Materi Agama Katolik
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH KELAS IX
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Materi |
Kelas/Semester |
Indikator
Soal |
Bentuk Soal |
No. Soal |
Manusia sebagai citra Allah |
VII/1 |
Peserta
didik mampu menjelaskan ciri manusia sebagai citra Allah. |
PG |
1 |
Manusia sebagai citra Allah |
VII/I |
Disajikan
kutipan teks Kitab Suci tentang manusia sebagai citra Allah, peserta didik
mampu menjelaskan pengertian manusia sebagai citra Allah. |
Uraian |
41 |
Aku memiliki kemampuan |
VII/1 |
Disajikan
kutipan teks Mat 25:14-30 tentang talenta, peserta didik mampu menjelaskan
tanggapan para tokoh seperti terungkap dalam teks tersebut |
PG |
2 |
Aku memiliki kemampuan |
VII/1 |
Peserta
didik mampu menentukan cara mengembangkan kemampuan |
PG |
3 |
bersyukur sebagai citra Allah |
VII/1 |
Peserta
didik mampu memberikan contoh perwujudan syukur sebagai citra Allah |
PG |
4 |
bersyukur sebagai citra Allah |
VII/1 |
Disajikan
teks Kitab Suci tentang anugerah Allah yang diterima, peserta didik mampu
memberi contoh ungkapan syukur atas anugerah yang diberikan Allah sesuai
teks. |
Uraian |
42 |
mengembangkan diri sebagai perempuan atau
laki-laki |
VII/1 |
Peserta
didik mampu memberi contoh cara mengembangkan dirinya sebagai perempuan atau
laki-laki |
PG |
5 |
mengembangkan diri sebagai perempuan atau
laki-laki |
VII/1 |
Disajikan
kutipan Katekismus Gereja Katolik tentang
mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki, peserta didik mampu
memberi contoh tindakan dalam mengembangkan diri sebagai perempuan atau
laki-laki berdasarkan kutipan tersebut |
PG |
6 |
mengembangkan diri sebagai perempuan atau
laki-laki |
VII/1 |
Peserta
didik mampu memberikan contoh tindakan cara mengembangkan diri sebagai
perempuan atau laki-laki di lingkungan sekitar |
PG |
7 |
Peran keluarga bagi perkembanganku |
VII/1 |
Disajikan
kutipan sumber Iman Gereja Katolik tentang peran keluarga, peserta didik
mampu menemukan contoh kewajiban orangtua dalam mendidik anak-anak sesuai
dengan kutipan tersebut |
PG |
8 |
Peran Gereja Bagi perkembanganku |
VII/1 |
Disajikan
bidang tugas pelayanan Gereja, peserta didik mampu menemukan contoh manfaat
pelayanan Gereja bagi perkembanganku |
PG |
9 |
Peran masyarakat bagi perkembanganku |
VII/1 |
Disajikan
kutipan teks Dokumen Gereja dalam dunia (Gaudium et Spes art. 25),
peserta didik mampu memberikan contoh pengaruh masyarakat bagi perkembangan
diri. |
PG |
10 |
Bersahabat |
VII/2 |
Disajikan
kutipan teks Kitab Sir. 6:5-17, peserta didik mampu menginterpretasi makna persahabatan
berdasarkan teks tersebut. |
PG |
11 |
Berpacaran |
VII/2 |
Disajikan
data tentang perilaku orang berpacaran, peserta didik mampu memilih perilaku
yang sehat dalam berpacaran |
PG |
12 |
Perempuan dan laki-laki diciptakan sederajat |
VII/2 |
Disajikan
kutipan teks Kitab Suci tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki,
peserta didik mampu menyimpulkan makna kesederajatan perempuan dan laki-laki
berdasarkan teks tersebut. |
PG |
13 |
Pribadi Yesus Kristus |
VIII/1 |
Peserta
didik mampu menjelaskan ciri-ciri pribadi Yesus Kristus |
PG |
14 |
Yesus Kristus pemenuhan janji Allah |
VIII/1 |
Disajikan
teks Kitab Suci tentang Janji Allah kepada manusia, peserta didik mampu
menjelaskan tentang Yesus Kristus yang merupakan pemenuhan janji Allah
tersebut. |
Uraian |
43 |
Yesus mewartakan Kerajaan Allah |
VIII/1 |
Peserta
didik mampu menjelaskan tentang paham Kerajaan Allah |
PG |
15 |
VIII/1 |
Peserta
didik mampu menjelaskan arti mujizat yang digunakan Yesus dalam mewartakan
Kerajaan Allah. |
PG |
16 |
|
Sengsara dan wafat Yesus |
VIII/2 |
Disajikan
teks Kitab Suci tentang sengsara Yesus, peserta didik mampu menjelaskan sikap
Yesus dalam menghadapi sengsara-Nya. |
PG |
17 |
Yesus mengutus Roh Kudus |
VIII/2 |
Disajikan beberapa
pernyataan tentang Roh Kudus, peserta didik mampu menjelaskan peranan Roh
Kudus. |
PG |
18 |
Roh Kudus memberi daya kekuatan |
VIII/2 |
Peserta
didik mampu menjelaskan arti satu dari tujuh karunia Roh Kudus menurut St.
Bonevantura. |
PG |
19 |
Yesus yang berbelas kasih |
VIII/2 |
Disajikan
gambar tentang orang yang melakukan tindakan berbelas kasih terhadap sesama,
peserta didik mampu menunjukkan contoh tindakan berbelas kasih dalam hidup
sehari-hari seperti terdapat dalam gambar. |
PG |
20 |
Yesus Sang Pengampun |
VII/2 |
Disajikan
kutipan teks Kitab Suci tentang pengampunan, peserta didik mampu menerapkan
sikap pengampunan dalam hidup sehari-hari sesuai dengan kutipan teks
tersebut. |
PG |
21 |
Yesus peduli terhadap penderitaan sesama |
VII/2 |
Peserta
didik mampu memberi contoh tindakan peduli terhadap penderitaan sesama di
lingkungan sekitar. |
Uraian |
44 |
Tugas perutusan sebagai murid Yesus |
VIII/2 |
Disajikan
kutipan teks Luk. 10:1-12 tentang Yesus mengutus tujuh puluh murid, peserta
didik mampu merumuskan perwujudan tugas perutusan sebagai murid Yesus dalam
kehidupan sehari-hari. |
PG |
22 |
Gereja sebagai paguyuban |
VIII/2 |
Peserta
didik mampu menguraikan unsur-unsur anggota dalam persekutuan Gereja. |
PG |
23 |
Ciri Gereja sebagai paguyuban |
VIII/2 |
Peserta
didik mampu menjelaskan ciri Gereja dalam syahadat para rasul. |
PG |
24 |
Pelayanan Gereja sebagai paguyuban |
VIII/2 |
Disajikan
gambar tentang keterlibatan seseorang dalam tugas pelayanan Gereja, peserta
didik mampu mengidentifikasi bidang tugas pelayanan tersebut. |
PG |
25 |
Pelayanan Gereja sebagai paguyuban |
VIII/2 |
Peserta
didik mampu menjelaskan tugas pelayanan Gereja. |
Uraian |
45 |
Tanda dan sarana keselamatan dalam hidup manusia |
VIII/2 |
Disajikan
kutipan teks Sumber Iman Gereja Katolik tentang tanda dan sarana keselamatan,
peserta didik mampu memberi contoh tindakan yang mencerminkan keselamatan
dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan teks tersebut. |
PG |
26 |
Sakramen Baptis |
VIII/2 |
Disajikan
gambar tentang simbol yang ada dalam Sakramen Baptis, peserta didik mampu
menganalisis makna simbol dalam gambar tersebut. |
PG |
27 |
Sakramen Ekaristi |
VIII/2 |
Peserta
didik mampu menginterpretasikan sikap tubuh dalam perayaan Ekaristi. |
PG |
28 |
Sakramen tobat |
VIII/2 |
Disajikan
cerita tentang pertobatan, peserta didik mampu menyimpulkan makna pertobatan
berdasarkan cerita tersebut. |
PG |
29 |
Beragama sebagai tanggapan atas karya keselamatan
Allah |
IX/1 |
Peserta
didik mampu menjelaskan alasan orang beragama. |
PG |
30 |
Beriman sebagai tanggapan atas karya keselamatan
Allah |
IX/1 |
Peserta didik mampu menjelaskan aspek hidup beriman. |
PG |
31 |
Hak dan kewajiban sebagai anggota Gereja |
IX/1 |
Peserta
didik mampu memberi contoh perwujudan kewajiban sebagai anggota Gereja. |
PG |
32 |
IX/1 |
Disajikan
kutipan teks Kitab Suci.Peserta didik mampu menentukan perwujudan kewajiban
sesuai teks Kitab Suci tersebut. |
PG |
33 |
|
Menghargai keadilan dan kejujuran |
IX/1 |
Peserta
didik mampu memberi contoh usaha yang dapat dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran
dalam kehidupan sehari-hari. |
PG |
34 |
Kemajemukan agama dan kepercayaan berbeda tetapi
satu tujuan |
IX/1 |
Peserta
didik mampu memberi contoh tindakan menghargai kemajemukan agama dan
kepercayaan dalam kehidupan sehari-hari. |
PG |
35 |
Sikap Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain |
IX/1 |
Disajikan
kutipan dokumen Gereja, peserta didik mampu menentukan sikap Gereja Katolik
terhadap agama dan kepercayaan lain sesuai kutipan tersebut. |
PG |
36 |
Bersahabat dengan alam |
IX/1 |
Disajikan
gambar tentang kerusakan lingkungan, peserta didik mampu memberi contoh
dampak kerusakan lingkungan terhadap kehidupan manusia. |
PG |
37 |
Cita-cita demi membangun masa depan |
IX/2 |
Disajikan
data tentang faktor pendukung tercapainya cita-cita, peserta didik mampu
menganalisa faktor pendukung keberhasilan pencapaian sesuai cita-cita yang
diimpikan. |
PG |
38 |
Sakramen Perkawinan |
IX/2 |
Peserta
didik mampu menemukan dampak positif dari tujuan perkawinan Kristiani. |
PG |
39 |
Sakramen Imamat |
IX/2 |
Peserta
didik mampu merumuskan makna kaul yang diucapkan oleh biarawan-biarawati. |
PG |
40 |
Komentar
Posting Komentar