- Kitab Suci: ALKITAB
- Buku Pelajaran: Kelas X
(Catatan di Google Classroom)
Tema:
1.
Yesus mewartakan dan
memperjuangkan Kerajaan Allah 2.
Sengsara, Wafat dan
Kebangkitan Yesus
3.
Yesus : sahabat, tokoh idola,
Putra Allah dan juru selamat
4.
Allah Tritunggal dan Roh
Kudus
|
- Di Taman Getsemani,
Yesus secara khusus mempersiapkan penderitaan yang akan ditanggung-Nya. Ia
berseru: “Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah…dari pada-Ku, tetapi bukan
kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi” (Luk 22: 42). Siswa mampu mengisi kata yang
tepat untuk mengisi titik-titik.
- Dari taman Getsemani Yesus di
bawa ke rumah imam besar. Siswa dapat menyebutkan yang menjabat imam besar
pada waktu Yesus di adili (baca teks Kitab Suci kisah Sengsara Yesus)
- Siswa dapat menyebutkan simbol
identitas bangsa Yahudi.
- Siswa mampu menyebutkan
kepada siapa Yesus dihadapkan setelah setelah Yesus dibawad ke rumah imam
besar.
- Siswa mampu menyebutkan alasan
Yesus dijatuhi hukuman mati di hadapan Mahkamah Agama.
- Siswa
mampu menyebutkan salah satu tanda yang menyertai wafat Yesus di Salib.
- Kematian Yesus menurut Lukas
disertai dengan firasat alam yang sangat dahsyat.Siswa mampu menyebutkan tanda (Firasat alam) yang
pertama pada saat penyaliban Yesus.
- Siswa mampu menjelaskan arti
(lambing) kata kegelapan pada peristiwa wafatnya Yesus.
- Siswa mampu menunjukkan yang
bukan merupakan makna sengsara dan kematian Yesus.
- Siswa mampu menyebutkan arti
makam kosong pada peristiwa kebangkitan Yesus.
- Siswa mampu menyebutkan
kepada siapa Yesus pertama kali menampakan diri pada hari kebangkitan-Nya.
- Siswa mampu menyebutkan nama
murid yang tidak percaya akan kebangkitan-Nya, namuin akhirnya percaya.
- Siswa mampu menunjukkan
pernyataan yang tidak termasuk makna kebangkitan Yesus bagi iman kita.
- Siswa mampu menunjukkan kesaksian
Yesus yang paling final dan paling agung tentang Kerajaan Allah.
- Siswa mampu menyebutkan misi
pokok Yesus selama hidup-Nya.
- Siswa mampu menyebutkan
relasi yakni suatu relasi atau hubungan yang dibangun dengan pihak lain untuk
memperalat dan memanfaatkannya sebagai alat mencapai tujuan atau kepentingan
pribadi.
- Siswa mampu menyebutkan
sebuah relasi yaitu hubungan antar pribadi sebagai sesama manusia tanpa
dipengaruhi oleh status atau kedudukan dalam kelembagaan.
- Siswa mampu menyebutkan suatu
relasi yakni hubungan antara guru dan murid, pimpinan dan anak buah, majikan
dan buruh.
- Siswa mampu menyebutkan arti kata Kyrios (Yunani).
- Siswa mampu menunjukkan pernyataan yang tidak termasuk makna gelar
Yesus sebagai Anak Allah menurut Kitab Suci.
- Siswa mampu menyebutkan arti Parakletos
atau Advocatus yang merupakan sebutan untuk Roh Kudus.
- Siswa mampu menyebutkan lama
hari perayaan Paskah Yahudi.
- Siswa mampu menjelaskan
peristiwa apa dalam bangsa Israel yang dirayakan sebagai Perayaan paskah
Yahudi.
- Siswa mampu menunjukkan
pernyataan yang tidak termasuk
tuduhan-tuduhan yang dikenakan kepada Yesus oleh kaum Farisi dan ahli Taurat
- Siswa mampu menyebutkan salah
satu peristiwa hidup Yesus yang
merupakan dasar iman Kristiani.
- Siswa mampu menyebutkan
lamanya hari dimana Yesus menampakan diri Sebelum naik ke Surga
- Siswa mampu menyebutkan Ciri-ciri
kepribadian Yesus sebagai tokoh yang
dapat dijadikan panutan bagi kaum remaja.
- Siswa mampu menyebutkan Pesta/hari
raya setelah perayaan Pentakosta dalam Kalender Liturgi Gereja Katolik.
- Siswa mampu menyebutkan arti
tanda Salib.
- Siswa mampu menjelaskan pengertian iman
- Siswa mampu menyebutkan
pernyataan yang tidak termasuk alasan Yesus membuat mukjizat.
- Siswa mampu menjelaskan perbedaan antara solidaritas Kerajaan Allah dan Kerajaan dunia.
- Siswa mampu menjelaskan peringatan yang dirayakan dalam Paskah Yahudi.
- Siswa mampu menyebutkan
tempat sebagai pusat kegiatan agama Yahudi.
- Siswa mampu menyebutkan arti
dari Doxologi.
- Siswa mampu menyebutkan Kitab
yang termasuk dalam Kitab Taurat.
- Siswa mampu menyebutkan
istilah lain dari Allah Tritunggal Maha Kudus.
- Siswa mampu menyebutkan nama Sahabat
Yesus (murid) yang setia yang menemani Yesus hingga wafat di salib.
- Siswa mampu menyebutkan
istilah teologis dari Allah yang menjelmakan diri menjadi manusia.
- Siswa mampu menuliskan 7 (tujuh) Kurnia-kurnia Roh Kudus
- Siswa mampu menuliskan 4
(empat) karya Roh Kudus.
- Siswa mampu menuliskan 5 (lima) tanda atau lambang Roh Kudus.
- Siswa mampu menuliskan Gelar-gelar Yesus.
- Siswa mampu menjelaskan secara
singkat 3 (tiga) gelar Yesus.
- Siswa mampu menuliskan makna sengsara dan wafat Yesus
Kristus!
- Menulis Doa: Bagi Pemimpin bangsa kita.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar