaya
agar
terhindar dari, Narkoba, HIV/AIDS!
- Praktek:
- Tuliskan
sebuah doa, dengan tema: mohon agar kita tidak terjerumus dalam penyalahgunaan
narkoba, HIV dan AIDS!
- Siswa mampu menuliskan sebuah doa dengan Tema: menyayangi kehidupan.
- Menjawab soal dari tayangan video singkat. (mohon gunakan headset)
MATERI PAT:
- KD 3.4 : Tugas-Tugas Gereja:
- Gereja yang menguduskan,
- Gereja yang mewartakan,
- Gereja yang menjadi Saksi Kristus,
- Gereja sebagai Persekutuan,
- Gereja yang melayani.
- KD 3.5: Gereja dan Dunia:
- Permasalahan yang dihadapi dunia,
- Hubungan Gereja dan Dunia,
- Ajaran Sosial Gereja
- KD 3.6: Hak Asasi Manusia:
- HAM dalam terang Kitab Suci dan ajaran Gereja,
- Budaya Kekerasan versus Budaya Kasih
- Aborsi
- bunuh diri
- Euthanasia
- Hukuman mati
- Bebas dari HIV/AIDS dan obat terlarang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar