26 Februari 2022


KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH

SMA MARIE JOSEPH – KELAPA GADING

TAHUN PELAJARAN 2021-2022

No. Urut

Kompetensi Dasar / IPK

Bahan Kelas/Smtr

Materi

Indikator Soal

1

3.1. Memahami diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasan.

 

X/1

Mengembangkan karunia Allah.

Disajikan teks Injil Matius 25:14-30, peserta didik dapat memberikan contoh mengembangkan talenta yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari

2

3.1. Memahami diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasan.

X/1

Keluhuran manusia sebagai citra Allah.

Disajikan sebuah kisah diskriminasi, peserta didik dapat memberikan contoh sikap menghargai orang lain

3

3.4. Memahami peran dan fungsi suara hati sehingga dapat bertindak secara cepat dan benar.

X/1

Hati Nurani

Peserta didik dapat mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dibuat/dilakukan dalam rangka pembinaan suara hati.

4

3.4. Memahami peran dan fungsi suara hati sehingga dapat bertindak secara cepat dan benar.

 

Hati Nurani

Disajikan sebuah kisah tentang pergulatan suara hati, peserta didik dapat menyimpulkan makna yang terkandung dalam kisah tersebut.

5

3.5.Memahami ajaran Katolik tentang sikap Kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh mass media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang.

X/1

Bersikap kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh media massa.

Disajikan artikel remaja korban media, peserta didik dapat menganalisis dampak positif dan negatif media massa.

6

3.6. Memahami bahwa kitab suci dan tradisi sebagai dasar iman Kristiani.

X/2

Kitab Suci Perjanjian Lama.

Peserta didik dapat mengklasifikasikan Kitab Suci Perjanjian Lama.

7

3.7. Memahami Yesus Kristus yang datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah

X/2

Gambaran Kerajaan Allah pada zaman Yesus.

Peserta didik dapat menjelaskan paham Kerajaan Allah pada zaman Yesus

8

X/2

Gambaran Kerajaan Allah pada zaman Yesus.

Peserta didik dapat merumuskan nilai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus pada zaman sekarang.

9

3.8. Memahami makna sengsara, wafat, kebangkitan dan kenaikan Yesus Kristus demi kebahagiaan manusia.

X/2

Sengsara dan wafat serta kebangkitan Yesus.

Peserta didik dapat memberikan salah satu contoh makna sengsara dan wafat dan kebangkitan Yesus bagi kehidupan kita

10

3.11. Memahami peranan Roh Kudus yang melahirkan, membimbing dan menghidupi Gereja

X/2

Peran Roh Kudus bagi Gereja.

Peserta didik dapat memberikan  satu contoh peran Roh Kudus dalam kehidupan manusia.

11

X/2

Peran Roh Kudus bagi Gereja.

Peserta didik dapat menyebutkan simbol-simbol Roh Kudus

12

3.1. Memahami Gereja sebagai Persekutuan Umat Allah dan persekutuan yang Terbuka

XI / I

Gereja Sebagai Umat Allah

Disajikan Teks Kis 2: 41-47 tentang Cara Hidup Gereja Perdana. Peserta didik menemukan aktivitas gereja masa kini sesuai teks tersebut

13

 

 

Disajikan pernyataan yang berkaitan engan aktivitas Gereja Peserta didik dapat mengidentifikasikan ciri khas gereja sebagai umat Allah.

14

3.2. Memahami sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai kerajaan Allah.

XI/ 1

Gereja yang Kudus

Peserta didik dapat menyebutkan contoh usaha- usaha untuk  mewujudkan Gereja yang kudus.

15

XI/1

Gereja yang Katolik

Disajikan dokumen Konsili Vatikan II teks Lumen Gentium Art.13. Peserta didik dapat menjelaskan mengapa Gereja disebut katolik/ universal.

16

3.3. Memahami fungsi dan peranan hirarki dan awam dalam Gereja Katolik

XI / 1

HIrarki dalam Gereja Katolik

Disajikan gambar Biarawan dan Rohaniwan Katolik disertai keterangannya; Peserta didik dapat menentukan gambar mana yang termasuk dalam Kategori hirarki dalam Gereja Katolik.

17

 

 

Peserta didik dapat menyebutkan Susunan hirarki dalam Gereja Katolik

 

18

 

 

 

Disajikan daftar pernyataan yang berkaitan dengan hirarki  Gereja Katolik; Peserta didik dapat menyebutkan pengganti dewan para rasul dalam struktur hIrarki Gereja Katolik.

19

 

 

 

Peserta didik dapat menjelaskan tugas dan peran Kardinal dalam Gereja Katolik

20

 

XI/1

Kaum Awam Dalam Gereja Katolik

Disajikan data tentang bentuk peran awam dan hirarki dalam gereja katolik. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk peranan kaum awam dalam membangun gereja.

21

3.4. Memahami tugas pokok Gereja sesuai dengan kedudukan dan peranannya sebagai murid Yesus Kristus

XI/1

Gereja Yang menguduskan (Liturgia)

Disajikan gambar-gambar tentang aktivitas liturgi Gereja Katolik berkaitan dengan sakramen dan Sakramentalia. Peserta didik dapat menetukan aktivitas yang termasuk dalam liturgi sakramen.

22

 

 

Disajikan data tentang Materi dan forma sakramen Krisma, Ekaristi dan Babtis. Peserta didik dapat menentukan materi dan forma   sakramen Ekaristi.

23

 

XI/1

Gereja Yang mewartakan (Kerygma)

Disajikan Teks Injil Mat 28: 16-20; Peserta didik dapat menyimpulkan Inti dari ajaran Yesus berkaitan dengan tugas gereja Mewartakan (Kerygma) berdasarkan teks tersebut.

24

3.7. Beriman akan  Allah sebagai pemberi hidup

XI/2

Hukuman Mati

Disajikan 6 (enam) pernyataan  tentang hukuman mati. Peserta didik dapat menentukan Pernyataan yang selaras dengan pandangan gereja Katolik tentang hukuman mati.

25

3.1.  Memahami panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepat dalam  menjawab panggilan hidup tersebut

XII/1

Perkawinan dalam tradisi Gereja Katolik

Peserta didik dapat memahami perkawinan katolik sebagai sakramen

26

 

 

Peserta didik dapat memahami dasar dan tujuan perkawinan Katolik

27

 

Panggilan hidup Membiara / selibat

Disajikan cuplikan teks dokumen Lumen Gentium Art. 44) Peserta didik dapat menyimpulkankan makna hidup religius.

28

 

 

Peserta didik dapat menyebutkkan tiga kaul yang dihayati oleh biarawan/wati.

29

 

Panggilan Karya / Profesi

Disajikan dokumen Centesimus Annus Art. 31. Peserta didik dapat menyimpulkan makna kerja secara social.

30

3.2.  Memahami nilai-nilai keadilan, kejujuran, kebenaran, perdamaian dan leutuhan ciptaan sesuai dengan ajaran Yesus Kristus

XII/1

Nilai-nilai penting dalam masyarakat yang diperjuangkan

Disajikan penggalan cerita tentang Kejujuran George Washington dan Pohon Ceri (lihat cerita; https://bit.ly/3Awg3g4) Peserta didik dapat menyimpulkan penerapan nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

31

 

Landasan untuk Memperjuangkan Nilai-Nilai Penting dalam masyarakat

Disajikan penggalan cerita tentang Kisah haru perjuangan nenek buta huruf mencari keadilan (Lihat cerita: https://bit.ly/3qXaC6r), peserta didik dapat menyimpulkan makna keadilan menurut Sila Kelima Pancasila

32

 

Yesus Kristus, Pejuang Keadilan, Kejujuran, Kebenaran dan kedamaian

Disajikan gambar tokoh perjuangan keadilan, kejujuran, kebenaran dan kedamaian (Abdulrahman Wahid atau Gusdur), peserta didik dapat menentukan jenis perjuangan tokoh tersebut.

