Materi Agama Katolik

KISI-KISI AGAMA KELAS VII PAT GENAP 2024

  Disajikan teks Kitab Suci, 1 Korintus 13: 1-13. Peserta didik dapat menunjukkan hal yang nilainya paling tinggi menurut santo Paulus dalam perikop tersebut. Disajikan teks Kitab Suci. Siswa mampu menunjukkan modep persahabatan antara Jonathan dan Daud. Disajikan teks Kitab Suci, Injil Yohanes 7:53-8:1-11. Siswa mampu menyebutkan Sikap Yesus terhadap  perempuan yang kedapatan berbuat zinah berdasarkan Injil  Yohanes 7: 53-8:1-11. Disajikan teks Injil Yohanes 10:14: “ Akulah gembala yang baik, dan Aku mengenal domba-dombaKu dan domba-dombaKu mengenal Aku”.  Siswa dapat menunjukkan siapa domba-domba yang dimaksudkan oleh Yesus dalam teks tersebut. Siswa dapat menunjukkan kalimat  yang tepat untuk melengkapi teks Injil Yohanes 15: 17. Siswa dapat menunjukkan sifat-sifat kasih menurut Rasul Paulus suratnya kepada orang Korintus ( 1 Korintus 13: 4-8)   Siswa dapat menunjukan istilah atau sebutan pengampunan Tuhan atas seseorang dalam penerimaan Sakramen Tobat melalui imam. Peserta didik m

MATERI UJIAN PRAKTEK UJIAN SEKOLAH SMA MARIE JOSEPH

 CONTOH IBADAT SABDA

Perhatian: Ibadat Sabda ini hanya contoh,

  • Ditujukan untuk membuat ibadat sabda secara umum. 
  • Pemimpin ibadat sabda  yang dicontohkan adalah seorang awam (bukan pastor). 
  • Untuk kepentingan siswa-siswi dalam ujian praktik di sekolah
  • Tidak terpaku pada contoh teks di bawah, siswa-siswi dapat mengembangkannya sendiri sesuai tema masing-masing.

 Langkah paling awal: 

  • Pahamilah tema yang akan kalian angkat dan tentukan apa yang menjadi focus. Perumusan judul dapat diambil dari teks kitab suci maupun dari penggalian makna tema itu sendiri.
  • contoh: Ibadat sabda dengan tema "Menjadi Pewarta Injil dalam Keberagaman" dapat merumuskan judul "Orang Muda Katolik, Hidupi Sabda dalam Keberagaman!" maupun judul lain.
  • Langkah berikutnya adalah memilih lagu yang tepat untuk pembuka:
  • Lagu pembuka hendaknya mencerminkan sikap siap diri untuk menerima sabda Allah dan merayakan kehadiran Allah bersama umat yang hadir.

Keterangan:

P: Pemimpin ibadat

L: Pembaca doa dan bacaan

U: Umat

 

IBADAT SABDA

"ORANG MUDA KATOLIK, HIDUPI SABDA DALAM KEBERAGAMAN"

(tempat dan tanggal dapat ditambahkan disini)

 LAGU PEMBUKA:

TANDA SALIB DAN SALAM

P: Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus

U: Amin

P: Semoga Tuhan beserta kita

U: Sekarang dan selama lamanya

 

PENGANTAR

(dalam pengantar, pemimpin memberikan gagasan umum mengenai apa yang akan umat dengarkan dalam bacaan kitab suci dan dapat juga berisi kepentingan adanya ibadat. Pemimpin menjelaskan tema ibadat )

P: Saudara dan Saudari yang terkasih dalam Kristus, pada hari ini kita akan mendengarkan bacaan dari Kisah Para Rasul dan dari Injil Matius tentang tugas kita menjadi pewarta di dunia ini. Kita sering kali lupa akan tugas panggilan kita sebagai murid-murid Kristus. (dapat dilanjutkan seruan tobat)

SERUAN TOBAT

P: Maka marilah dalam kesempatan ini, kita mohon ampun kepada Tuhan, agar kita pantas menghadap pada-Nya.

Saya mengaku

Saya mengaku kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan kepada saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa, dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian,  Saya berdosa, Saya berdosa, Saya sungguh berdosa, Oleh sebab itu saya mohon, kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus, dan kepada saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah Tuhan kita, Amin.

P: Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan menghantar kita ke hidup yang kekal.

U: Amin

DOA PEMBUKA

P: Marilah kita berdoa:

(doa pembuka dibuat dengan memperhatikan kepentingan doa itu dan mengarahkan untuk menerima Sabda Allah. Jika doa ditujukan kepada Bapa ditutup dengan "…Dengan pengantaraan Tuhan kami Yesus Kristus Putera-Mu. Yang bersama Dikau hidup dan berkuasa dalam persatuan dengan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa." Jika doa ditujukan kepada Bapa dan disebut nama Putera ditutup dengan "…Dia yang bersama

Dikau hidup dan berkuasa dalam persatuan dengan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa." Jika doa ditujukan kepada Putera ditutup dengan "…Engkau yang hidup dan berkuasa bersama Allah Bapa dalam persatuan dengan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.")

U: Amin

BACAAN KITAB SUCI

(diserap dari tema, dipilihlah bacaan kitab suci yang sesuai dengan semangat tema tersebut. Bacaan pertama diambil dari Kitab Perjanjian Lama, Surat-surat dan Kisah Para Rasul. Bacaan Injil diambil dari Injil Matius, Markus, Lukas, Yohanes)

L: Pembacaan dari Kisah Para Rasul: (2:1-11)

………………………………………...

L: Demikianlah Sabda Tuhan

U: Syukur kepada Allah

 

LAGU ANTAR BACAAN:

(dapat dipilih lagu yang sesuai dengan bacaan dan bertujuan untuk menegaskan kembali bacaan)

BACAAN INJIL

(diserap dari tema, dipilihlah bacaan kitab suci yang sesuai dengan semangat tema tersebut)

P: Semoga Tuhan beserta kita

U: Sekarang dan selama lamanya

P: Inilah Injil Yesus Kristus menurut St. Matius

U: Dimuliakanlah Tuhan …..

L: Demikianlah Injil Tuhan

U: Terpujilah Kristus

 

HOMILI / KOTBAH

(Menjelaskan isi Kitab Suci, dikaitkan dengan tema)

DOA UMAT

(doa umat disusun sesuai kebutuhan. Lazimnya doa umat mendoakan Pemimpin Gereja ( Hierarkinya), para pengajar iman, para pemimpin negara, mereka yang lemah dan tersingkir, kemudian ujug umat yang mengikuti ibadat tersebut secara keseluruhan)

P: Sebagai murid Kristus kita diajak untuk mewartakan kabar gembira ke seluruh dunia, maka marilah kita mohon kepada Allah supaya kita dikuatkan menjadi saksi Kristus di dunia ini.

L: (membacakan doa doa umat)

P: Demikianlah permohonan kami semoga Dikau sudi mendengar dan mengabulkan doa kami sebab dialah Tuhan dan Penyelamat kami.

U: Amin

LAGU PUJIAN

DOA SYUKUR

P: Semoga Tuhan beserta kita

U: Sekarang dan selama-lamanya

P: Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan

U: Sudah kami arahkan

P: Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita

U: Sudah layak dan sepantasnya

P: Sungguh layak dan pantaslah Ya Bapa pencipta langit dan bumi. Kami anak-anakmu yang berhimpun  di sini memuji dan memuliakan nama-Mu bersama seluruh orang beriman dimanapun mereka berada dan laskar surgawi yang tak henti-hentinya bermadah bagi-Mu. Sungguh kuduslah Engkau ya Allah. Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu. Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan. Sebab terpujilah Engkau di surga. Semoga Engkau memberikan damai, perlindungan, persatuan, dan bimbingan di seluruh dunia bersama hamba-Mu Paus kami Fransiskus dan Uskup kami Ignatius  serta semua orang yang menjaga dan menumbuhkan iman katolik. Bantulah kami agar kami dapat menjadi pewarta kabar baik-Mu ditengah perkembangan dunia ini dengan cara kami masing masing.  Ingatlah ya Tuhan, akan hamba-hamba-Mu yang meminta doa kami; dan semua orang yang iman dan baktinya Engkau kenal dan Engkau maklumi; semoga mereka Kau terima di sisi-Mu. Kasihanilah kami semua agar kami Engkau terima dalam kebahagiaan abadi bersama Santa Maria, Perawan dan Bunda Allah, bersama para rasul dan semua orang kudus, dari masa ke masa yang hidupnya berkenan di hati-Mu. Semoga kami pun Engkau perkenankan turut serta memuji dan memuliakan Dikau, dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu. Semoga Engkau mendengarkan dan mengabulkan doa kami ya Bapa dan doa yang jauh dari sempurna ini kami hunjukkan dengan doa yang diajarkan Putramu kepada kami:

BAPA KAMI (Boleh dinyanyikan)

Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

DOA PENUTUP

P: Marilah Berdoa:

(bersyukur atas sabda dan perutusan. Jika doa ditujukan kepada Bapa ditutup dengan "…Dengan pegantaraan Kristus Tuhan kami" Jika doa ditujukan kepada Bapa dan disebut nama Putera ditutup dengan "Dia yang hidup dan berkuasa sepanjang masa" Jika doa ditujukan kepada Putera ditutup dengan "…Engkau yang hidup dan berkuasa sepanjang masa..")

U: Amin

TANDA SALIB

P: Semoga Tuhan beserta kita

U: Sekarang dan selama lamanya

P: Semoga kita semua diberkati oleh Allah yang Mahakuasa Bapa dan Putera dan Roh Kudus (awam menandai salib pada diri sendiri)

U: Amin

P: Ibadat ini sudah selesai, kita semua diutus untuk mewartakan karya Allah ke seluruh dunia!

U. Amin

LAGU PENUTUP:  (lagu penutup menegaskan perutusan yang kita dapat dari ibadat ini)


CATATAN:

  • Tema Ibadat ditentukan sendiri oleh kelompok : ibadat Ulang tahun, HUT Perkawinan, Natal, Paskah, Ibadat Arwah.
  • Bacaan Kitab Suci disesuaikan dengan tema. Bacaan Pertama: dari Kitab Perjanjian Lama, Kisah Para Rasul dan surat-surat. Bacaan Injil: dari Injil Matius, Markus, Lukas, Yohanes.
  • Doa Pembukaan, doa umat, doa Penutup disesuaikan dengan tema ibadat.
  • Lagu/nyanyian disesuaikan dengan tema ibadat
  • Pakaian yang digunakan adalah pakaian seragam, apabila menggunakan pakaian lain mohon disampaikan kepada dewan juri sebelum pelaksanaan praktik dimulai.
  • Teks Ibadat lengkap dilengkapi nama Kelompok diserahkan ke dewan juri (Pak Hubert) seminggu sebelum ujian.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI SUMATIF SEMESTER GANJIL KELAS VII

MATERI AGAMA KELAS VII BAB I MANUSIA CITRA ALLAH

AKU CITRA ALLAH YANG UNIK