|
A.
Kitab Suci
B.
Buku Siswa:
Tema:
1.
BAB IV:
Tugas-Tugas Gereja:
Gereja yang menguduskan, mewartakan, menjadi Saksi Kristus, Persekutuan,
melayani.
2.BAB V:
Gereja dan
Dunia: Permasalahan yang dihadapi dunia, Hubungan
Gereja dan Dunia, Ajaran Sosial Gereja
3. BAB VI:
Hak Asasi
Manusia:
HAM dalam terang Kitab Suci dan ajaran Gereja, Budaya
Kekerasan versus Budaya Kasih, Aborsi, bunuh diri, Euthanasia, Hukuman mati,
Bebas dari HIV/AIDS dan obat terlarang
|
-
Siswa
mampu menunjukkan pandangan tentang dunia
pada masa lampau
- Siswa
mampu menunjukkan hal yang menyebabkan manusia bermartabat luhur dan
mulia.
- Siswa
mampu menunjukkan hal-hal yang
dimiliki manusia sebagai ciptaan yang istimewa.
- Siswa
mampu menunjukkan beberapa hal pokok seperti disarankan oleh Gaudium et
Spes yang harus menjadi perhatian utama
masa kini berhubungan dengan masyarakat manusia
- Siswa mampu menyebutkan nama yang
dipilih oleh Roncalli ketika
terpilih menjadi Paus.
- Siswa
mampu menunjukkan pernyataan yang termasuk Pandangan Gereja tentang
dunia dan manusia sesudah Konsili Vatikan II
- Siswa
mampu menunjukkan salah satu
tugas Gereja yang sangat penting
dan utama di dunia
- Disajikan teks! Siswa mampu menjelaskan salah satu bidang krisis multi dimensi di negeri kita berdasarkan teks.
- Disajikan
teks cerita! Siswa mampu menjelaskan bidang krisis berdasarkan kisah tersebut.
- Siswa mampu menjelaskan tahun berapa Ajaran sosial
Gereja dalam dunia modern berawal.
- Siswa mampu menyebutkan nama Paus yang
mengeluarkan Ensiklik Rerum Novarum
- Siswa mampu menyebutkan ensiklik yang dikeluarkan
Paus Pius XI pada tahun 1931, pada peringatan ke-40 tahun Rerum Novarum
- Siswa mampu menyebutkan bulan dan tahun Konsili
Vatikan II yang digagas oleh Paus Yohanes XXIII
- Siswa mampu menyebutkan yang tidak termasuk ensiklik yang dikeluarkan sesudah
Konsili Vatikan II
- Siswa mampu menyebutkan nama Paus yang
mengeluarkan Laborem Exercens,
Sollicitudo Rei Socialis, Centesimus Annus
- Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang tidak termasuk kendala-kendala dalam
memperjuangkan masyarakat yang damai dan sejahtera
- Siswa mampu menyebutkan tanggal deklarasi Piagam PBB tentang hak asasi manusia (HAM)
- Siswa mampu menyebutkan jumlah pasal dalam Piagam PBB tentang hak asasi manusia (HAM)
- Siswa mampu menyebutkan pernyataan yang tidak termasuk bentuk-bentuk ketidakadilan
terhadap perempuan
- Siswa mampu menyebutkan hal yang tidak termasuk sikap Yesus terhadap kaum
lemah
- Siswa mampu menyebutkan hal yang tidak termasuk rupa-rupa dimensi kekerasan
- Siswa mampu menyebutkan yang
tidak termasuk wajah-wajah kekerasan
- Siswa mampu
menyebutkan kekerasan yang merupakan Sebuah sikap
dan tindakan yang melihat dunia dengan sebuah tafsiran eksploitatif
- Siswa mampu menyebutkan bentuk kekerasan penghancuran
nilai-nilai budaya minoritas demi hegemoni penguasa.
- Siswa mampu menyebutkan salah satu
akar dari konflik dan kekerasan dalam masyarakat
- Siswa mampu menyebutkan teks Kitab Suci tentang
kisah penangkapan Yesus
- Siswa mampu menyebutkan rasul yang
menjual Yesus kepada para pemuka agama Yahudi
- Siswa mampu menyebutkan salah satu
usaha membangun budaya kasih sebelum terjadi konflik
- Siswa mampu menyebutkan sebuah istilah tindakan
seorang dokter atas permintaan pasien untuk membebaskan pasien tersebut
dari penderitaan yang terlalu berat yang mengakibatkan pasien penderita
itu mati secara pelan-pelan dan tidak terasa
- Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh tindakan yang
mengancam kehidupan orang lain.