33

3.3.  Memahami Kemajemukan bangsa Indonesia sebagai Anugerah Allah

XII/1

Keberagaman sebagai Realitas Asali Kehidupan Manusia

Disajikan gambar Burung Garuda Pancasila, peserta didik dapat memahami semboyan Bhineka Tunggal Ika

34

 

 

Disajikan penggalan kasus penghinaan suku tertentu  (lihat:https://bit.ly/3qWhJvW). Peserta didik dapat menganalisa kasus tersebut berdasarkan nilai Sila Ketiga Pancasila

35

 

Mengupayakan Perdamaian dan Persatuan Bangsa

Disajikan beberapa nilai-nilai kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan nilai-nilai yang dapat menjaga keutuhan NKRI

36

3. 4 Memahami makna berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama lain

XII/2

Kekhasan AgamaAgama di Indonesia

Disajikan penggalan teks dokumen Nostra Aetatae Art. 3, peserta didik dapat menganalisa ajaran atau pandangan Gereja Katolik terhadap agama-agama dan kepercayaan lain di Indonesia

37

 

 

Disajikan data agama-agama resmi di Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan agama-agama import yang berasal dari wilayah Asia

38

 

Dialog antar Umat Beragama dan Berkepercayaan Lain

Disajikan konsep tentang dialog antar umat beragama, peserta didik dapat menentukan contoh konkrit penerapan tentang dialog karya

39

3.5 Memahami makna keterlibatan aktif umat Katolik dalam membangun bangsa dan negara Indonesia

 

Membangun Bangsa dan Negara yang Dikehendaki Tuhan

Disajikan terks Kitab Suci Injil Mat. 22:17-21. Peserta didik dapat menganalisa penerapan teks tersebut bagi peran warga Gereja Katolik dalam membangun bangsa dan negara

40

 

Dasar Keterpanggilan Gereja dalam Membangun Bangsa dan Negara

Peserta didik dapat memberi contoh tindakan atau perwujudan panggilan sebagai anggota Gereja Katolik dalam membangun bangsa dan negara

41

3.4. Memahami sikap dan perilaku patuh terhadap  suara hati dan  dapat bertindak secara benar dan tepat

X/2

Hati Nurani

Peserta didik dapat menyebutkan lima usaha untuk membina suara hati

42

3.8. Memahami makna sengsara, wafat, kebangkitan dan kenaikan Yesus Kristus demi kebahagiaan manusia

X/2

Sengsara dan Wafat yesus

Peserta didik dapat menjelaskan tiga makna sengara  dan wafat Yesus dalam menghadapi  kondisi pandemi covid-19 yang melanda negeri kita

43

3.5.Memahami tentang  hubungan Gereja dan dunia sehingga dapat terlibat dalam  kegembiraan dan keprihatinan dunia

XI/2

Permasalahan yang dihadapi dunia

Disajikan Teks Mat 5: 13-16: Terang dan Garam Dunia. Peserta didik dapat memberikan tiga (3) contoh tindakan menjadi garam dan terang pada saat pandemi Covid 19 menerpa  negara kita.

44

3.1.  Memahami panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepat dalam  menjawab panggilan hidup tersebut

XII/1

Perkawinan dalam tradisi Gereja Katolik

Disajikan penggalan cerita singkat tentang kasus perceraian (lihat: https://bit.ly/3HbrQ5C) Peserta didik dapat  menjelaskan makna perkawinan Katolik bersifat monogami dan tak terceraikan berdasarkan kasus tersebut

45

3. 4 Memahami makna berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama lain

XII/2

Dialog antar Umat Beragama dan Berkepercayaan Lain

Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan Tri Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

 




29 November 2021

KISI-KISI PAS AGAMA KATOLIK SEMESTER GANJIL KELAS XI 2023

 

  • Pengertian Gereja.
  • Peristiwa yang menunjukkan lahirnya  Gereja pertama kali.
  • Kepada siapa saja Gereja mewartakan injil.
  • Ciri khas hidup Jemaat Kristen Perdana.
  • Akibat dari pandangan Sebelum Konsili Vatikan II, Gereja Katolik berkeyakinan bahwa di luar Gereja tidak ada keselamatan (Extra Ecclesiam Nula Salus).
  • Disajikan 2 gambar model Gereja. Menentukan Model Gereja berdasarkan 2  gambar tersebut.
  • Ciri-ciri Gereja sebelum Konsili Vatikan II
  • Tahun Konsili Vatikan ke II berlangsung
  • Nama Paus Penggagas Konsili Vatikan  II
  • Perwujudan Gereja sebagai  persekutuan terbuka
  • Kedudukan hirarki dan kaum awam dalam Gerja Persekutuan terbuka
  • Menjelaskan  2 hal penting yang ditekankan Gereja sebagai Umat Allah
  • Menuliskan  4 pemahaman tentang Gereja sebagai Umat Allah!
  • Menuliskan 4 hal yang menonjol dari model Gereja sebagai Persekutuan Umat!
  • Ciri gereja yang kudus
  • Ciri sifat gereja yang katolik
  • Ciri Gereja yang apostolik
  • Sebutan lain untuk gereja yang melayani (istilah latin pelayanan)
  • Maksud dari pernyataan “Gereja yang dinamis” .
  • Gereja yang memberikan kesaksian (kesaksian dalam bahasa latin)
  • Gereja yang merayakan sakramen, ibadat dan ekaristi ( istilah latinnya)
  • Perwujudan Sifat Gereja yang satu
  • Perwujudan dari Gereja yang kudus.
  • Perwujudan dari Gereja yang satu.
  • Menuliskan  3 hal yang membuktikan bahwa Gereja benar-benar berhubungan dengan para rasul.
  • Ciri khas Gereja sebagai  umat Allah
  • Tugas dari hirarki.
  • Tugas kaum awam.
  • Tugas dari Sri Paus sebagai pengganti Petrus
  • Tugas dari seorang mam dalam Gereja Katolik
  • Peranan awam dalam Perayaan Ekaristi
  • Jabatan-jabatan yang dimiliki seorang Paus
  • Nama atau sebutan sidang pemilihan seorang paus yang baru dalam Gereja Katolik.
  • Cara (metode) seorang imam  (pastor) diangkat menjadi seorang uskup.
  • Anggota-anggota  Hierarki dalam Gereja Katolik
  • Tugas seorang Kardinal dalam Gereja Katolik
  • Hubungan antara hierarki dan kaum awam dalam Gereja
  • Sebutan atau istilah yang dipakai untuk menyebutkan perjabat resmi dalam Gereja Katolik



KISI-KISI ASAS AGAMA KATOLIK SEMESTER GANJIL KELAS X 2025

 KISI-KISI ASAS  AGAMA KATOLIK SEMESTER GANJIL KELAS X 2025

  • Sumber utama  yang membuktikan bahwa manusia diciptakan oleh Allah dari debu tanah
  • Makna Manusia diciptakan oleh Allah dari debu tanah.

28 November 2021

KISI-KISI PAS semester GANJIL MAPEL AGAMA KATOLIK KELAS IX 2023

SOAL-SOAL KD 3.1 (MATERI BAB I)

  1.  Bukti bahwa sejak awal penciptaan Allah mengasihi  manusia.
  2.  Orang-orang yang ingin diselamatkan oleh Allah (siapa saja)
  3.  Apa motivasi kita untuk menolong orang lain
  4.  Tujuan Allah menciptakan  bumi dan segala isinya
  5.  Salah satu cara yang dilakukan oleh setiap orang sebagai sarana keselamatan Allah.
  6.  Peran Yesus dalam  karya keselamatan Allah
  7.  Bukti kepedulian Allah dalam hidup manusia sebagai makhluk sosial
  8.  Seorang tokoh sebagai wujud  kasih Allah yang paling agung.
  9.  Makna Perkataan Paulus (Kol 1:19): Barang siapa mengenal Yesus dia mengenal Allah sendiri. 
  10.  Tujuan agama menurut dokumen Nostra Aetate artikel 1
  11. Isi Nostra Aetate tentang kerjasama  Gereja  dengan agama-agama bukan kristiani dalam hal menghadapi situasi dunia sekarang.
  12. Praktek toleransi yang benar
  13. Disajikan data statistik agama-agama di dunia. Kesimpulan apa yang mau ditarik berdasarkan data statistik tersebut.
  14. Makna pernyataan Rasul Yakobus: ”Iman tanpa perbuatan adalah mati.
  15. Alasan bunda Maria dihormati secara khusus dalam Gereja Katolik.
  16. Pengertian iman personal.
  17. Alasan-alasan manusia beragama.
  18. Aspek-aspek hidup beriman Kristiani!

