Materi Agama Katolik

KISI-KISI AGAMA KELAS VII PAT GENAP 2024

  Disajikan teks Kitab Suci, 1 Korintus 13: 1-13. Peserta didik dapat menunjukkan hal yang nilainya paling tinggi menurut santo Paulus dalam perikop tersebut. Disajikan teks Kitab Suci. Siswa mampu menunjukkan modep persahabatan antara Jonathan dan Daud. Disajikan teks Kitab Suci, Injil Yohanes 7:53-8:1-11. Siswa mampu menyebutkan Sikap Yesus terhadap  perempuan yang kedapatan berbuat zinah berdasarkan Injil  Yohanes 7: 53-8:1-11. Disajikan teks Injil Yohanes 10:14: “ Akulah gembala yang baik, dan Aku mengenal domba-dombaKu dan domba-dombaKu mengenal Aku”.  Siswa dapat menunjukkan siapa domba-domba yang dimaksudkan oleh Yesus dalam teks tersebut. Siswa dapat menunjukkan kalimat  yang tepat untuk melengkapi teks Injil Yohanes 15: 17. Siswa dapat menunjukkan sifat-sifat kasih menurut Rasul Paulus suratnya kepada orang Korintus ( 1 Korintus 13: 4-8)   Siswa dapat menunjukan istilah atau sebutan pengampunan Tuhan atas seseorang dalam penerimaan Sakramen Tobat melalui imam. Peserta didik m

KISI-KISI PAT KELAS IX 2024

 

KISI-KISI PAT KELAS IX 2024

1.   Disajikan gambar sungai penuh sampah! Menunjukkan tindakan yang tepat dalam berperan menjaga lingkungan hidup berdasarkan gambar tersebut.

2.     Menunjukkan makna Firman Allah:"... berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi..."

3.   Bacalah Kitab Kejadian 1:26-31 berikut ini! Menunjukkan hal yang merupakan tugas dan tanggung jawab manusia terhadap ciptaan Allah berdasarkan Kitab Kejadian tersebut!

4.      Disajikan kutipan dokumen Gereja Laudato Si, No 36.

"Merawat ekosistem mengandaikan pandangan melampaui yang instan, karena orang yang mencari keuntungan cepat dan mudah, tidak akan tertarik pada pelestarian alam." Menunjukkan kesimpulan dari teks tersebut!

5.   Menunjukkan tindakan kita sebagai pelajar yang bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di lingkungan sekoah !

6.      Menunjukkan keteladanan Santo Fransiskus Asisi dalam menjalin persahabatan dengan alam.

7.      Menunjukkan penulis Ensiklik Laudato Si.

8.   Menunjukkan tugas dan tanggung jawab manusia terhadap ciptaan Allah berdasarkan kitab Kejadian1: 26-31.

9.    Menunjukkan nama seorang anak yang berusia 9 tahun yang telah mendirikan Enviromental Chlidren's Organization (ECO).

10.  Menunjukkan teks Kitab Suci  yang mengisahkan  penciptaan manusia, bumi dan segala isinya.

11.  Meunjukan bidang masalah yang diperjuangkan Enviromental Chlidren's Organization (ECO). sebuah organisasi yang mendedikasikan diri untuk belajar dan mengajarkan pada anak-anak lain. Enviromental Chlidren's Organization (ECO).

12. Baca kisah penciptaan, Kejadian 1 "Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis mahluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap ..., dan hendaklah burung-burung bertambah banyak". Jadilah petang dan pagi. Menunjukkan hari keberapa dalam kisah penciptaan berdasarkan teks tersebut.

13. Disajikan gambar hutan yang gundul! Menunjukkan tindakan yang tepat dalam berperan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

14.  Menunjukkan ciri istimewa  atau karunia  khusus manusia sebagai citra Allah

15.   Dokumen Gereja Katolik yang membahas pandangan Gereja terhadap agama-agama lain.

16.  Menunjukkan sikap yang perlu dimiliki oleh warga negara Indonesia dalam keanekaragaman agama dan aliran kepercayaan  yang ada.

17.  Disajikan gambar rumah ibadat agama tertentu. Menunjukkan tempat ibadat agama apa sesuai berdasarkan gambar tersebut!

18.  Menunjukkan contoh  toleransi antarumat beragama.

19. Disajikan gambar-gambar rumah ibadat. Menunjukkan kesimpulan dari gambar2 tersebut berkaitan dengan keberagaman. 

20.  Menunjukkan  hal yang dilakukan dalam toleransi umat beragama .

21. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang penduduknya taat menjalankan perintah agama. Menunjukkan kesimpulan dari pernyataan tersebut.

22.  Apabila kamu mendengar azan menandakan waktu solat bagi masyarakat   Islam, apa yang kamu perlu buat? Menunjukkan sikap kita yang baik saat umat muslim menjalankan ibadat solat.

23.  Menunjukkan faktor-faktor yang bisa menimbulkan konflik dalam masyarakat

24.  Baca teks Kita Suci 1Yohane  4: 19. Menunjukkan kata yang tepat untuk mengisi bagian yang hilang (....) dari ayat tersebut.

25.  Baca teks 1Yohanes  4: 20. Menunjukkan kata yang tepat untuk mengisi bagian yang hilang (....) dari ayat tersebut.

26.  Baca dokumen Nostra Aetate artikel  2 secara lengkap. Menunjukkan kata yang tepat untuk mengisi bagian yang hilang (....) dari isi artikel  tersebut.

27.  “Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liat untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa?” Menunjukkan makna teks Kitab Suci di atas berkaitan dengan  pencapaian cita-cita.

28. 1 Korintus 9 : 26“Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju  yang sembarangan memukul”. Menunjukkan makna dair ters tersebut berkaitan dengan perjuangan mencapai cita-cita.

29.  Filipi 3 : 14

“Tetapi ini yang  ku lakukan: Aku melupakan apa yang telah dibelakangku dan menyerahkan diri kepada yang dihadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah yaitu panggilan surgawi dari Allah dalam Kristus Yesus”. Menunjukkan sikap anak yang mengamalkan teks tersebut.

30.  Menunjukkan dasar dari perkaminan laki-laki dan perempuan.

31.  Menunjukkan alasan Gereja Katolik memandang dan memahami bahwa hidup berkeluarga itu sungguh suci dan bernilai luhur.

32.  Baca Efesus  5: 22-33. Menunjukkan alasan perkawinan dalam Gereja Katolik disebut sebagai sakramen .

33.  Menunjukkan alasan mengapa Gereja Katolik memandang dan  memahami bahwa hidup berkeluarga itu sungguh suci dan bernilai luhur.

34.  Baca Efesus 5 :22-33) Menunjukkan  perkawinan melambangkan apa sehingga perkawinan itu sebagai sakramen.

35.  Baca Kejadian 2: 24. “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu dading” . Menunjukkan kata yang tepat untuk mengisi kata yang dihilangkan dalam ayat tersebut.

36.  Menunjukkan  ciri hakiki perkawinan .

37.  BacaInjil  Markus 10: 9. Menunjukan kata yang tepat untuk melengkapi ayat tersebut.

38.  Menunjukkan tiga tugas seorang imam  sebagai perwujutan tiga tugas Yesus Kristus.

39.  Menunjukkan tiga bentuk panggilan hidup dalam Gereja Katolik.

40.  Menunjukkan arti  hidup selibat dalam  panggilan imamat (pastor).

41.  Menunjukkan tugas sebagai apa ketika seorang pastor memimpin perayaan Ekaristi.

42.  Menuliskan sifat atau ciri perkawinan katolik.

43.  Tuliskan dan menjelaskan pandangan-pandangan masyarakat tentang perkawinan!

44.  Menuliskan tiga  tujuan perkawinan  katolik!

45.  Menuliskan syarat- syarat menjadi imam/pastor!

46.  Menuliskan refleksi tentang APP 2024 berdasarkan materi video (wajib bawa headset/earpods)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI SUMATIF SEMESTER GANJIL KELAS VII

MATERI AGAMA KELAS VII BAB I MANUSIA CITRA ALLAH

AKU CITRA ALLAH YANG UNIK