17 Mei 2021

KISI-KISI AGAMA KELAS XI SEMESTER GENAP

 

 

MATERI

 

KISI-SISI SOAL

A.    Kitab Suci

B.     Buku Siswa:

 

Tema:

 

1.   BAB IV:

Tugas-Tugas Gereja: Gereja yang menguduskan, mewartakan, menjadi Saksi Kristus, Persekutuan, melayani.

 

2.BAB V:

Gereja dan Dunia: Permasalahan yang dihadapi dunia, Hubungan Gereja dan Dunia, Ajaran Sosial Gereja

 

3.   BAB VI:

Hak Asasi Manusia:

HAM dalam terang Kitab Suci dan ajaran Gereja, Budaya Kekerasan versus Budaya Kasih, Aborsi, bunuh diri, Euthanasia, Hukuman mati, Bebas dari HIV/AIDS dan obat terlarang

 

  

  1. Siswa mampu menunjukkan pandangan tentang dunia pada masa lampau
  2. Siswa mampu menunjukkan hal yang menyebabkan manusia bermartabat luhur dan mulia.
  3. Siswa mampu menunjukkan hal-hal  yang dimiliki manusia sebagai ciptaan yang istimewa.
  4. Siswa mampu menunjukkan beberapa hal pokok seperti disarankan oleh Gaudium et Spes yang harus menjadi perhatian utama masa kini berhubungan dengan masyarakat manusia
  5. Siswa mampu menyebutkan nama yang dipilih oleh           Roncalli ketika terpilih menjadi Paus.
  6. Siswa mampu menunjukkan pernyataan yang termasuk Pandangan Gereja tentang dunia dan manusia sesudah Konsili Vatikan II
  7. Siswa mampu menunjukkan salah satu tugas Gereja  yang sangat penting dan utama di dunia
  8. Disajikan teks! Siswa mampu menjelaskan salah satu bidang krisis multi dimensi di negeri kita berdasarkan teks.
  9. Disajikan teks cerita! Siswa mampu menjelaskan bidang krisis berdasarkan kisah tersebut.
  10. Siswa mampu menjelaskan tahun berapa Ajaran sosial Gereja dalam dunia modern berawal.
  11. Siswa mampu menyebutkan nama Paus yang mengeluarkan Ensiklik Rerum Novarum
  12. Siswa mampu menyebutkan ensiklik yang dikeluarkan Paus Pius XI pada tahun 1931, pada peringatan ke-40 tahun Rerum Novarum
  13. Siswa mampu menyebutkan bulan dan tahun Konsili Vatikan II yang digagas oleh Paus Yohanes XXIII
  14. Siswa mampu menyebutkan yang tidak termasuk  ensiklik yang dikeluarkan sesudah Konsili Vatikan II
  15. Siswa mampu menyebutkan nama Paus yang mengeluarkan Laborem Exercens, Sollicitudo Rei Socialis, Centesimus Annus
  16. Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang tidak termasuk kendala-kendala dalam memperjuangkan masyarakat yang damai dan sejahtera
  17. Siswa mampu menyebutkan tanggal deklarasi Piagam PBB tentang hak asasi manusia (HAM)
  18. Siswa mampu menyebutkan jumlah pasal dalam Piagam PBB tentang hak asasi manusia (HAM)
  19. Siswa mampu menyebutkan pernyataan yang tidak termasuk bentuk-bentuk ketidakadilan terhadap perempuan
  20. Siswa mampu menyebutkan hal yang tidak termasuk sikap Yesus terhadap kaum lemah
  21. Siswa mampu menyebutkan hal yang tidak termasuk rupa-rupa dimensi kekerasan
  22. Siswa mampu menyebutkan yang tidak termasuk wajah-wajah kekerasan
  23. Siswa mampu menyebutkan kekerasan yang merupakan Sebuah sikap dan tindakan yang melihat dunia dengan sebuah tafsiran eksploitatif
  24. Siswa mampu menyebutkan bentuk kekerasan penghancuran nilai-nilai budaya minoritas demi hegemoni penguasa.
  25. Siswa mampu menyebutkan salah satu akar dari konflik dan kekerasan dalam masyarakat
  26. Siswa mampu menyebutkan teks Kitab Suci tentang kisah penangkapan  Yesus
  27. Siswa mampu menyebutkan rasul yang menjual Yesus kepada para pemuka agama Yahudi
  28. Siswa mampu menyebutkan salah satu usaha membangun budaya kasih sebelum terjadi konflik
  29. Siswa mampu menyebutkan sebuah istilah tindakan seorang dokter atas permintaan pasien untuk membebaskan pasien tersebut dari penderitaan yang terlalu berat yang mengakibatkan pasien penderita itu mati secara pelan-pelan dan tidak terasa
  30. Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh tindakan yang mengancam kehidupan orang lain.
  31. Siswa mampu menyebutkan contoh tindakan yang menekan kehidupan orang lain.
  32. Siswa mampu menyebutkan Perintah keberapa Jangan membunuh dalam Sepuluh Perintah Allah
  33. Siswa mampu menyebutkan selain larangan untuk membunuh, sikap apa yang harus dibangun sesuai dengan perintah Yesus dalam Kitab Suci Perjanjian Baru
  34. Siswa mampu menyebutkan tindakan yang bukan merupakan alasan seseorang untuk melakukan  pengguguran kandungan atau aborsi
  35. Siswa mampu menyebutkan pernyataan yang bukan merupakan resiko aborsi atau pengguguran kandungan
  36. Siswa mampu menunjukkan situasi yang paling sesuai dengan  semangat  ajaran Gaudium et Spes (GS 1).
  37. Siswa mampu menyebutkan pernyataan yang merupakan suatu tindakan yang cukup berat dalam  pelanggaran  HAM
  38. Siswa mampu menyebutkan salah satu contoh tindakan sebagai usaha Gereja untuk menegakkan HAM
  39. Siswa mampu menyebutkan sikap yang terinspirasi oleh teks Kitab Suci Yeremia 1:5
  40. Siswa mampu menyebutkan nama ensiklik pertama yang ditulis Paus Leo XII pada abad 19.
  41. Disajikan cerita. Siswa mampu menjelaskan gambaran sikap tokoh dalam cerita itu.
  42. Siswa mampu menyebutkan tindakan yang melanggar perintah ke-5 dalam Sepuluh Perintah Allah.
  43. Siswa mampu menyebutkan hal yang tidak termasuk faktor internal yang melatarbelakangi orang mengkonsumsi narkoba
  44. Siswa mampu menyebutkan penyebab  orang bunuh diri
  45. Disajikan kisah  ibu Mina. Siswa mampu menunjukkan kesimpulan  yang paling  tepat  tentang  kedudukan martabat laki laki dan perempuan berdasarkan kisah keluarga ibu Mina 
  46. Disajikan sebuah kisah. Siswa mampu menunjukkan upaya Gereja dalam menegakkan Hak Asasi manusia yang tercermin dalam sikap tokoh.
  47. Disajikan teks bacaan: Siswa mampu menunjukkan kesimpulan apa yang diperoleh  mengenai karunia yang diberikan Allah kepada manusia berdasarkan kisah tersebut.
  48. Disajikan sebuah cerita. Siswa mampu menunjukkan pengaruh media massa tentang gaya hidup remaja dari segi positifnya berdasarkan cerita di atas.
  49. Siswa mampu menunjukkan dokumen Gereja yang berisi pernyataan: ”Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga.....”
  50. Siswa mampu menyebutkan nama Paus yang menulis Ensiklik Centesimus Annus (Tahun ke seratus)
  51. Siswa mampu menunjukkan pernyataan yang bukan merupakan ajaran moral kristiani tentang bunuh diri dan euthanasia.
  52. Siswa mampu menjelaskan 4 (empat) hal pokok yang harus diperhatikan untuk memperjuangkan masyarakat yang damai dan sejahtera!
  53. Siswa mampu menjelaskan 4 alasan Gereja Katolik Indonesia belum terlalu memahami dan mengamalkan  ajaran sosial Gereja!
  54. Siswa mampu menjelaskan Euthanasia dilihat dari pelakunya!
  55. Siswa mampu menuliskan pengertian ajaran sosial Gereja!
  56. Siswa mampu menjelaskan alasan mengapa ajaran sosial Gereja belum terlalu dipahami dan diamalkan oleh umat Katolik di Indonesia!
  57. Siswa mampu menjelaskan 3 (tiga) kategori Euthanasia dilihat dari caranya pelaksanaannya!
  58. Siswa mampu menuliskan cara agar terhindar dari HIV, Narkoba dan seks bebas.
  59. Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk hukuman mati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Agama Katolik

SANTO AMBROSIUS, USKUP DAN PUJANGGA GEREJA

Santo Ambrosius, Uskup dan Pujangga Gereja Tanggal Pesta: 7 Desember Ambrosius lahir pada tahun 334 di Trier, Jerman dari sebuah keluarga Kr...