SOAL-SOAL KD 3.2  

 BAB II)

  1. Kewajiban kita sebagai pelajar.
  2. Pengertian hak.
  3. Pengertian kewajiban.
  4. Tindakan Yesus Yesus sebagai perwujudan kewajiban-Nya sebagai warga masyarakat Yahudi.
  5. Makna  Sabda  Yesus  “Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah” .
  6. Kewajiban yang sekaligus menjadi hak seluruh umat beriman kristiani menurut Kanon 211.
  7. Kewajiban umat kristiani menurut Kanon 209:1.
  8. Kewajiban dari umat kristiani dalam hidup bermasyarakat.
  9. Makna perkataan Yesus dalam Injil Matius 22:20-21: Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."
  10. Contoh kegiatan yang dapat diikuti para remaja Katolik dalam pelayanan Gereja
  11. Salah satu tindakan Yesus yang menjunjung tinggi martabat manusia.
  12. Hak-hak kita sebagai anggota masyarakat!
  13. Hak-hak umat katolik sebagai anggota Gereja!

SOAL-SOAL KD 3.3 (MATERI BAB III)

  1. Tindakan nyata Bunda  Teresa dari Kalkuta-India dalam mengangkat harkat dan martabat manusia.
  2. Hal yang mendasari tindakan kita untuk memperjuangkan keluruhan martabat manusia.
  3. Akibat yg ditimbulkan dari ketidakjujuran dalam hidup bersama.
  4. Cara untuk menumbuhkan kejujuran dalam diri kita.
  5. Makna  Sabda  Yesus kaitannya dengan hormat kepada pemerinyah dan Allah:“Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah”
  6. Hak orang beriman sebagai anggota Gereja Katolik.
  7. Contoh tindakan perendahan terhadap martabat luhur manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
  8. Alasan Gereja Katolik menolak  hukuman mati.
  9. Contoh-contoh  tindakan Yesus yang menjunjung tinggi martabat manusia.
  10. Salah satu bentuk perendahan terhadap martabat manusia dalam kehidupan keluarga.
  11. Seorang tokoh di Amerika serikat yang berjuang untuk mendapatkan persamaan  hak antara warga Amerika kulit hitam dan kulit putih.
  12. Pengertian keadilan menurut iman Katolik.



KISI-KISI PAS SEMESTER GANJIL AGAMA KATOLIK KELAS XII 2025

 

Kisi-Kisi Agama Kelas XII

  1. Pengertian panggilan hidup berkeluarga.
  2. Usaha-usaha agar keluarga tetap lestari. 
  3. Pandangan tradisional tentang perkawinan.
  4. Tugas dan tanggungjawab suami dalam keluarga.
  5. Makna dari perkataan Yesus dalam Matius 19:6  “Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”
  6. Makna dari keluarga sebagai Ecllesia Domestik
  7. Disajikan contoh kasus. Syarat-syarat  perkawinan katolik.
  8.  Disajikan contoh kasus. Syarat perkawinan beda agama
  9. Disajikan contoh kasus. Syarat perkawinan beda gereja.
  10. Makna dari sifat perkawinan katolik: monogami dan tidak terceraikan.
  11. Tiga kaul dalam hidup membiara.
  12. Makna-makna  religius dari kerja.
  13. Makna kerja ditinjau dari  segi sosiologis.
  14. Menjelaskan dua jenis kawin campur.
  15. Menjelaskan syarat-syarat  untuk sahnya perkawinan katolik.

