13 Maret 2023

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH KELAS IX

  

 

Materi

Kelas/Semester

 

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal

Manusia sebagai citra Allah

VII/1

Peserta didik mampu menjelaskan ciri manusia sebagai citra Allah.

PG

1

 

Manusia sebagai citra Allah

VII/I

Disajikan kutipan teks Kitab Suci tentang manusia sebagai citra Allah, peserta didik mampu menjelaskan pengertian manusia sebagai citra Allah.

Uraian

41

Aku memiliki kemampuan

VII/1

Disajikan kutipan teks Mat 25:14-30 tentang talenta, peserta didik mampu menjelaskan tanggapan para tokoh seperti terungkap dalam teks tersebut

PG

2

Aku memiliki kemampuan

VII/1

Peserta didik mampu menentukan cara mengembangkan kemampuan

PG

3

bersyukur sebagai citra Allah

VII/1

Peserta didik mampu memberikan contoh perwujudan syukur sebagai citra Allah

PG

4

 

bersyukur sebagai citra Allah

VII/1

Disajikan teks Kitab Suci tentang anugerah Allah yang diterima, peserta didik mampu memberi contoh ungkapan syukur atas anugerah yang diberikan Allah sesuai teks.

Uraian

42

mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki

VII/1

Peserta didik mampu memberi contoh cara mengembangkan dirinya sebagai perempuan atau laki-laki

PG

5

mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki

VII/1

Disajikan kutipan Katekismus Gereja Katolik tentang mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki, peserta didik mampu memberi contoh tindakan dalam mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki berdasarkan kutipan tersebut

PG

6

mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki

VII/1

Peserta didik mampu memberikan contoh tindakan cara mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki di lingkungan sekitar

PG

7

Peran keluarga bagi perkembanganku

VII/1

Disajikan kutipan sumber Iman Gereja Katolik tentang peran keluarga, peserta didik mampu menemukan contoh kewajiban orangtua dalam mendidik anak-anak sesuai dengan kutipan tersebut

PG

8

Peran Gereja Bagi perkembanganku

VII/1

Disajikan bidang tugas pelayanan Gereja, peserta didik mampu menemukan contoh manfaat pelayanan Gereja bagi perkembanganku

PG

9

 

Peran masyarakat bagi perkembanganku

VII/1

Disajikan kutipan teks Dokumen Gereja dalam dunia (Gaudium et Spes art. 25), peserta didik mampu memberikan contoh pengaruh masyarakat bagi perkembangan diri.

PG

10

Bersahabat

VII/2

Disajikan kutipan teks Kitab Sir. 6:5-17, peserta didik mampu menginterpretasi makna persahabatan berdasarkan teks tersebut.

PG

11

Berpacaran

VII/2

Disajikan data tentang perilaku orang berpacaran, peserta didik mampu memilih perilaku yang sehat dalam berpacaran

PG

12

Perempuan dan laki-laki diciptakan sederajat

VII/2

Disajikan kutipan teks Kitab Suci tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki, peserta didik mampu menyimpulkan makna kesederajatan perempuan dan laki-laki berdasarkan teks tersebut.

PG

13

Pribadi Yesus Kristus

VIII/1

Peserta didik mampu menjelaskan ciri-ciri pribadi Yesus Kristus

PG

14

 

Yesus Kristus pemenuhan janji Allah

VIII/1

Disajikan teks Kitab Suci tentang Janji Allah kepada manusia, peserta didik mampu menjelaskan tentang Yesus Kristus yang merupakan pemenuhan janji Allah tersebut.

Uraian

43

Yesus mewartakan Kerajaan Allah

VIII/1

Peserta didik mampu menjelaskan tentang paham Kerajaan Allah

PG

15

VIII/1

Peserta didik mampu menjelaskan arti mujizat yang digunakan Yesus dalam mewartakan Kerajaan Allah.

PG

16

Sengsara dan wafat Yesus

VIII/2

Disajikan teks Kitab Suci tentang sengsara Yesus, peserta didik mampu menjelaskan sikap Yesus dalam menghadapi sengsara-Nya.

PG

17

Yesus mengutus Roh Kudus

VIII/2

Disajikan beberapa pernyataan tentang Roh Kudus, peserta didik mampu menjelaskan peranan Roh Kudus.

PG

18

Roh Kudus memberi daya kekuatan

VIII/2

Peserta didik mampu menjelaskan arti satu dari tujuh karunia Roh Kudus menurut St. Bonevantura.

PG

19

Yesus yang berbelas kasih

VIII/2

Disajikan gambar tentang orang yang melakukan tindakan berbelas kasih terhadap sesama, peserta didik mampu menunjukkan contoh tindakan berbelas kasih dalam hidup sehari-hari seperti terdapat dalam gambar.

PG

20

Yesus Sang Pengampun

VII/2

Disajikan kutipan teks Kitab Suci tentang pengampunan, peserta didik mampu menerapkan sikap pengampunan dalam hidup sehari-hari sesuai dengan kutipan teks tersebut.

PG

21

 

Yesus peduli terhadap penderitaan sesama

VII/2

Peserta didik mampu memberi contoh tindakan peduli terhadap penderitaan sesama di lingkungan sekitar.

Uraian

44

 

Tugas perutusan sebagai murid Yesus

VIII/2

Disajikan kutipan teks Luk. 10:1-12 tentang Yesus mengutus tujuh puluh murid, peserta didik mampu merumuskan perwujudan tugas perutusan sebagai murid Yesus dalam kehidupan sehari-hari.

PG

22

Gereja sebagai paguyuban

VIII/2

Peserta didik mampu menguraikan unsur-unsur anggota dalam persekutuan Gereja.

PG

23

Ciri Gereja sebagai paguyuban

VIII/2

Peserta didik mampu menjelaskan ciri Gereja dalam syahadat para rasul.

PG

24

Pelayanan Gereja sebagai paguyuban

VIII/2

Disajikan gambar tentang keterlibatan seseorang dalam tugas pelayanan Gereja, peserta didik mampu mengidentifikasi bidang tugas pelayanan tersebut.

PG

25

Pelayanan Gereja sebagai paguyuban

VIII/2

Peserta didik mampu menjelaskan tugas pelayanan Gereja.

 

Uraian

45

Tanda dan sarana keselamatan dalam hidup manusia

VIII/2

Disajikan kutipan teks Sumber Iman Gereja Katolik tentang tanda dan sarana keselamatan, peserta didik mampu memberi contoh tindakan yang mencerminkan keselamatan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan teks tersebut.

PG

26

Sakramen Baptis

VIII/2

Disajikan gambar tentang simbol yang ada dalam Sakramen Baptis, peserta didik mampu menganalisis makna simbol dalam gambar tersebut.

PG

27

 

Sakramen Ekaristi

VIII/2

Peserta didik mampu menginterpretasikan sikap tubuh dalam perayaan Ekaristi.

PG

28

Sakramen tobat

VIII/2

Disajikan cerita tentang pertobatan, peserta didik mampu menyimpulkan makna pertobatan berdasarkan cerita tersebut.

PG

29

Beragama sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah

IX/1

Peserta didik mampu menjelaskan alasan orang beragama.

PG

30

Beriman sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah

IX/1

Peserta didik mampu menjelaskan aspek hidup beriman.

PG

31

 

Hak dan kewajiban sebagai anggota Gereja

IX/1

Peserta didik mampu memberi contoh perwujudan kewajiban sebagai anggota Gereja.

PG

32

IX/1

Disajikan kutipan teks Kitab Suci.Peserta didik mampu menentukan perwujudan kewajiban sesuai teks Kitab Suci tersebut.

PG

33

Menghargai keadilan dan kejujuran

IX/1

Peserta didik mampu memberi contoh usaha yang dapat dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

PG

34

 

Kemajemukan agama dan kepercayaan berbeda tetapi satu tujuan

IX/1

Peserta didik mampu memberi contoh tindakan menghargai kemajemukan agama dan kepercayaan dalam kehidupan sehari-hari.

PG

35

 

Sikap Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain

IX/1

Disajikan kutipan dokumen Gereja, peserta didik mampu menentukan sikap Gereja Katolik terhadap agama dan kepercayaan lain sesuai kutipan tersebut.

PG

36

Bersahabat dengan alam

IX/1

Disajikan gambar tentang kerusakan lingkungan, peserta didik mampu memberi contoh dampak kerusakan lingkungan terhadap kehidupan manusia.

PG

37

Cita-cita demi membangun masa depan

IX/2

Disajikan data tentang faktor pendukung tercapainya cita-cita, peserta didik mampu menganalisa faktor pendukung keberhasilan pencapaian sesuai cita-cita yang diimpikan.

PG

38

 

Sakramen Perkawinan

IX/2

Peserta didik mampu menemukan dampak positif dari tujuan perkawinan Kristiani.

PG

39

Sakramen Imamat

IX/2

Peserta didik mampu merumuskan makna kaul yang diucapkan oleh biarawan-biarawati.

PG

40

 




21 Februari 2023

KISI-KISI PAT GENAP PAK KELAS XII

 

MATERI:

  • KD 3.3, KD 3.4, KD 3.5
  • Kitab Suci

1.       Semboyan bangsa Indonesia kita yang mempersatukan bangsa

2.       Penyebab munculnya semangat primordialisme, fanatisme suku dan agama di Indonesia

3.       Sarana dalam upacara bendera sebagai simbol pemersatu bangsa

4.       Makna  perbincangan Yesus dengan seorang perempuan Samaria di Sumur Yakob (Yohanes 4:5-43).

5.       Isi ucapan Yesus dalam Lukas 4 : 18 -19.

6.       Melengkapi sabda Yesus dalam Injil Matius 22:15-22.

7.       Menjelaskan sikap apa saja yang harus kita bangun dalam  masyarakat Indonesia yang majemuk.

8.       Perbedaan Gereja Katolik dan Protestan

9.       Pengertian toleransi

10.   Contoh dialog karya antara Gereja Katolik dan umat beragama lain yang dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari

11.   Kekhasan dalam agama islam

12.   Kekhasan dalam agama Hindu

13.   Kekhasan dalam agama Konghucu

14.   Menuliskan minimal 5 peristiwa kerusuhan antar pemeluk agama baik di Indonesia maupun di negara lain.

15.   Jelaskan sebab-sebab konflik atau kerusuhan antar pemeluk agama!

16.   Jelaskan bentuk-bentuk dialog berikut: a.Dialog kehidupan  b.Dialog karya  c.Dialog pengalaman iman

17.   Fungsi hukum dalam kehidupan beragama

18.   Ditujukan kepada siapa nasehat Rasul Paulus agar umat sebagai warga yang baik selalu taat dan siap melakukan suatu pekerjaan yang baik bagi Negara.

19.   Isi Gaudium et Spes Artikel 1

20.   Peristiwa dalam hidup Yesus sebagai dasar dari Gereja mengadakan perayaan Ekaristi.

21.   Tujuan perayaan Minggu Palma

22.   Hari apa saja pelaksanaan pantang dan puasa dalam gereja Katolik.

23.   3 keutamaan kristiani

24.   Prinsip-prinsip Kristiani dalam membangun masyarakat adalah Hormat terhadap martabat manusia, kebebasan, keadilan, solidaritas, jujur dan tulus iklas, demokrasi, tanggung jawab. Menjelaskan 3 prinsip dari prinsip-prinsip tersebut. 

Menulis Refleksi dari video APP 2024. Mohon disiapkan headset.




13 Februari 2023

MATERI KELAS IX: ALAM SEBAGAI BAGIAN DARI HIDUP MANUSIA

  • Alam merupakan bagian dari hidup. Oleh karena itu, manusia tidak dapat dipisahkan dengan alam. Kita sadari bersama bahwa Tuhan menciptakan bumi dan isinya (alam) ini dari hari pertama sampai hari kelima pada akhirnya diperuntukkan bagi kehidupan manusia. Sebab setelah bumi tertata dan tercipta dengan baik, pada hari keenam Allah menempatkan manusia di dalam bumi, alam ciptaan-Nya. Manusia dapat hidup karena Allah telah mempersiapkan alam dengan baik sebagai tempat hidup bagi manusia.

  • Manusia dan alam hidup secara berdampingan secara harmonis dan saling membutuhkan. Manusia membutuhkan alam dan alam juga membutuhkan manusia untuk pelestarian hidupnya. Seperti kita membutuhkan flora dan fauna untuk hidup. Berton-ton makanan telah kita santap yang semuanya mengambil bahan pokok dari tumbuhan dan hewan.

  • Bagi manusia, tumbuhan dan hewan dibutuhkan bukan hanya untuk bahan makanan, melainkan juga untuk hal-hal lainnya. Misalnya, tumbuhan membantu kita untuk bernapas, untuk membuat tempat tinggal, hasil karya seni, dan sebagainya. Sedangkan hewan yang kita pelihara dapat menjadi partner kerja mengolah tanah, bahkan dapat menjadi sumber protein hewani bagi kita. Perlakuan kita terhadap kelestarian lingkungan menentukan kesejahteraan hidup kita.

  • Namun demikian, pada kenyataannya saat ini banyak perilaku manusia yang justru dapat menimbulkan kerusakan alam lingkungan. Karena keegoisan dan keserakahan manusia, maka manusia berperilaku yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan alam dan bahkan kehancuran alam lingkungan.
  • Dosa keserakahan Adam dan Hawa merupakan gambaran awal munculnya bencana atas alam semesta ini.

  • Berbagai contoh tindakan manusia yang dapat merusak keutuhan alam ciptaan atau lingkungan hidup, antara lain:
    1) Penebangan hutan untuk industri perkayuan, penebangan pohon-pohon untuk perluasan lahan industri atau pemukiman secara tidak bertanggung jawab. Hal ini menyebabkan hutan menjadi gundul dan bukit menjadi tandus. Pada akhirnya menyebabkan bencana banjir, tanah longsor, dan kekeringan saat kemarau.
    2) Ketidakpedulian terhadap lingkungan yang ditunjukkan dengan tindakan membuang sampah di sembarang tempat, yang menyebabkan bau busuk dimana-mana serta menyebabkan saluran air (got) dan sungai menjadi tersumbat, yang pada akhirnya menyebabkan bencana banjir.
    3) Tindakan pencemaran lingkungan sungai dengan membuang limbah berbahaya ke dalam sungai. Hal ini dapat menyebabkan tercemarnya air sungai sehingga tidak dapat dimanfaatkan lagi, bahkan bisa membahayakan kesehatan kita.
    4) Pemakaian obat-obatan untuk membasmi hama tanaman, dan asap pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor yang sedikit demi sedikit dapat meracuni kita dan seluruh alam lingkungan kita.

  • Dalam Kitab Kejadian 1: 1- 31 dikisahkan bagaimana Allah menciptakan alam ini dengan begitu indah adanya. Dalam Kitab Kejadian 3:17-19 dikisahkan bahwa sejak meninggalkan Taman Firdaus dengan segala kebutuhan hidupnya yang serba ada, manusia Adam dan Hawa terpaksa harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.75 Kata-Kata Menikmati Alam Sebagai Renungan dan Rasa Syukur Atas Indahnya  Dunia - Kapanlagi.com

Materi Agama Katolik

SANTO AMBROSIUS, USKUP DAN PUJANGGA GEREJA

Santo Ambrosius, Uskup dan Pujangga Gereja Tanggal Pesta: 7 Desember Ambrosius lahir pada tahun 334 di Trier, Jerman dari sebuah keluarga Kr...