- Siswa mampu menyebutkan contoh tindakan yang
menekan kehidupan orang lain.
- Siswa mampu menyebutkan Perintah keberapa Jangan
membunuh dalam Sepuluh Perintah Allah
- Siswa mampu menyebutkan selain larangan untuk
membunuh, sikap apa
yang harus dibangun sesuai dengan perintah Yesus dalam Kitab
Suci Perjanjian Baru
- Siswa mampu menyebutkan tindakan yang bukan merupakan alasan
seseorang untuk melakukan
pengguguran kandungan atau aborsi
- Siswa mampu menyebutkan pernyataan yang
bukan merupakan resiko aborsi atau pengguguran kandungan
- Siswa mampu menunjukkan situasi yang paling
sesuai dengan semangat ajaran Gaudium et Spes (GS 1).
- Siswa mampu menyebutkan pernyataan
yang merupakan suatu tindakan yang cukup
berat dalam pelanggaran HAM
- Siswa
mampu menyebutkan salah satu contoh tindakan sebagai usaha Gereja untuk menegakkan HAM
- Siswa
mampu menyebutkan sikap yang terinspirasi oleh teks Kitab Suci Yeremia 1:5
- Siswa
mampu menyebutkan nama ensiklik pertama
yang ditulis Paus Leo XII pada abad 19.
- Disajikan
cerita. Siswa mampu
menjelaskan gambaran sikap tokoh dalam cerita
itu.
- Siswa
mampu menyebutkan tindakan yang melanggar perintah
ke-5 dalam Sepuluh Perintah Allah.
- Siswa mampu menyebutkan hal yang tidak termasuk faktor
internal yang melatarbelakangi orang mengkonsumsi narkoba
- Siswa
mampu menyebutkan penyebab orang bunuh diri
- Disajikan kisah ibu Mina. Siswa mampu menunjukkan kesimpulan
yang paling tepat tentang
kedudukan martabat laki laki dan perempuan berdasarkan kisah keluarga
ibu Mina
- Disajikan sebuah kisah. Siswa mampu menunjukkan upaya
Gereja dalam menegakkan Hak Asasi manusia yang tercermin dalam sikap tokoh.
- Disajikan teks bacaan: Siswa mampu menunjukkan kesimpulan apa
yang diperoleh mengenai karunia yang
diberikan Allah kepada manusia berdasarkan kisah tersebut.
- Disajikan sebuah cerita. Siswa mampu menunjukkan pengaruh
media massa tentang gaya hidup remaja dari segi positifnya berdasarkan cerita
di atas.
- Siswa mampu menunjukkan dokumen Gereja yang berisi pernyataan: ”Kegembiraan
dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang terutama kaum
miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka
dan kecemasan para murid Kristus juga.....”
- Siswa mampu menyebutkan nama Paus yang menulis Ensiklik Centesimus
Annus (Tahun ke seratus)
- Siswa mampu menunjukkan pernyataan yang bukan merupakan ajaran
moral kristiani tentang bunuh diri dan euthanasia.
- Siswa mampu menjelaskan
4 (empat) hal pokok yang harus diperhatikan untuk memperjuangkan masyarakat
yang damai dan sejahtera!
- Siswa mampu menjelaskan 4 alasan Gereja Katolik Indonesia belum terlalu memahami dan mengamalkan ajaran sosial Gereja!
- Siswa mampu menjelaskan Euthanasia dilihat dari
pelakunya!
- Siswa mampu menuliskan pengertian ajaran sosial Gereja!
- Siswa mampu menjelaskan alasan mengapa ajaran sosial Gereja belum terlalu
dipahami dan diamalkan oleh umat Katolik di Indonesia!
- Siswa mampu menjelaskan 3 (tiga) kategori Euthanasia
dilihat
dari caranya pelaksanaannya!
- Siswa mampu menuliskan cara
agar terhindar dari HIV, Narkoba dan seks bebas.
- Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk hukuman mati!
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar