21 April 2024

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH

 

 

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kelas/

Semester

Indikator Soal

1

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang manusia sebagai citra Allah

 

Manusia sebagai citra Allah

VII / Ganjil

Peserta didik mampu menjelaskan ciri manusia sebagai citra Allah.

2

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang   aku memiliki kemampuan

Aku memiliki kemampuan

VII/Ganjil

Disajikan kutipan teks Mat 25:14-30 tentang talenta, peserta didik mampu menjelaskan tanggapan para tokoh seperti terungkap dalam teks tersebut

3

Aku memiliki kemampuan

VII/Ganjil

Peserta didik mampu menentukan cara mengembangkan kemampuan

4

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•bersyukur sebagai citra Allah

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

•peran keluarga, sekolah Gereja dan masyarakat bagi perkembanganku

•berteman, bersahabat dan berpacaran bagi perkembangan diri

bersyukur sebagai citra Allah

VII/Ganjil

Peserta didik mampu memberikan contoh perwujudan syukur sebagai citra Allah

5

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

bersyukur sebagai citra Allah

mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki

VII/Ganjil

Peserta didik mampu memberi contoh cara mengembangkan dirinya sebagai perempuan atau laki-laki

6

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

           

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

           

Mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki

VII/Ganjil

Disajikan kutipan Katekismus Gereja Katolik tentang mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki, peserta didik mampu memberi contoh tindakan dalam mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki berdasarkan kutipan tersebut

7

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

•mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki

 

Mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki

VII/Ganjil

Peserta didik mampu memberikan contoh tindakan cara mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki di lingkungan sekitar

8

Peran keluarga bagi perkembanganku

 

Disajikan kutipan sumber Iman Gereja Katolik tentang peran keluarga, peserta didik mampu menemukan contoh kewajiban orangtua dalam mendidik anak-anak sesuai dengan kutipan tersebut

9

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

peran keluarga, sekolah Gereja dan masyarakat bagi perkembanganku

 

Peran Gereja Bagi perkembanganku

VII/Ganjil

Disajikan bidang tugas pelayanan Gereja, peserta didik mampu menemukan contoh manfaat pelayanan Gereja bagi perkembanganku

10

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

masyarakat bagi perkembanganku

 

Peran masyarakat bagi perkembanganku

VII/Ganjil

Disajikan kutipan teks Dokumen Gereja dalam dunia (Gaudium et Spes art. 25), peserta didik mampu memberikan contoh pengaruh masyarakat bagi perkembangan diri.

11

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

berteman, bersahabat dan berpacaran bagi perkembangan diri

Bersahabat

VII/Genap

Disajikan kutipan teks Kitab Sir. 6:5-17, peserta didik mampu menginterpretasi makna persahabatan berdasarkan teks tersebut.

12

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

berteman, bersahabat dan berpacaran bagi perkembangan diri

Berpacaran

VII/Genap

Disajikan data tentang perilaku orang berpacaran, peserta didik mampu memilih perilaku yang sehat dalam berpacaran

13

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki

 

Perempuan dan laki-laki diciptakan sederajat

VII/Genap

Disajikan kutipan teks Kitab Suci tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki, peserta didik mampu menyimpulkan makna kesederajatan perempuan dan laki-laki berdasarkan teks tersebut.

14

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang pribadi Yesus Kristus

 

Pribadi Yesus Kristus

VIII/Ganjil

Peserta didik mampu menjelaskan ciri-ciri pribadi Yesus Kristus

15

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan  tentang Yesus Kristus yang mewartakan Kerajaan Allah

 

Yesus mewartakan Kerajaan Allah

VIII/Ganjil

Peserta didik mampu menjelaskan tentang paham Kerajaan Allah

16

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan  tentang Yesus Kristus yang mewartakan Kerajaan Allah

 

Yesus mewartakan Kerajaan Allah

VIII/Ganjil

Peserta didik mampu menjelaskan arti mujizat yang digunakan Yesus dalam mewartakan Kerajaan Allah.

17

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang Sengsara dan wafat Yesus

 

 

Sengsara dan wafat Yesus

VIII/Ganjil

Disajikan teks Kitab Suci tentang sengsara Yesus, peserta didik mampu menjelaskan sikap Yesus dalam menghadapi sengsara-Nya.

18

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang

peran Roh Kudus bagi murid Yesus

 

Yesus mengutus Roh Kudus

VIII/Genap

Disajikan beberapa pernyataan tentang Roh Kudus, peserta didik mampu menjelaskan peranan Roh Kudus.

19

 

Peserta didik mampu menjelaskan arti satu dari tujuh karunia Roh Kudus menurut St. Bonevantura.

20

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

meneladan Yesus dalam kehidupan sehari-hari

Yesus yang berbelas kasih

VII/Genap

Disajikan gambar tentang orang yang melakukan tindakan berbelas kasih terhadap sesama, peserta didik mampu menunjukkan contoh tindakan berbelas kasih dalam hidup sehari-hari seperti terdapat dalam gambar.

21

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

meneladan Yesus dalam kehidupan sehari-hari

Yesus Sang Pengampun

VII/Genap

Disajikan kutipan teks Kitab Suci tentang pengampunan, peserta didik mampu menerapkan sikap pengampunan dalam hidup sehari-hari sesuai dengan kutipan teks tersebut.

22

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:

tugas dan perutusan sebagai murid Yesus

Tugas perutusan sebagai murid Yesus

VIII/Genap

Disajikan kutipan teks Luk. 10:1-12 tentang Yesus mengutus tujuh puluh murid, peserta didik mampu merumuskan perwujudan tugas perutusan sebagai murid Yesus dalam kehidupan sehari-hari.

23

Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan tentang Gereja sebagai paguyuban orang beriman

Gereja sebagai paguyuban

VIII/Genap

Peserta didik mampu menguraikan unsur-unsur anggota dalam persekutuan Gereja.

24

Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan tentang  ciri Gereja sebagai paguyuban

 

Ciri Gereja sebagai paguyuban

VIII/Genap

Peserta didik mampu menjelaskan ciri Gereja dalam syahadat para rasul.

25

Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan tentang Gereja sebagai paguyuban orang beriman

 

Pelayanan Gereja sebagai paguyuban

VIII/Genap

Disajikan gambar tentang keterlibatan seseorang dalam tugas pelayanan Gereja, peserta didik mampu mengidentifikasi bidang tugas pelayanan tersebut.

26

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

Gereja sebagai tanda dan sarana penyelamatan

Tanda dan sarana keselamatan dalam hidup manusia

IX/Ganjil

Disajikan kutipan teks Sumber Iman Gereja Katolik tentang tanda dan sarana keselamatan, peserta didik mampu memberi contoh tindakan yang mencerminkan keselamatan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan teks tersebut.

27

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji Sakramen Inisiasi

 

Sakramen Baptis

VIII / Genap

Disajikan gambar tentang simbol yang ada dalam Sakramen Baptis, peserta didik mampu menganalisis makna simbol dalam gambar tersebut.

28

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji Sakramen Ekaristi

 

Sakramen Ekaristi

VIII/Genap

Peserta didik mampu menginterpretasikan sikap tubuh dalam perayaan Ekaristi.

29

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji Sakramen tobat

Sakramen tobat

VIII/Genapl

Disajikan cerita tentang pertobatan, peserta didik mampu menyimpulkan makna pertobatan berdasarkan cerita tersebut.

30

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang:

orang beriman menanggapi karya keselamatan Allah

Beragama sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah

 

Peserta didik mampu menjelaskan alasan orang beragama.

31

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang:

orang beriman menanggapi karya keselamatan Allah

Beriman sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah

IX/Ganjil

Peserta didik mampu menjelaskan aspek hidup beriman.

32

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hidup di tengah masyarakat sebagai orang beriman

 

Hak dan kewajiban sebagai anggota Gereja

IX/Ganjil

Peserta didik mampu memberi contoh perwujudan kewajiban sebagai anggota Gereja.

33

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hidup di tengah masyarakat sebagai orang beriman

 

Hak dan kewajiban sebagai anggota Gereja

IX/Ganjil

Disajikan kutipan teks Kitab Suci.Peserta didik mampu menentukan perwujudan kewajiban sesuai teks Kitab Suci tersebut.

34

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang keadilan dan kejujuran

Keadilan dan Kejujuran

Kelas IX/ Semester Ganjil

Siswa mampu menunjukkan contoh usaha yang dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran di lingkungan sekolah.

35

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang sikap Gereja dalam membangun persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan  lain

 

Kemajemukan agama dan kepercayaan berbeda tetapi satu tujuan

IX / Genap

Peserta didik mampu memberi contoh tindakan menghargai kemajemukan agama dan kepercayaan dalam kehidupan sehari-hari.

36

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman  tentang sikap Gereja dalam  membangun persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan  lain

 

Sikap Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain

IX / Ganjil

Disajikan kutipan dokumen Gereja, peserta didik mampu menentukan sikap Gereja Katolik terhadap agama dan kepercayaan lain sesuai kutipan tersebut.

37

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman  tentang:

orang beriman menjaga keutuhan alam ciptaan Tuhan

Bersahabat dengan alam

IX/Genap

Disajikan gambar tentang kerusakan lingkungan, peserta didik mampu memberi contoh dampak kerusakan lingkungan terhadap kehidupan manusia.

38

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:

orang beriman membangun masa depan

Cita-cita demi membangun masa depan

IX/Genap

Disajikan data tentang faktor pendukung tercapainya cita-cita, peserta didik mampu menganalisa faktor pendukung keberhasilan pencapaian sesuai cita-cita yang diimpikan.

39

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:

orang beriman membangun masa depan

Sakramen Perkawinan

IX/Genap

Peserta didik mampu menemukan dampak positif dari tujuan perkawinan Kristiani.

40

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:

orang beriman membangun masa depan

Sakramen Imamat

IX/Genap

Peserta didik mampu merumuskan makna kaul yang diucapkan oleh biarawan-biarawati.

41

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang:

·         manusia sebagai citra Allah

·         aku memiliki kemampuan

 

Manusia sebagai citra Allah

VII/Ganjil

Disajikan kutipan teks Kitab Suci tentang manusia sebagai citra Allah, peserta didik mampu menjelaskan pengertian manusia sebagai citra Allah.

42

Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan tentang:manusia sebagai citra Allah

 

Manusia sebagai citra Allah

IX/Genap

Disajikan kutipan teks Mat 25:14-30 tentang talenta, peserta didik mampu menjelaskan tanggapan para tokoh seperti terungkap dalam teks tersebut

43

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman  tentang:

  • bersyukur sebagai citra Allah

 

bersyukur sebagai citra Allah

VII/Ganjil

Disajikan teks Kitab Suci tentang anugerah Allah yang diterima, peserta didik mampu memberi contoh ungkapan syukur atas anugerah yang diberikan Allah sesuai teks.

44

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

meneladan Yesus dalam kehidupan sehari-hari

Yesus peduli terhadap penderitaan sesama

VII/Genap

Peserta didik mampu memberi contoh tindakan peduli terhadap penderitaan sesama di lingkungan sekitar.

45

Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan tentang:

pelayanan Gereja sebagai paguyuban

Pelayanan Gereja sebagai paguyuban

VIII/Genap

Peserta didik mampu menjelaskan  5 tugas pelayanan Gereja.

 

 


17 Maret 2024

KISI-KISI PAT KELAS IX 2024

 

KISI-KISI PAT KELAS IX 2024

1.   Disajikan gambar sungai penuh sampah! Menunjukkan tindakan yang tepat dalam berperan menjaga lingkungan hidup berdasarkan gambar tersebut.

2.     Menunjukkan makna Firman Allah:"... berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi..."

3.   Bacalah Kitab Kejadian 1:26-31 berikut ini! Menunjukkan hal yang merupakan tugas dan tanggung jawab manusia terhadap ciptaan Allah berdasarkan Kitab Kejadian tersebut!

4.      Disajikan kutipan dokumen Gereja Laudato Si, No 36.

"Merawat ekosistem mengandaikan pandangan melampaui yang instan, karena orang yang mencari keuntungan cepat dan mudah, tidak akan tertarik pada pelestarian alam." Menunjukkan kesimpulan dari teks tersebut!

5.   Menunjukkan tindakan kita sebagai pelajar yang bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di lingkungan sekoah !

6.      Menunjukkan keteladanan Santo Fransiskus Asisi dalam menjalin persahabatan dengan alam.

7.      Menunjukkan penulis Ensiklik Laudato Si.

8.   Menunjukkan tugas dan tanggung jawab manusia terhadap ciptaan Allah berdasarkan kitab Kejadian1: 26-31.

9.    Menunjukkan nama seorang anak yang berusia 9 tahun yang telah mendirikan Enviromental Chlidren's Organization (ECO).

10.  Menunjukkan teks Kitab Suci  yang mengisahkan  penciptaan manusia, bumi dan segala isinya.

11.  Meunjukan bidang masalah yang diperjuangkan Enviromental Chlidren's Organization (ECO). sebuah organisasi yang mendedikasikan diri untuk belajar dan mengajarkan pada anak-anak lain. Enviromental Chlidren's Organization (ECO).

12. Baca kisah penciptaan, Kejadian 1 "Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis mahluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap ..., dan hendaklah burung-burung bertambah banyak". Jadilah petang dan pagi. Menunjukkan hari keberapa dalam kisah penciptaan berdasarkan teks tersebut.

13. Disajikan gambar hutan yang gundul! Menunjukkan tindakan yang tepat dalam berperan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

14.  Menunjukkan ciri istimewa  atau karunia  khusus manusia sebagai citra Allah

15.   Dokumen Gereja Katolik yang membahas pandangan Gereja terhadap agama-agama lain.

16.  Menunjukkan sikap yang perlu dimiliki oleh warga negara Indonesia dalam keanekaragaman agama dan aliran kepercayaan  yang ada.

17.  Disajikan gambar rumah ibadat agama tertentu. Menunjukkan tempat ibadat agama apa sesuai berdasarkan gambar tersebut!

18.  Menunjukkan contoh  toleransi antarumat beragama.

19. Disajikan gambar-gambar rumah ibadat. Menunjukkan kesimpulan dari gambar2 tersebut berkaitan dengan keberagaman. 

20.  Menunjukkan  hal yang dilakukan dalam toleransi umat beragama .

21. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang penduduknya taat menjalankan perintah agama. Menunjukkan kesimpulan dari pernyataan tersebut.

22.  Apabila kamu mendengar azan menandakan waktu solat bagi masyarakat   Islam, apa yang kamu perlu buat? Menunjukkan sikap kita yang baik saat umat muslim menjalankan ibadat solat.

23.  Menunjukkan faktor-faktor yang bisa menimbulkan konflik dalam masyarakat

24.  Baca teks Kita Suci 1Yohane  4: 19. Menunjukkan kata yang tepat untuk mengisi bagian yang hilang (....) dari ayat tersebut.

25.  Baca teks 1Yohanes  4: 20. Menunjukkan kata yang tepat untuk mengisi bagian yang hilang (....) dari ayat tersebut.

26.  Baca dokumen Nostra Aetate artikel  2 secara lengkap. Menunjukkan kata yang tepat untuk mengisi bagian yang hilang (....) dari isi artikel  tersebut.

27.  “Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liat untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa?” Menunjukkan makna teks Kitab Suci di atas berkaitan dengan  pencapaian cita-cita.

28. 1 Korintus 9 : 26“Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju  yang sembarangan memukul”. Menunjukkan makna dair ters tersebut berkaitan dengan perjuangan mencapai cita-cita.

29.  Filipi 3 : 14

“Tetapi ini yang  ku lakukan: Aku melupakan apa yang telah dibelakangku dan menyerahkan diri kepada yang dihadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah yaitu panggilan surgawi dari Allah dalam Kristus Yesus”. Menunjukkan sikap anak yang mengamalkan teks tersebut.

30.  Menunjukkan dasar dari perkaminan laki-laki dan perempuan.

31.  Menunjukkan alasan Gereja Katolik memandang dan memahami bahwa hidup berkeluarga itu sungguh suci dan bernilai luhur.

32.  Baca Efesus  5: 22-33. Menunjukkan alasan perkawinan dalam Gereja Katolik disebut sebagai sakramen .

33.  Menunjukkan alasan mengapa Gereja Katolik memandang dan  memahami bahwa hidup berkeluarga itu sungguh suci dan bernilai luhur.

34.  Baca Efesus 5 :22-33) Menunjukkan  perkawinan melambangkan apa sehingga perkawinan itu sebagai sakramen.

35.  Baca Kejadian 2: 24. “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu dading” . Menunjukkan kata yang tepat untuk mengisi kata yang dihilangkan dalam ayat tersebut.

36.  Menunjukkan  ciri hakiki perkawinan .

37.  BacaInjil  Markus 10: 9. Menunjukan kata yang tepat untuk melengkapi ayat tersebut.

38.  Menunjukkan tiga tugas seorang imam  sebagai perwujutan tiga tugas Yesus Kristus.

39.  Menunjukkan tiga bentuk panggilan hidup dalam Gereja Katolik.

40.  Menunjukkan arti  hidup selibat dalam  panggilan imamat (pastor).

41.  Menunjukkan tugas sebagai apa ketika seorang pastor memimpin perayaan Ekaristi.

42.  Menuliskan sifat atau ciri perkawinan katolik.

43.  Tuliskan dan menjelaskan pandangan-pandangan masyarakat tentang perkawinan!

44.  Menuliskan tiga  tujuan perkawinan  katolik!

45.  Menuliskan syarat- syarat menjadi imam/pastor!

46.  Menuliskan refleksi tentang APP 2024 berdasarkan materi video (wajib bawa headset/earpods)




Materi Agama Katolik

SANTO AMBROSIUS, USKUP DAN PUJANGGA GEREJA

Santo Ambrosius, Uskup dan Pujangga Gereja Tanggal Pesta: 7 Desember Ambrosius lahir pada tahun 334 di Trier, Jerman dari sebuah keluarga Kr...