SOAL-SOAL KD 3.2 (MATERI BAB II)

  1. Cara atau Usaha mewujudkan perdamaian yang dilakukan oleh Mahatma Gandhi
  2. Disajikan beberapa pernyatan. Menentukan Makna kejujuran dari pernyataan2 tersebut.
  3. Nilai karakter bangsa yang harus ditanamkan dalam ucapan dan tindakan siswa dalam aktivitasnya sehari-hari.
  4. Manfaat sikap jujur bagi kita.
  5. Cara-cara  membela kebenaran dalam konteks iman kristiani
  6. Nama Ensiklik yang dikeluarkan oleh Paus Yohanes XXIII yang berbicara tentang perdamaian antara   bangsa-bangsa dalam kebenaran keadilan dan   kemerdekaan.
  7. Perintah  ke 8 dalam 10 Perintah Allah.
  8. Makna pernyataan Allah sebagai  sumber kebenaran.
  9. Makna perdamaian yang diajarkan Yesus.
  10. Pesan pokok yang terkanund dalam kisah Penciptaan berdasarkan Kejadian 1:1-24.
  11. Disajikan teks Matius 12: 36-37. Makna kebenaran menurut kitab suci Matius 12: 36-37.
  12. Disajikan bacalah teks Injil Yoh 14:27. Kesimpulan yang dapat ditarik dari teks Injil tentang perdamaian.
  13. Bunyi perintah ke 7 dalam Sepuluh Perintah Allah.
  14. Menuliskan dan menjelaskan 3 jenis keadilan!
  15. Menjelaskan kata Kitab Suci tentang ketidakadilan berdasarkan Amos 5:7-15, Lukas 11:37-46!

SOAL –SOAL KD 3.3 (MATERI BAB III)

  1. Contoh sikap dalam menghargai kemajemukan Bangsa Indonesia
  2. Usaha untuk menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa.
  3. Cara-cara untuk mengupayakan kesatuan  bangsa dalam keanekaragaman.
  4. Tujuan menanamkan sikap dalam kehidupan masyarakat baik dalam kaitannya dengan agama maupun budaya.
  5. Upaya-upaya untuk membangun hidup sejahtera di dunia ini.
  6. Contoh keberagaman(suku, agama, ras, adat istiadat)  dalam masyarakat yang dapat menghambat kesatuan NKRI
  7. Penyebab-penyebab keberagaman masyarakat Indonesia
  8. Usaha-usaha orang beriman untuk menghindari konflik akibat perbedaan dalam masyarakat.
  9. Inti dari Gaudium et Spes artikel 1
  10. Alasan terjadinya pertikaian dan perang
  11. Alasan kita menjaga keberagaman, kebhinekaan, keutuhan, kesatuan dan keharmonisan kehidupan.
  12. Perumpamaan Yesus yang menggambarkan keberagaman hidup kita sebagai manusia berbeda suku dan agama.
  13. Sikap umat Katolik terhadap agama lain dalam hidup sehari-hari.
  14. Penyebab ketidakadilan yang mensengsarakan mayoritas masyarakat bangsa kita.
  15. Seorang nabi dalam perjanjian lama  yang patut kita contohi  dalam menegakkan    keadilan
  16. .https://youtu.be/6EELl0_A8Ys?si=HCYcoP62AhU9uchE
  17. video: 

Vi



27 November 2021

KISI-KISI PAS AGAMA KATOLIK KELAS VII SEMESTER GANJIL 2021

 KISI-KISI MATA PELAJARAN AGAMA KATOLIK KELAS VII

SMP MARIE JOSEPH KELAPA GADING

=========================================================================

  1.  Arti kata Citra.
  2. Keistimewaan-keistimewaan   yang dimiliki oleh manusia sebagai ciptaan Allah yang paling luhur.
  3. Arti ”berkuasa” dalam kisah penciptaan menurut Kejadian 1:26-27.
  4. Disajikan beberapa pernyataan. Pernyataan  yang bertentangan dengan martabat manusia sebagai citra Allah.
  5. Penyebab utama berbagai situasi yang menunjukkan tindakan manusia yang tidak mencerminkan panggilan dirinya sebagai citra Allah.
  6. Tugas pertama yang harus dilakukan setiap orang  terhadap kemampuan atau potensi yang dimilik.
  7. Cara-cara untuk  mengembangkan kemampuan atau talenta
  8. Tanggapan  Tuan setelah kembali dari bepergian dan mengadakan perhitungan kepada hamba yang telah diberikan lima talenta dan dua talenta berdasarkan Injil  Matius 25:14-30. 
  9.  Akibat dari sikap minder dalam menghadapi keterbatasan 
  10. Kerugian apabila kita bersikap minder dan munafik dalam menghta didik mampu menjelaskan adapi keterbatasan diri .
  11. Cara agar kita semakin diteguhkan untuk mengatasi keterbatasan masing-masing menurut kisah ”Angin Ribut Diredakan  (Markus 4:35-41)”.
  12. Alasan seorang yang disembuhkan Yesus dari penyakit kusta untuk kembali menjumpai Yesus  menurut Lukas 17: 11-17.
  13. Hubungan antara talenta dan Kerajaan Surga dalam Matius 25:14-30.
  14. Ciri-ciri laki-laki bila dilihat dari segi kejiwaan-kepribadian.
  15. Tujuan Allah menciptakan laki-laki dan perempuan.
  16. Peserta didik mampu  menunjukkan sikap yang sama antara perempuan dan laki-laki jika diperlakukan sederajat.
  17. Kisah Kitab Suci yang menunjukkan sikap Yesus menghargai wanita
  18. Pengertian seksualitas.
  19. Alasan mengapa orang tua  pada umumnya jarang menjelaskan masalah seks maupun seksualitas kepada anaknya.
  20. Perbedaan laki-laki dan perempuan dalam hal berpikir
  21. Nasehat Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus pentingnya menghindari percabulan berdasarkan 1 Korintus 6:13-20.
  22. Kelebihan  (dalam hal sifat) yang dimiliki wanita yang juga dibutuhkan laki-laki.
  23. Isi   Kejadian 2 : 5-7, 18-25 sehubungan dengan kesederajatan pria dan wanita.
  24. Isi salah satu ayat dalam Kejadian 2 : 18-25, yang menunjukan bahwa laki-laki dan wanita saling membantu.
  25. Makna dari ayat “berkatalah  manusia itu, “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari  dagingku, Ia akan dinamai perempuan sebab ia diambil dari laki-laki”, dalam Kejadian 2:23.
  26. Budaya yang memandang kedudukan kaum  laki-laki lebih penting daripada kedudukan kaum perempuan (garis keturunan ayah).
  27. Lingkungan pertama dan utama yang menjadikan seseorang tumbuh dan berkembang.
  28. Bentuk-bentuk peran aktif anak  sebagai anggota keluarga.
  29. Tantangan keluarga zaman modern.
  30. Salah satu kisah Kitab Suci yang menunjukkan tindakan Yesus yang sangat  menghargai orangtua-Nya.
  31. Salah satu kisah dalam Kitab Suci Perjanjian Baru yang menunjukkan tindakan Yesus menghargai  wanita.
  32. Isi teks Kitab Keluaran 20:12 tentang menghormati orang tua .
  33. Isi ayat   Matius 7:12. (teks lengkap ayat 12)
  34. Kegiatan yang sedang dilakukan Yesus di Bait Allah pada saat  Dia ditemui  kedua orangtuanya pada umur 12 tahun (Lukas 2:41-52)
  35. Bunyi perintah ke empat dalam Sepuluh Perintah Allah.
  36. Peran  khas sekolah  bagi perkembangan diri kita.
  37. Salah satu contoh kewajiban seorang siswa  di sekolah.
  38. Salah satu contoh hak seorang siswa  di sekolah.
  39. Salah satu contoh peran remaja Katolik dalam masyarakat.
  40. Salah satu kegiatan untuk mengembangkan diri melalui kegiatan menggereja.
  41. Nama Dokumen Gereja Katolik yang membahas tentang pendidikan.
  42. Keterbatasan-keterbatasan  manusia serta  contohnya masing-masing (5) !
  43. Pandangan-pandangan  atau sikap orang terhadap hidup(4) !
  44. Ciri-ciri remaja laki-laki dan remaja perempuan secara psikologis (5)!
  45. Sikap-Sikap atau  tindakan kita   yang menunjukan pribadi kita sebagai citra Allah di rumah (5) !


Materi Agama Katolik

SANTO AMBROSIUS, USKUP DAN PUJANGGA GEREJA

Santo Ambrosius, Uskup dan Pujangga Gereja Tanggal Pesta: 7 Desember Ambrosius lahir pada tahun 334 di Trier, Jerman dari sebuah keluarga Kr...